Pentingnya Latihan Otot Perut bagi Kita

Dalam postingan kali ini, saya Alvin Hartanto bakal membahas mengapa latihan otot perut penting dilakukan.

Bagi kamu yang rutin berolahraga baik nge-gym maupun melakukannya di rumah sendiri, perut mungkin menjadi salah satu bagian yang sering kamu latih. Teruskan kebiasaan bagus ini karena manfaatnya sangat besar bagi kesehatan dan penampilan.

Nah, langsung saja berikut ini manfaat latihan otot perut yang bisa kamu rasakan.

Membentuk Perut Six Packs

Bagi sebagian orang mungkin ini yang dijadikan tujuan ketika melatih otot perut. Harapannya nanti perut six-packs bisa terwujud.

Tentu boleh-boleh saja menjadikan hal ini sebagai salah satu tujuan ketika kamu melakukan latihan otot perut. Tapi sebetulnya banyak manfaat lainnya yang bisa kamu peroleh, seperti berikut ini.

Membentuk Postur Ideal

Saat kamu rajin melakukan latihan otot perut, hal ini juga berdampak untuk mendukung postur tubuh ideal yang kamu inginkan.

Latihan perut akan membuat postur tubuh menjadi lebih ideal. Tentu saja memiliki postur yang baik akan bagus untuk kesehatan tulang belakang dan juga bisa menambah rasa percaya diri kamu.

Memberikan Keseimbangan bagi Tubuh

Sangat baik melakukan latihan perut secara rutin karena membentuk stabilitas bagi tubuh.

Manfaatnya bisa kamu rasakan tidak mudah capek saat beraktivitas dan lebih seimbang dalam bergerak.

Mengatasi Masalah Nyeri Punggung

Jika kamu selama ini sering mengalami masalah sakit punggung, melakukan latihan perut bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya. Mungkin ada yang berpikir apa hubungan antara perut dengan nyeri punggung?

Hubungannya adalah kalau otot perut lemah, maka punggung sering kali mudah nyeri. Khususnya pada bagian otot punggung bagian bawah sangat rentan menjadi kaku kalau otot perut jarang dilatih.

Sebaliknya kalau kamu sering melatih area ini, maka bagian tulang belakang dan otot punggung menjadi lebih fleksibel. Efeknya kamu tidak akan mudah lagi mengalami sakit dan nyeri punggung.

Membentuk Perut Ideal

Ya, tadi di awal sempat saya singgung hal ini. Tapi bukan hanya membentuk perut yang six-pack, tapi latihan perut ini berguna juga untuk mengurangi lemak tubuh.

Sebab ketika kamu meningkatkan massa otot pada perut, bakal mendorong metabolisme tubuh. Efeknya akan lebih banyak lemak terbakar. Secara visual, perutmu pun menjadi lebih langsing dan indah.

Jenis Latihan Otot Perut yang Efektif

Apapun tujuanmu, apakah melatih perut untuk membentuk otot six-pack atau mungkin sekadar untuk menjaga kebugaran dan terlihat lebih langsing, yang pasti kamu harus memilih latihan yang tepat.

Ada banyak latihan untuk memperkuat otot perut. Kamu bisa lakukan beberapa ini contohnya.

Sit-Up Sepeda

Latihan ini mudah untuk dilakukan. Kamu bisa ambil posisi berbaring telentang di atas matras dan kemudian tarik salah satu lutut ke arah dada. Lakukan secara bergantian. Sedangkan tanganmu berada di belakang telinga.sit up bike 1024x768

Istilahnya latihan ini disebut sebagai “sit-up sepeda”. Sebab kamu seolah mengayuh sepeda tapi dalam posisi telentang. Latihan ini bagus untuk mengencangkan otot perutmu. Karena gerakan ini akan melatih semua otot perut, termasuk otot perut depan.

Latihan di Kursi Kapten

Saat kamu nge-gym, kamu bisa manfaatkan kursi kapten untuk melatih bagian perut.

Caranya, kamu duduk di kursi tersebut dan biarkan kaki menjuntai lurus ke bawah. Lalu coba untuk mengangkat lutut ke arah dada. Lalu turunkan perlahan-lahan dan ulangi.

Latihan ini akan melatih otot perut dengan baik. Sekaligus juga melatih bagian tulang belakang.

Latihan dengan Bola

Kalau di rumah atau tempat gym ada bola keseimbangan, kamu bisa menggunakannya untuk melatih bagian perut.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah dengan berbaring telentang di atas bola. Sementara tangan ada di belakang kepala. Lalu kamu coba gerakkan tubuh ke depan.

