5 Gerakan Plank dan Minuman untuk Diet Alami untuk Tubuh Ideal

Kamu bisa dapatkan bentuk tubuh ideal dengan mengombinasikan antara plank dan mengonsumsi minuman untuk diet alami. Buat kamu yang ingin menurunkan berat badan pasti penasaran dong gimana caranya plank yang baik dan benar? Atau kamu pengen tahu apa saja minuman-minuman yang baik untuk diet? Simak yuk!

Plank sendiri adalah solusi untuk kamu yang punya perut buncit, sakit punggung, otot lemah dan tubuh kurang lentur. Buat kamu yang belum tahu, plank adalah latihan statis yang mengharuskan kamu untuk tetap dalam posisi tertentu dalam durasi waktu tertentu. Latihan ini pas banget buat jadi daily workout kamu yang sangat berperan untuk membakar kalori, membentuk otot, mengurangi backpain dan memperbaiki postur tubuh.

Nah kalau kamu adalah tipe orang yang malas untuk fitnes di gym, olahraga ini cocok banget buat bakar lemak di rumah. Karena kamu bisa melakukannya kapan aja dan di mana saja.

Cari tahu yuk apa saja jenis-jenis plank yang bisa kamu lakukan di rumah dan manfaatnya buat tubuh kamu sebelum kita bahas minuman diet apa saja yang bisa kamu konsumsi bersamaan dengan olahraga plank berikut ini.

High plank atau full plank

High plank atau full plank merupakan posisi plank yang paling tradisional. Cara melakukannya sangatlah mudah, letakkan posisi telapak tanganmu rata dengan lantai dan tepat di bawah bahu. Dengan bertumpu pada tangan dan kaki, angkat lutut dan tarik perutmu hingga membentuk posisi di atas.

Saat kamu melakukan plank, coba bayangkan kalau ada garis lurus dari kepala kamu hingga ujung kaki yang harus dipertahankan. Sehinggak kepala kamu tidak mendongak, punggung tidak melengkung dan perut tidak turun.

Untuk kamu yang masih pemula, awali gerakan ini selama 10-15 detik dulu perset-nya. Setelah terbiasa, kamu bisa menambah durasi tiap set nya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Knee Plank

Pilihan jenis plank yang kedua adalah modifikasi dari high plank yang biasa disebut knee plank. Sesuai dengan namanya, latihan ini mengharuskan kamu untuk bertumpu pada otot tangan dan lutut dengan tetap mempertahankan badan tetap lurus.

Sama seperti high plank, sebagai pemula kamu bisa coba melakukan gerakan ini per set-nya mulai dari 10-15 detik. Tambah durasi secara bertahap ya.

Elbow plank

Jika kamu sudah menguasai teknik mempertahankan badan yang datar dan tidak melengkung ke atas atau turun ke bawah kamu bisa lanjut untuk mencoba gerakan plank selanjutnya, yaitu elbow plank.

Elbow plank sendiri berfokus untuk membantu kamu mendapatkan perut datar. Gerakannya adalah dengan melakukan gerakan plank dan bertumpu pada lengan bawah dan lutut. Kemudian letakkan kedua telapak tanganmu rata dengan lantai. Pertahankan gerakan ini selama 10-15 detik untuk pemula.

Elbow plank with raised leg

Setelah kamu bisa melakukan elbow plank dengan benar dan mempertahankan durasinya, kamu bisa meng-upgrade gerakannya menjadi elbow plank dengan kaki terangkat. Tujuannya tentu saja melatih keseimbangan tubuh karena selain harus mempertahankan badan yang datar dan lurus kamu juga harus mempertahankan badanmu agar tetap stabil dengan bertumpu pada satu kaki secara bergantian.

Lakukan gerakan ini dalam durasi seperti gerakan lain mulai dari 10-15 detik sebagai pemula. Dijamin setelah melakukan gerakan tersebut kamu akan mandi keringat dan membakar lemak jahat di perut dan paha.

Elbow side plank

Yep, ini adalah modifikasi dari elbow plank. Selain elbow plank with raised leg, kamu bisa coba elbow side plank. Cara melakukannya adalah dengan mengawali posisi elbow plank, kemudian angkat tubuhmu ke satu sisi sehingga kamu bisa bertumpu pada salah satu lengan bawah dan kaki.

Lakukan gerakan ini secara bergantian dengan sisi satunya lagi. Yang paling susah dalam melakukan gerakan ini adalah mempertahankan keseimbangan tubuh kamu. Kalau saat mencoba kamu mengalami kesulitan, cobalah untuk memodifikasi dengan mengubah gerakan awal menjadi high plank. Caranya, letakkan tanganmu yang bebas di pinggang dan kedua kakimu di lantai.

Untuk durasi, sama dengan yang lain awalilah dari 10-15 detik per set-nya . Sambil kamu membiasakan diri untuk melakukan gerakan plank ini dengan benar, kamu bisa menambah sedikit demi sedikit durasinya.

Berani coba?

Kalau sudah tahu jenis-jenis gerakan plank, kini kamu juga harus tahu apa saja minuman untuk diet alami yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari.

Jus Hijau

Jus adalah salah satu pilihan pertama untuk diet. Kali ini saya sarankan untuk mengonsumsi jus hijau untuk diet alami. Jus hijau di sini maksudnya adalah jus yang terbuat dari sayur dan buah-buahan yang berwarna hijau seperti mentimun, seledri, kubis, pare dan brokoli.

Agar tidak bosan, kamu bisa mengombinasikan dengan madu atau susu rendah lemak. Ada yang sudah coba?

Lada hitam dan jus lemon

Racikan minuman yang satu ini memang terdengar tidak biasa, namun ternyata campuran lada hitam dengan jus lemon mampu melancarkan program dietmu. Caranya, campurkan lada hitam dan perasan separuh lemon, lalu tuang ke dalam segelas air dan minumlah setelah makan.

Madu dan jeruk nipis

Campuran madu dan jeruk nipis tentu sudah tidak asing lagi buat dietmu. Campuran minuman ini dipercaya mampu melancarkan proses metabolisme tubuh. Untuk mengonsumsinya kamu bisa menambahkan air perasan jeruk nipis dengan satu sendok madu ke dalam segelas air.

Jahe dan teh hijau

Seperti yang sudah kamu tahu, jahe terkenal dengan khasiatnya dalam melancarkan sistem pencernaan. Sedangkan teh hijau ampuh mengecilkan perut karena mengandung cathechin, kafein dan theanin. Nah jika keduanya dicampurkan dalam segelas minuman kebayang dong khasiatnya?

Yes , campurkan satu sendok teh hijau dan bubuk jahe dalam segelas air hangat. Aduk dan diamkan selama 3 sampai 4 menit sebelum meminumnya.

Kayu manis dan madu

Campuran kayu manis dengan madu dapat menurunkan berat badan secara efektif. Cara minumnya mudah banget, campurkan satu sendok madu dengans etengah sendok kayu manis dalam segelas air panas.

Nah itu tadi penjelasan mengenai jenis-jenis plank dan minuman untuk diet alami. Silakan dicoba dan buktikan sendiri khasiatnya dalam membentuk badan impian kamu ya. Good luck!