Fakta Tentang Cara Diet Yang Benar Dan Alami (How To Eat Clean)

Banyak banget di dunia ini soal diet – dietan, saking banyaknya  kita pun bingung sebenarnya pola makan seperti apa sih yang benar ?

Dan banyak banget yang di manfaatkan dari kebingungan dan kebodohan kita ini, kita pun jadi suka ikut ikutan diet asal gak jelas, diet mayo dari tempat catering tidak berkredibilitas, beli suplemen tidak jelas, join tempat olahraga dll.

Well,

Stop wasting your money and time !

Sebagai seorang profesional nutrisionis aku akan kasih tau kamu cara diet termudah , Tercepat dan tidak perlu sengsara.

  • Kamu tidak perlu makan makanan tawar atau tanpa garam
  • Kamu tidak perlu kelaparan
  • Kamu tidak perlu menghitung kalori
  • Kamu bebas makan jam berapapun yang kamu mau
  • Kamu pasti bisa menjalani ini untuk jangka panjang
  • Kamu akan menjadi lebih sehat dan fit dalam waktu cepat

Langsung saja kita mulai !

HINDARILAH SEMUA MAKANAN INI SAAT DIET

  • Semua karbohidrat berwarna putih dari nasi, pasta, roti , bakmi,
  • Semua makanan yang berasal dari tepung : Biskuit biskuit dari pabrik ataupun snack local kita ( seperti jajananan pasar, kerupuk, emping dll) .  Yang tepung itu banyak ya seperti bakmi ! martabak ?! dan banyak lagi. Tepung itu jahat hindari itu semua
  • Semua gula! Mulai dari gula jawa, gula pasir , gula yang ada di dalam kemasan atau kue kue. Seperti coca cola, dessert, ice cream , cake dan lain lain . HINDARI SEMUA SUGAR DALAM BENTUK APAPUN. Kalau ke supermarket check tabel nutrisi nya beli lebih dari 5 Gram gula jangan di beli
  • Hindari semua makanan yang di goreng !
  • Pilih makanan apapun di restaurant selain di goreng , ada banyak loh boleh di tumis, grilled, rebus, steam, teppanyaki. DLL

 

FOCUSLAH PADA MAKANAN INI

  1. Protein usahakan focus pada makanan yang mengandung protein terutama daging – dagingan. Apa sih makanan yang paling mahal di restaurant dan supermarket ? Daging kan ! Nah focus di situ ! Harga tidak boong ! Daging emang sumber protein tertinggi . Usahakan selalu makan daging di jam makan yang penting seperti lunch dan dinner . Selain mengandung tinggi protein , daging juga mengandung banyak micro nutrisi yang essential untuk tubuh. Daging disini tidak harus sapi tapi bisa yang lain domba, ikan , ayam hingga babi . Intinya daging ya
  2. Sayur & Buah Karena kita mengeliminasi semua karbohidrat yang jahat ! Gantikanlah karbohidrat siang dan malam kamu dengan buah dan sayur. Jadi makan buah kamu bisa antara Sayur – sayuran + daging atau buah + daging.
  3. Semua lemak baik seperti olive oil, avocado, almond, selai kacang , kacang kedelai, tahu , tempe dan sumber lemak baik lainnya. Goreng tempe pake olive oil  ? Tentu boleh donk ! Goreng tempe pake minyak goreng biasa BIG NO TAPI !
  4. Dairy product seperti susu, telur dan yogurt. Kamu bisa mengkonsumsi ini untuk snack dan sarapan kamu .
  5. Karbohidrat complex seperti nasi coklat, oat meal, roti gandum dan lain lain. Kamu bisa mengkonsumsi ini untuk menggantikan buah/sayur. Tapi tidak perlu di tumpuk sudah makan oat meal terus di pakein pisang. Kebanyakan tar karbo nya.

KONSEP POLA MAKAN

Makan pagi : Usahakan mengandung karbohidrat + protein dari dairy product .

Kenapa dari dairy product ? kalau pagi – pagi baru bangun kan cari protein dari daging ribet masaknya. Kalau dari dairy product gampang telur di masak 3 menit mateng, susu tinggal minum. Karbohidratnya juga bisa dari buah / sayur / karbo complex

Snack :

Sama seperti makan pagi

Lunch  : DAGING + BUAH / SAYUR / KARBOHIDRAT COMPLEX

Ingat selalu ada daging atau mengandung protein ! Kombo terbaik adalah daging apa saja boleh ikan , ayam , sapi , babi, domba, udang atau apapun . Di masak dengan cara apapun selain di goreng dengan minyak biasa. Ditambah dengan sayur. Kamu boleh makan daging dan sayur sepuas kamu atau paling minim 100 gram daging.

Daging  + Sayur jauh lebih cepeat di banding Daging + buah / Carbo complex !

Snack : 

Sama seperti makan pagi

Dinner :

Sama seperti lunch

Snack  ( optional) :

Sama seperti makan pagi

INFORMASI YANG HARUS KAMU TAHU

  • Ini bukan lah diet extreme ini diet untuk membuat lifestyle. Bila kamu lapar ? makan apa saja boleh. Kamu bisa memilih dari 5 list makanan yang harus di focuskan di atas. Makan jam berapapun tidak masalah
  • Ini bukanlah diet tanpa karbohidrat ! Karbohidrat masih ada kok dari buah dan sayur kita cuma batasi saja
  • Berapa banyak buah yang di perbolehkan sehari ? maximal 3 butir buah besar seperti apel, pisang, pear, semangka ,melon dll. Kalau buah buah kecil kaya anggur , blueberries, strawberry makan saja sampe puas.
  • Jam makan jam berapapun tidak masalah. Bila jam 12 siang kamu baru bangun maka makanan pertama kamu adalah breakfast !
  • Disini kamu tidak harus lapar, kamu bisa makan hingga 5x sehari setiap 2-3 jam sekali. Kalau lapar lagi snack setelah dinner juga tidak masalah kok. Ingat rumus ini : Breakfast, snack , lunch , snack, dinner, snack lagi !
  • Buat bumbu masakan apa saja boleh selama itu alami atau rempah rempah seperti lada, bawang putih, jahe , bon cabe dll. Tapi msg , dan saus siap jadi seperti oyster sauce , teriyaki sauce itu tidak boleh !
  • Kamu boleh masak menggunakan garam secukupnya 1 sendok teh maximal perhari. Paling persekali masak pakai setengah sendok teh kan ( itu juga sudah asin banget). Bisa juga kamu masak pake rempah rempah itu juga sudah enaak ! Ingat kamu tidak harus makan makanan yang tawar !
  • DIET ITU BUKAN MAKANAN MAKANAN REBUS SAJA TANPA GARAM ?!!

LAST WORD

Demikian lah cara untuk diet dan eat clean . Hindari gorengan, gula, semua karb putih , makanan pabrik dan yang tidak natural seperti kerupik, emping  , biskuit , dll.

BIla kamu menjalani konsep pola makan ini 2 hari saja pasti timbangan besok juga sudah turun.

TRY IT FOR TWO DAYS AND SHARE THIS FACT WITH YOUR FRIENDS.

Regards

Your Nutritionist

Alvin Hartanto

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s