Ya, gerakan ini sama seperti sit-up. Bedanya adalah kamu menggunakan bola supaya menghasilkan efek yang lebih baik.ball1 1024x768

Itu beberapa latihan yang bisa kamu coba untuk mulai mengecilkan perut dan membentuk perut yang ideal.

Apakah cukup dengan ketiga cara tadi? Sebetulnya cukup saja asal kamu melakukannya secara rutin. Tapi jika misalnya kamu ingin melakukan latihan lainnya seperti kardio untuk mengecilkan perut atau plank lower back pain, hal itu juga sangat baik.

Berikut ini beberapa jenis latihan yang berguna untuk membentuk otot perut secara cepat.

Plank

Kamu bisa lakukan gerakan plank lower back pain untuk memperkuat otot perut. Ini merupakan cara yang tepat untuk membentuk otot six-pack.

Kamu bisa ambil posisi seperti hendak push up. Namun bedanya kamu tidak menggerakkan kedua tanganmu. Kamu hanya menggerakkan perut ke bawah. Lalu tarik lagi ke atas dan tahan dalam beberapa menit, lalu kamu boleh untuk menurunkannya lagi.

Sekalipun gerakannya sederhana, tapi latihan ini sangat bagus untuk menguatkan otot perut kamu.

Bersepeda

Kalau kamu ingin tahu apa olahraga kardio untuk mengecilkan perut, bersepeda adalah salah satunya. Sering bersepeda akan melatih otot tungkai kaki dan perut. Olahraga ini juga bagus untuk membakar lemak.

Asalkan kamu melakukannya secara rutin, manfaatnya akan terasa tubuhmu menjadi lebih bugar.

Lompat Iali

Ini juga jenis kardio untuk mengecilkan perut yang bisa kamu coba. Secara tidak langsung, latihan ini berdampak pada perut karena saat melakukan olahraga lompat tali ini, banyak kalori yang akan terbakar.

Rutinkan misalnya untuk melakukannya selama 30 menit sehari. Manfaatnya akan terasa pada lemak tubuh yang berkurang dan perut pun menjadi lebih langsing.

Berenang

Kalau kamu suka berenang, kamu bisa teruskan aktivitas baik ini. Bisa dirutinkan misalnya selama 20 menit sehari. Kira-kira dalam durasi tersebut ada sekitar 300 kalori yang bisa terbakar.

Olahraga ini termasuk yang menyenangkan dan bisa bikin perut cepat kurus. Khususnya bagi kamu yang mengalami problem perut yang mulai membuncit, coba deh untuk sering-sering berenang.

Nah, itu tadi beberapa latihan yang berguna untuk mengencangkan otot perutmu. Tentu saja kamu juga perlu menjaga pola makan, tubuh cukup cairan, dan istirahat yang cukup.

Kalau mau diringkas, berikut ini tips dari saya bagi kamu yang mau mengecilkan dan mengencangkan perut secara cepat.

  • Latih otot bagian perut secara menyeluruh. Tujuannya adalah untuk meningkatkan massa otot sehingga otot perut pun makin kuat.
  • Sangat baik kalau kamu barengi dengan kardio. Karena olahraga ini bisa membakar banyak kalori. Setidaknya kamu buat perlu buat jadwal untuk melakukan 3 sampai 4 kali kardio dalam seminggu.
  • Cukup cairan. Pastikan tubuh selalu terpenuhi kebutuhan cairan. Sebab itu sangat membantu untuk membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Biasanya, jika kamu cukup minum, juga tidak akan banyak makan.
  • Perbanyak makan serat. Kamu perlu memastikan makanan yang dikonsumsi banyak mengandung serat. Ini sangat bagus jika kamu memang berniat untuk membuat perut lebih langsing. Sudah banyak bukti yang menunjukkan kalau serat makanan yang memadai bisa mencegah peningkatan berat badan.
    Makanan berserat tinggi ini bisa kamu dapatkan dari buah-buahan, sayuaran, dan kacang-kacangan. Kalau kamu sudah terbiasa makan serat, bisa kamu rasakan sendiri nggak akan mudah lapar.

Nah, itu empat pesan dari saya. Jadi selain melakukan latihan otot perut, pastikan juga untuk menjaga pola makan. Agar perut ideal seperti yang kamu impikan bisa didapatkan. Jangan lupa kasih Bintang Like nya ya…