Tanda Haid Yang Normal, Cek Yang Kamu Alami!

 

Apakah kalian pernah mengalami situasi yang bikin kamu cemas sendiri tentang haidmu? Mulai dari siklus, sampai nyeri haid yang kamu rasakan. Sebenarnya untuk mengetahui normal atau tidaknya haidmu, ada beberapa hal yang bisa dijadikan patokan. Empat tanda ini bisa membantu kamu untuk mengetahui haidmu sebenarnya normal.

HADI BERLANGSUNG 2-7 HARI

Rata-rata wanita mengalami haid sebanyak 500 kali sepanjang hidup. Karena kondisi setiap wanita berbeda, periode haid juga bisa berbeda antara satu sama lain. Umumnya periode haid itu berlangsung 2-7 hari. Jadi kalau periode haidmu berlangsung antara 2-7 hari, hal itu masih dalam tahap normal.

SIKLUS HAID ANTARA 21-35 HARI

Tidak perlu panik jika haid kamu bulan ini telat atau malah lebih cepat beberapa hari dari seharusnya ya. Siklus haid wanita bisa bervariasi mulai dari 21 hari sampai 35 hari. Jadi kalau siklus haid kamu di seputaran periode itu, semua masih dalam keadaan normal.

GUMPALAN DARAH HAID

Mendapati gumpalan darah dalam haid? Jika tidak menimbulkan rasa sakit dan jumlahnya tidak banyak, kondisi ini masih dalam tahap normal. Penyebab munculnya gumpalan darah ini bermacam-macam. Salah satunya adalah karena jumlah darah yang dikeluarkan saat haid sangat banyak, sehingga zat anti koagulan tidak punya cukup waktu untuk bekerja. Akibatnya terjadilah gumpalan darah yang ikut terbawa keluar bersama darah haid.

NYERI HAID

Sangat normal dan wajar kalau kamu mengalami nyeri otot atau kram perut saat haid. Tubuh juga akan terasa gampang lelah dan terasa tidak nyaman. Tapi kalau rasa nyerinya tidak tertahankan sampai bikin kamu mual, ada baiknya kalau kamu segera menghubungi dokter.

 

Leave a Reply