Manfaat Olahraga Skipping Setiap Hari

Skipping adalah salah satu olahraga yang cukup diminati dan sering dilakukan oleh masyarakat luas. Tidak memerlukan biaya yang besar dan dapat dilakukan dimana saja adalah salah satu alasan yang menjadi banyaknya peminat olahraga ini. Olahraga skipping atau secara sederhana disebut lompat tali ini dilakukan dengan menggunakan bantuan tali yang diputar atau digerakan sebagai rintangan dari lompatan yang dilakukan dengan menggunakan kedua tangan sebagai porosnya.

Sama seperti olahraga lain, olahraga skipping juga memberikan banyak manfaat kepada tubuh Anda, berikut adalah beberapa manfaat yang didapat dari skipping:

MENURUNKAN BERAT BADAN

Skipping atau lompat tali yang dilakukan selama kurun waktu satu jam mampu membakar kalori dalam tubuh hingga kurang lebih 1000 kalori. Selain itu skipping yang dilakukan mampu membakar lemak dalam tubuh yang kemudian dikeluarkan bersama keringat. Maka kita semua dapat menyimpulkan betapa bagusnya olahraga skipping atau lompat tali ini untuk menurunkan berat badan.

MENINGKATKAN KAPABILITAS

Manfaat olahraga skipping atau lompat tali yang dilakukan dapat meningkatkan kepadatan tulang dan juga meningkatkan kapabilitas tubuh secara menyeluruh.

MENGENCANGKAN OTOT

Kekencangan otot kita dapat makin baik jika kita rutin dan secara teratur melakukan olahraga skipping. Otot dapat semakin kencang sebagai efek lompatan tersebut, terutama otot kaki dan otot bagian bawah tubuh lainnya. Namun tidak hanya otot bagian kaki dan bagian bawah lainnya, otot bagian atas seperti lengan dan bahu pun mendapatkan manfaatnya, hal ini dikarenakan tangan kita sebagai poros putaran dari tali tersebut.

MENGOPTIMALKAN ENERGI DALAM TUBUH

Olahraga skipping atau lompat tali mampu membantu seseorang dalam menambah energi di dalam tubuh, sebab olahrgaa skipping in dilakukan dengan menggunakan energi. Maka latihan yang dilakukan akan mampu membiasakan tubuh mengeluarkan energi yang tesimpan di dalam sehingga mampu mengoptimalkan energi di dalam tubuhnya di kemudian hari.

MEMBENTUK TUBUH

Membentuk tubuh dalam artian bentuk tubuh berotot pada bagian tertentu yang dihasilkan dari olahraga skipping. Otot bagian kaki akan semakin kencang namun tetap ramping dan tidak berlemak pada bagian betis. Sehingga ini menambah keindahan pada kaki, lengan juga mendapatkan manfaat berupa otot yang tersebut karena menjadi poros dari putaran tali.

MENAMBAH TINGGI BADAN

Pertambahan tinggi badan juga dapat diperoleh dari olahraga skipping atau lompat tali ini. Masa remaja aalah masa yang sangat baik untuk pertumubuhan sehingga apabila Anda melakukan olahraga ini, Anda dapat mendapatkan tinggi badan yang ideal.

Mencegah Osteoporosis

Olahraga skipping yang dilakukan secara rutin akan sangat bermanfaat untuk mencegah terkena osteoporosis di kemudian hari. Osteoporosis adalah kondisi dimana terjadi kerapuhan atau pengeroposan pada tulang. Manfaat olahraga skipping mampu meningkatkan kualitas atau kepadatan seseorang, sehingga skipping sangat berguna untuk mengurangi risiko terjadinya pengeroposan tulang.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s