Mau Bakar Kalori Tapi Malas Olahraga?

Selain melakukan olahraga seperti berlari, fitness atau berenang, menari bisa menjadi salah satu aktivitas menyenangkan untuk membakar kalori. Bahkan kalori yang dibakar saat kamu menari ternyata tidak kalah banyak dengan olahraga loh! Sekelompok peneliti mengungkapkan bahwa jika sama-sama dilakukan selama 1 jam penuh, menari dapat membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan berlari, berenang atau bersepeda.

 

Selain itu menari tidak hanya meningkatkan emosi positif dan mengurangi emosi negatif, tapi juga mengurangi perasaan lelah dan membuat kamu bersemangat. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti melibatkan 15 responden berusia 24-38 tahun. Mereka diminta untuk mengikuti kelas menari. Tim peneliti pun secara rutin mengukur detak jantung, jumlah energi yang dikeluarkan dan status mentalnya.

Selama masing-masing 30 menit, para responden mengikuti kelas berbagai jenis tarian, termasuk di antaranya sesi balet, tari kontemporer, dan street dance. Setelah menari, responden diminta untuk menilai keadaan psikologis pikiran mereka menggunakan kuesioner. Hasilnya cukup membuat para peneliti terkejut. Berdasarkan penelitian tersebut, jumlah kalori yang dibakar responden setelah menari lebih banyak daripada saat mereka berjalan, bersepeda atau berenang untuk periode waktu yang sama.

Selama mengikuti kelas menari 30 menit, mereka membakar rata-rata 293 kalori. Sementara saat berjalan membakar 264 kalori dan saat berenang membakar 249 kalori. Para peneliti pun menyimpulkan bahwa menari termasuk dalam jenis latihan fisik yang memiliki intensitas sedang hingga tinggi.

Leave a Reply