APAKAH DIET TIDAK BOLEH MAKAN NASI KARENA MEMBUAT GEMUK ?

Nasi putih merupakan salah satu makanan pokok orang Indonesia. Konsumsi nasi di Indonesia sangat tinggi, lebih tinggi daripada sumber karbohidrat lainnya. Bahkan menurut Studi Diet Total 2014 yang dilakukan di DKI Jakarta saja menunjukkan bahwa hampir semua (98%) penduduk DKI Jakarta makan nasi setiap hari dengan konsumsi per harinya sebesar 173,3 gram per orang.

Di lain sisi, ada juga beberapa orang yang mulai mengurangi konsumsi nasinya. Mereka mungkin menganggap makan nasi putih bisa bikin gemuk atau bisa menyebabkan diabetes bahkan . Apa benar, ya? Langsung simak fakta dan mitos nasi berikut ini.

  1. Nasi Bikin Gemuk

Nasi sebenarnya sama dengan karbohidrat lainnya, seperti roti, mi, atau pasta. Jadi, sebenarnya bukan nasi yang menyebabkan badan Anda menjadi gemuk.  Gemuk pada dasarnya disebabkan oleh jumlah kalori (antara yang masuk dan yang keluar) tidak seimbang dalam tubuh. Kalori adalah energi ! ketika energi itu masuk lebih banyak dari yang di butuhkan tubuh maka kelebihan energi itu akan menjadi cadangan energi atau lemak !

Artinya, jika memang Anda terlalu banyak makan nasi ditambah dengan konsumsi mi, makanan bertepung, kue, atau makanan manis, tentu kalori dalam tubuh akan menumpuk dan menyebabkan Anda menjadi gemuk.

Singkatnya yang membuat anda gemuk bukan nasi, tapi mungkin lauknya ? atau apa yang kalian makan di luar nasi itu sendiri !

Berdasarkan data di atas rata orang indonesia mengkonsumsi 175 gram nasi perhari atau sekitar 250 kalori saja ! Nah sisanya gimana ? Bisa jadi anda kebanyakan minum milk tea dengan bobba misalnya ! 1 cup milk tea bisa mencapai 450 kalori loh !

2. Nasi bikin diabetes !

Orang Indonesia terbiasa makan nasi putih sebanyak tiga kali sehari, dalam jumlah yang sangat banyak pula. Ditambah lagi, berbagai konsumsi makanan manis, seperti kue kering, biskuit, permen, teh manis, dan lainnya.  Jadi tak heran jika banyak orang yang menderita diabetes.

Sebenarnya nasi sendiri bukan penyebab utama diabetes.  Akan tetapi, kebiasaan konsumsi manis yang berlebihan dan rutin setiap hari  di luar nasi itu sendiri yang turut mendukung perkembangan penyakit diabetes.

Bukan berarti Anda tidak boleh makan nasi agar terhindar dari diabetes. Boleh, asal perhatikan porsinya. Salah satu kunci untuk mencegah diabetes adalah menjaga asupan karbohidrat anda dan olahraga teratur !

Percuma anda tidak makan nasi tapi masih sering mengkonsumsi makanan manis atau gula cair ! Gula adalah energi , dan olahraga adalah salah satu tempat untuk membuang energi itu !

Jadi singkat cerita nasi tidak membuat diabetes bila di konsumsi tidak berlebih ! yang membuat diabetes adalah apa yang kalian makan di luar nasi itu sendiri !

Kesimpulan 

Yang membuat orang orang gemuk atau overweight bukanlah nasi  ! karena pola makan itu di lihat satu kesatuan dalam 1 hari ! Buah dan sayur pun bila masuk ke tubuh adalah karbohidrat sama seperti nasi ? apakah itu membuat gemuk juga dan harus tidak di makan ? terus kita makan apa donk ?

Saya memiliki ribuan success client yang bisa kalian check di https://www.instagram.com/thefamousfitness/.

Disana kita pun semua masih mengkonsumsi nasi dan sukses juga , semua itu tergantung bagaimana kita mengatur porsi makan kita .Yang penting tau ilmu nya dulu