5 Tips Sehat Saat Liburan

Masuk bulan Juli, saatnya siap-siap buat liburan, dan biar liburan kamu makin menyenangkan kamu harus tahu tips sehat saat liburan. Yang namanya liburan udah pasti bakalan seru banget karena bisa menyegarkan pikiran. Dengan traveling paling tidak otak dan tubuh bisa istirahat sejenak dari padatnya aktivitas kamu dan me-refresh kembali kepenatan dari kerjaan sehari-hari

Semua hal pasti sudah dipersiapkan, mulai dari menentukan destinasi liburan, memesan tiket, memesan hotel hingga membuat itinerary selama kamu berlibur. Sayangnya ada satu hal penting yang seringkali terlupakan. Saking asyiknya kamu menikmati liburan, kesehatan tubuh kerap kali diabaikan.

Mulai dari jam tidur yang berantakan, pola makan yang tidak karuan hingga melewatkan jadwal olahraga yang selama ini rutin kamu lakukan. Nah melalui artikel ini, saya akan membagikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kondisi badan dan kebugaran tubuh kamu saat berlibur. Simak yuk!

Sempatkan olahraga

Saat kamu berlibur, usahakan untuk tetap melakukan liburan sehat ya. Caranya bagaimana? Selalu sempatkan waktu untuk berolahraga. Cari tahu apakah di hotel yang kamu menginap menyediakan fasilitas kebugaran (gym) atau tidak? Atau kamu juga bisa memilih berenang di kolam renang hotel.

Kalau memang hotel tempat kamu menginap tidak menyediakan fasilitas kebugaran dan kolam renang, kamu bisa mengakalinya dengan menyewa sepeda atau jogging di sekitar hotel untuk tetap membakar lemak.

Beberapa perlengkapan berikut ini sebaiknya jangan lupa kamu bawa ya!

  1. Headset 
  2. Running shoes 
  3. Baju renang
  4. Jaket lari
  5. Tas lari

Jalan kaki atau memilih transportasi umum saat berlibur

Cara yang kedua adalah dengan memilih berjalan kaki atau menggunakan transportasi umum pada saat mengunjungi tiap destinasi. Cara yang paling mudah kamu lakukan dari awal adalah memilih hotel yang dekat dengan destinasimu sehingga kamu bisa mengeksplorasi dan berpindah destinasi dengan berjalan kaki.

Kalau memang terpaksanya jauh, cobalah untuk menggunakan fasilitas umum sehingga mau tidak mau kamu harus berjalan kaki. Ya berjalan kaki adalah satu olahraga ringan yang paling mudah kamu lakukan pada saat traveling. Selain bisa memotong budget, efek baik jalan kaki adalah membantu menjaga tubuh kamu agar tetap bugar.

Menjaga pola makan

Liburan bukan berarti kamu bisa makan seenaknya dan asal makan saja. Perhatikan pola makan kamu dan tidak mengabaikan jam makan. Agar pola makan kamu tidak berantakan sebaiknya kamu selalu ikuti aturan makan berikut ini:

  1. Jangan pernah lewatkan sarapan karena sarapan adalah salah satu cara paling penting untuk memberi energi pada tubuh sebelum beraktivitas seharian
  2. Buat jadwal makan agar kamu tidak melewatkan waktu makan kamu
  3. Memasak sendiri kalau kamu traveling dengan menyewa villa atau apartemen yang menyediakan dapur
  4. Selalu bawa botol air minum agar tubuh selalu hydrated
  5. Perbanyak konsumsi sayuran meskipun kamu mengonsumsi makanan-makanan khas di destinasi yang kamu kunjungi

Pilih aktivitas yang membakar lemak

Selama mengunjungi tempat wisata, tak jarang kamu punya kesempatan untuk membakar lemak lho. Misalnya sambil menikmati keindahan wisata alam kamu juga bisa berolahraga dengan cara berjalan mengelilingi area tempat wisata. Atau bisa juga pada saat kamu memilih bar hopping di malam hari, jangan sungkan untuk berdansa saat menikmati musik.

Tidur yang cukup

Kalau kamu berencana untuk berlibur selama lebih dari 3 hari, jangan lupa untuk mengatur waktu istirahat kamu. Setelah seharian mengeksplorasi tempat wisata, jangan lupa untuk menjaga kebugaran tubuh dengan cukup tidur. Fungsinya buat apa? Agar kamu bisa kembali bugar dan bersemangat saat esok harinya kamu mengunjungi tempat-tempat wisata selanjutnya.

Nah gimana? Udah siap buat berlibur sehat?

 

Leave a Reply