6 Cara Fitnes yang Benar untuk Otot Perut

Selama ini, seringkali kita terlalu fokus dengan usaha menurunkan berat badan dan membentuk tubuh namun melewatkan cara fitness yang benar untuk dapatkan otot perut yang kuat dan ideal. Padahal otot adalah salah satu bagian dari tubuh kita yang sangat penting. Mulai dari berjalan, berdiri, tidur makan hingga tertawa pun membutuhkan partisipasi dari otot.

Pertanyaan selanjutnya adalah berapa lama waktu untuk membentuk otot perut wanita/ pria ?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kamu harus tahu kalau otot menjadi organ yang sangat esensial untuk mobilitas tubuh kamu. Bahkan saking pentingnya fungsi otot, jika ada masalah dengan otot kamu maka kamu akan merasakan sakit yang luar biasa hingga tidak bisa bergerak sama sekali.

Lalu bagaimana sih cara fitness yang benar untuk otot perut? Simak yuk!

Star plank

Tujuan dari star plank atau elbow side plank ini adalah untuk mendapatkan stabilitas pada otot perut kamu sehingga pembakaran lemak semakin efektif. Tak hanya itu saja, latihan ini juga sangat berguna untuk kekuatan otot.

Seperti yang sudah kamu tahu, plank adalah salah satu bentuk olahraga yang bisa kamu lakukan secara rutin untuk memperkuat otot inti pada tubuh. Gerakan plank membantu membentuk otot di sekitar perut dan pinggang serta memperbaiki postur tubuh secara keseluruhan.

Nah biasanya plank dilakukan dengan posisi tubuh seperti akan push up. Namun untuk melakukan fitness yang benar untuk otot perut, kamu bisa melatih tubuhmu lebih keras dari sebelumnya dengan plank versi bintang atau biasa juga disebut elbow side plank.

Bagaimana gerakan star plank ini? Jadi yang harus kamu lakukan adalah memulai dengan posisi elbow plank atau posisi seperti akan push up. Kemudian angkat tubuhmu ke satu sisi hingga kamu bertumpu pada salah satu lengan bawah dan kakimu. Lakukan gerakan ini secara bergantian untuk sisi satunya lagi.

Ketahanan dan keseimbangan tubuh memainkan peranan penting pada posisi ini karena kaki harus lebih lebar dari bahu. Saran saya, pertahankan gerakan ini mulai dari 10 detik dan latih terus hingga kamu mampu melakukannya selama 30 detik.

Bergulung ke belakang kemudian melompat

Latihan fitness yang benar untuk otot perut selanjutnya adalah dengan melakukan gerakan bergulung ke belakang kemudian melompat. Tujuannya untuk meningkatkan mobilitas otot perut kamu.

Gerakannya memang terlihat menyenangkan. Namun jangan salah, kalau kamu belum terbiasa gerakan ini akan sangat sulit untuk dilakukan. Mulailah dengan berdiri di kaki kirimu, kaki kanan ditekuk ke belakang dengan lengan di sisi tubuh. Dalam satu gerakan mengalir, turunkan dirimu ke bawah dan gulung perlahan ke belakang seperti jika kamu melakukan roll belakang.

Lalu dorong badan kamu kembali berdiri- menggunakan inti tubuh kamu – kemudian melompatlah dengan menggunakan kaki kiri kamu. Saat mendarat dari lompatanmu, segeralah menurukan diri kembali dan ulangi gerakannya dari awal.

Saran saya, untuk pemula lakukan gerakan ini selama 30 detik dan cobalah beralih sisi sebelum mengulangi gerakan tersebut. Berani coba?

V-Up di palang push up

Tujuan dari gerakan ini tentu saja menguatkan otot perut sekaligus otot lengan. Karena kamu harus menahan berat badan kamu dengan tangan sekaligus menguatkan otot dengan gerakan V-up

Lalu bagaimana caranya?

Bergantunglah pada palang pull-up dan gunakan perutmu untuk menarik kaki hingga bisa menyentuh palang atau setikannya maksimalkan setinggi yang kamu bisa. Tahan selama beberapa detik kemudian turunkan kaki secara perlahan-lahan ke bawah dan ulangi hingga 10-12 repetisi.

Tumpuan kaki dan angkat lengan

Tujuannya adalah untuk memperkuat eksistensi otot perut kamu. Cara melakukan gerakan ini adalah dengan memasang posisi merangkak kemudian biarkan kedua tangan kamu rata dengan lantai.

Kemudian naikkan tubuh bagian bawah kamu secara perlahan diikuti dengan mengangkat lutut sedikit demi sedikit. Lalu angkat lengan kananmu ke sudut 90 derajat dan tendangkan kaku ke udara secara bersamaan.

Ulangi gerakan ini dari awal di sisi lain. Setiap kali kamu mengganti sisi, pastikan kamu melakukan selama 30 detik untuk sekali gerakan ya!

Stand hand dan gerakkan kaki ke kanan dan ke kiri

Tujuan dari gerakan ini adalah untuk melatih kelenturan sisi tubuh kamu. Tentu saja gerakan ini membutuhkan latihan terus menerus agar tubuh kamu terbiasa dengan gerakannya.

Cara melakukannya adalah dengan meletakkan lengan atas rata di lanti membentuk segitiga untuk kepalamu. Kemudian angkat tubuh secara perlahan ke dalam posisi headstand yang tersangga sesuatu. Untuk kamu pemula, kamu bisa mencoba menyanggakan tubuh kamu di dinding.

Setelah tubuh kamu benar-benar tegak, condongkan tubuh ke satu sisi dan kemudian sisi lainnya secara bergantian. Lakukan gerakan ini perlahan. Sebaiknya lakukan untuk 5 repetisi untuk pemula dan pelan-pelan tambahkan jumlahnya.

Pull up ditambah gerakan kungfu

Tujuan dari gerakan ini adalah melatih perputaran otot kamu sehingga semakin lentur. Oiya saya ingatkan untuk gerakan ini sebaiknya jangan dilakukan jika kamu mempunyai masalah lemah jantung atau ada masalah di perut ya!

Cara melakukannya adalah dengan menggantungkan badan kamu pada palang pull up dengan pengangan menggunakan tangan bawah sehingga telapak tangan menghadap tubuh. Kemudian lakukan pull up dan bawa lutut ke dada.

Putar lutut ke sisi kanan lalu tekan dan regangkan kaki kiri ke depan, lipat kakimu. Bawa lutut kembali ke dada dan putar ke kiri. Lalu tekan dan regangkan kaki kanan ke depan untuk satu repetisi. Lakukan sebanyak 5 kali repetisi untuk pemula.

Nah kalau sudah tahu cara fitness yang benar untuk latihan otot, pertanyaan kamu selanjutnya tentu saja bagaimana caranya untuk memaksimalkan fungsi otot dalam membentuk tubuh kamu agar semakin atletis bukan?

Cari yuk di artikel panduan latihan kekuatan otot ini agar kamu semakin memaksimalkan otot kamu. Buat kamu yang membutuhkan panduan fitnes dari ahlinya, Alvin siap membantu.

Alvin Hartanto adalah seorang nutritionist dan profesional trainer dengan 3 sertifikasi. Alvin sudah berada di ranah fitness dan health industry lebih dari 8 tahun. Kalau kamu penasaran, kamu bisa langsung cek di sini.

Let’s do it together!