5 KESALAHAN FATAL KETIKA MEMULAI DIET UNTUK MENURUNKAN BERAT BADAN

saya selalu berkata semakin kita berumur , maka berat badan kita pasti akan semakin bertambah kalau tidak di kontrol gaya hidupnya.

Ketika mulai merasa tidak sehat , mulai bahaya untuk kesehatan atau karena masalah penampilan akhirnya kita memutuskan untuk diet . Disini saya melihat banyak sekali kesalahan kesalahan fatal ketika ingin memulai diet atau menurunkan berat badan

  1. ASAL MENCOBA ILMU TANPA DI PELAJARI DULU

Semenjak era digital banyak sekali jenis diet ! Yang fatal adalah banyak di antara kita yang berkonsisten atau sudah semangat sekali diet , tapi ilmu nya salah ! alhasil hanya buang waktu dan uang. Kamu harus ingat jenis diet apapun semua ujung nya itu ke kalori dan makro nutrisi .

Kamu tidak wajib menghitung kalori kok ketika diet , yang penting kamu tau apa yang harus di konsumsi misalnya protein , serat , karbohidrat dan hindari yang tinggi kalori tapi tidak ada gizi misalnya gorengan , minuman tinggi gula atau makanan tinggi gula.

2. TERLALU PERCAYA TIMBANGAN

Tracking atau memantau progress kita sangatlah penting , tapi kesalahan awam adalah nimbang terus dan baper. Cara nimbangnya pun salah misalnya stress karena timbangan malam lebih berat dari pada pagi . Semua orang juga begitu padahal .

Buat yang tidak tahu , beda timbangan saja bisa beda hasil dan timbangan yang ada persentasi bodyfat juga tidak akurat banget .

Ukurlah lingkar badan pakai meteran itu lebih akurat dan efektif. Di karenakan badan kita juga bisa ada kenaikan massa otot . Jadi sangat mungkin badan kamu kecilan tapi bahkan timbangan naik.  Berat otot adalah berat yang baik jangan kuatir.

Justru kalau ada penurunan massa otot baru deh kamu khawatir itu indikasi nya biasa lemas lesu tidak bertenaga.

 

3. TIDAK MAU MINUM AIR KARENA TAKUT BERAT AIR BERTAMBAH DI BADAN . GENDUT AIR KATANYA ?!

Ini fatal banget loh gak mau minum air , banyak yang sampai dehidrasi . Buat yang gak tau karena kamu kurang minum air justru badan kita akan “hold water” karena berpikir badan kita kurang air nih . Jadi akan di siapkan stock air

Tapi bila kamu cukup air makan tidak akan badan kita simpan air , selain itu bila ingin mengurangi berat air di tubuh kurangi deh makanan asin . di karenakan sodium itu mengikat air di tubuh

 

4. TAKUT MAKAN KARBOHIDRAT

Banyak yang diet tidak mau makan nasi katanya karbohidrat tapi masih konsumsi tepung2an yang sebenarnya karbo juga dan lebih fatal loh. Akhirnya lalu berkata aku sudah tidak makan nasi kok berat naik ya ? iya minuman manis , gorengan atau dessert masih sering konsumsi ?!

Karbohidrat tidaklah jahat dan masih di butuhkan oleh tubuh . Yang jahat itu adalah kalau kelebihan gula dan kita semua tau apa ujungnya yaitu diabetes dan ya  sudah tidak bisa di sembuhkan deh.

Konsumsi lah karbohidrat complex, buah pun bagus kok sebagai sumber karbohidrat

 

5. SEMAKIN SENGSARA = SEMAKIN SUKSES !

Diet yang benar adalah yang bisa kamu enjoy , makan sering dan kenyang tapi berat badan tetap turun . Diet yang happy itu pasti bisa deh di jadikan gaya hidup selamanya.

Tapi , banyak di antara kita berpikir bahwa diet itu harus kelaperan , makin kelaperan makin bagus . Mulai dari jam makan di batasi , tidak makan malam , tidak mau makan , atau harus malam di ganti suplementasi dan sebagainya

Percaya deh kalau kamu tau ilmu nya , diet itu tidak ribet kok

 

 

Leave a Reply