5 Cara Paling Cepat Untuk Menambah Massa Otot

5 Cara Paling Cepat Untuk Menambah Massa Otot

Seperti yang kita tahu saat memulai berolahraga tentu focus kita adalah angkat beban dan bukan cardio.

Kenapa ?

Karena kita ingin menambah massa otot di tubuh kita.

Semua orang setiap mendengar otot pasti bayangannya kekar atau seram.

Tapi, jangan salah banyak sekali manfaat dari penambahan massa otot di tubuh kita.

  • Massa otot dapat membuat metabolisme kita bertambah sehingga berat badan menjadi stabil dan mempercepat pembuangan lemak bagi yang sedang diet
  • Massa otot membuat tubuh kita menjadi lebih bagus karena definisi definisi nya
  • Membuat wanita menjadi lebih “Toned”
  • Mengencangkan bagian tubuh
  • Membuat kita menjadi lebih awet muda akibat kencangnya kulit
  • Membantu sistem gerak tubuh
  • Mengurangi kerusakan tulang dan sendi, kenapa ? misalnya ketika kita berjalan biasa kita cuma menggunakan tulang dan sendi. Tapi, ketika massa otot kaki kita bertambah, beban sendi dan tulang pun mulai berkurang karena bertambahnya massa otot dikaki akan membantu tubuh kita bergerak juga.

menambah-massa-otot

Nah berikut adalah cara paling cepat untuk menambah massa otot di tubuh kita :

  1.  Olahraga Angkat beban : angkat beban disini bisa dengan berat tubuh kita sendiri push up misalnya atau dengan alat fitness di gym. Hasilnya tentu lebih cepat di gym karena yang bisa di lakukan oleh tubuh kita kan terbatas. Bila tidak ada latihan / “tantangan”, massa otot kita tidak akan bertumbuh. Kenapa ? karena tubuh kita akan berpikir “untuk apa aku membuat massa otot tapi tidak dipakai ?”. Kombinasikan cardio + angkat beban setiap minggu nya untuk hasil maximal
  2. Pastikan kamu cukup protein dan kalori : Protein adalah kunci dari perkembangan protein, karena itu pastikan kebutuhan protein kamu perhari adalah 1.5 x Berat badan. Misalnya Pria dengan berat 60 KG membutuhkan setidaknya 90 gram protein. Setelah itu pastikan kalori kamu tidak terlalu rendah. Pola makan yang terlalu rendah protein dapat mengakibatkan muscle loss ! Tubuh kita akan menggunakan otot akibat kekurangan energi dan itulah arti muscle loss!
  3. Cukup Tidur 7 – 8 jam sehari : Otot berkembang paling banyak saat kita beristirahat jadi pastikan kamu cukup tidur. Mau tidur jam 2 pagi tidak masalah yang penting bangunnya jam 10 pagi.
  4. Memiliki pola angkat beban  2 – 3 / minggu. Otot berkembang saat terus memiliki tantangan dan dilatih. Bila kamu tidak ada latihan maka badan kamu akan mengurangi massa otot di tubuh kita karena di pikir tidak terpakai !
  5. Bertambah kuat ! ini adalah kunci paling penting ! ketika kita bertambah kuat = massa otot bertambah. Misalnya dulu kamu tidak bisa push up , dan sekarang kamu mulai rajin push up sehari 50x dan tentu ada hasil. Kamu jadi lebih bidang misalnya? Tapi sampai bulan bulan kedepan tidak di tingkatan. Ya sudah perkembangan otot kamu begitu begitu saja tidak bertambah besar. Bila kamu tingkatkan jadi 100 x perhari tentu dia bisa berkembang lagi karena ada tantangan lebih tentu badan kamu harus beradaptasi bukan.

Simple kan ? bukan suplemen A, B atau C buat naikin otot dsb !

Untuk membesaran otot itu simple  :

  1. Pastikan kamu memberikan tantangan dan bertambah kuat setiap minggunya
  2. Seminggu latihan setidaknya 2x untuk mempertahankan massa otot yang ada saat ini dan mengembangkannya juga
  3. Cukup nutrisi dan protein agar otot dapat di perbaiki dengan sempurna
  4. Cukup tidur 7 – 8 jam

” Train, Eat, Sleep, Repeat “

Baik kamu cewe ataupun cowo kamu harus main beban dan pasti kamu akan shock dengan seberapa cepat badan kamu bisa bertransformasi.

more-muscle-01

Pola olahraga yang benar harus ada angkat beban setiap minggu nya karena itulah yang membuat berat badan kamu stabil !

  1. Semakin ringan berat tubuh kita, maka kita membutuhkan kalori semakin sedikit sehingga harus mengurangi porsi makanan kita.
  2. Semakin ringan berat tubuh kita, metabolisme kita akan menurun.
  3. Karena itu bagi kamu yang pernah diet pasti tidak lama beratnya naik lagi . Kenapa ? karena porsi makan kamu kembali normal ?! padahal berat sudah ringan maka porsi kamu harus berkurang. Selain itu metabolisme kan sudah menurun ?
  4. Nah massa otot yang bertambah akibat main beban akan menstabilkan ini semua, Massa otot akan meningkat kebutuhkan kalori kamu, karena kamu ada otot makan badan kamu perlu nutrisi lebih tinggi . Selain itu metabolisme kamu pun jadi tinggi ! Buat lah workoutplan yang benar atau pakai yang profesional bila tidak paham. kalau asal – asalan ya sama aja walaupun kamu tahu teori nya saat ini.

Regards

Alvin Hartanto

Your Nutritionist & Trainer

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s