Gym untuk Pemula Wanita Tidak Perlu Sulit

Berjumpa lagi dengan saya Alvin Hartanto. Kali ini saya mau mengupas pembahasan yang menarik yaitu mengenai gym untuk pemula wanita.

Belakangan ini kesadaran wanita untuk hidup sehat terus meningkat. Karena itu tak aneh jika di banyak tempat gym, kamu mudah melihat wanita yang melakukan fitnes.

body3 1024 x 768

Terus terang fenomena ini sangat bagus. Karena hak untuk hidup sehat dan memiliki tubuh ideal itu bukan hanya milik pria saja. Wanita pun berhak untuk memiliki tubuh ideal.

Datang ke tempat gym bisa menjadi salah satu cara yang wanita lakukan untuk menjaga kebugaran serta membentuk tubuh ideal. Tentu itu hanya sebagian saja dari manfaat yang bakalan kamu peroleh.

Saya sendiri sering kali mendapatkan pertanyaan dari wanita pemula yang mau mulai ikut fitnes. Beberapa pertanyaan itu seperti:

  • Apakah fitnes bagus untuk wanita?
  • Fitnes seperti apa yang cocok untuk wanita?
  • Bolehkah wanita melakukan angkat beban?
  • Dan apa manfaat barbel untuk wanita.

Pertanyaan-pertanyaan semacam ini cukup sering saya dapatkan.

Nah, bagi kamu yang mungkin juga memiliki pertanyaan serupa dan ingin tahu apa saja manfaat nge-gym bagi wanita, simak di bawah ini penjelasanannya.

Membentuk Tubuh Ideal

Tubuh seksi ideal adalah dambaan kaum hawa. Kalau kamu termasuk yang berniat nge-gym agar mendapatkan hasil tersebut, ini tentu sangat wajar.

Dengan nge-gym secara rutin, lemak tubuh bisa berkurang dan otot pun terbentuk. Walhasil, tubuh seksi ideal yang kamu idamkan itu bisa diwujudkan.

Menjaga Kebugaran

Ini juga manfaat besar yang bisa diperoleh perempuan yang nge-gym. Dengan tubuh rutin menjalankan olahraga, maka kesehatan akan lebih terjaga. Sebab, saat nge-gym tubuh kita akan membakar kalori dan lemak tubuh.

Efeknya akan terasa dalam kehidupan sehari-hari. Kamu merasa lebih bersemangat menjalankan berbagai aktivitas dan juga nggak mudah merasa capek. Kesehatan jantung dan tulang pun lebih baik.

Apakah harus nge-gym? Tentu saja nggak. Kamu juga boleh pilih olahraga apapun yang kamu suka. Misalnya, bisa pilih lari pagi, yoga, zumba, berenang atau yang lainnya.

Tapi kalau kamu ingin mendapatkan arahan yang tepat saat berolahraga, memang lebih baik kalau kamu ikut gym. Jadi nantinya instruktur kamu bisa mengarahkan latihan yang benar supaya apa yang kamu inginkan bisa tercapai.

Tidur Lebih Nyenyak

Nggak sedikit wanita yang mengalami masalah sulit tidur. Penyebabnya bisa karena banyak faktor. Tapi dengan mencoba untuk nge-gym secara rutin, masalah itu mungkin akan lebih cepat teratasi.

Karena setelah nge-gym tubuh jadi capek. Biasanya kamu akan lebih pulas tidur di malam hari. Dengan tidur yang berkualitas, tubuh pun akan lebih bugar ketika bangun keesokan harinya.

Mengatasi Stres

Gym untuk pemula wanita juga sangat baik sebagai cara mengatasi stres. Ya, mungkin saja kamu tengah banyak pekerjaan atau ada maasalah lain yang bikin kamu jadi stres. Walaupun masalah itu nggak serta merta hilang, tapi dengan nge-gym yakin deh kamu bakalan lebih mudah untuk mengelola tingkat stres.

Jenis Latihan di Gym untuk Pemula Wanita Yang Direkomendasikan

Oke, setelah ini mungkin kamu jadi terpikir untuk mulai nge-gym esok hari. Nah, kira-kira apa jenis latihan yang bagus untuk dilakukan waktu di tempat fitnes?

Saya rekomendasikan kamu fokus pada 3 latihan berikut ini:

  1. Latihan kardio. Fungsinya adalah untuk membakar kalori, menyehatkan jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  2. Latihan kekuatan. Tujuannya untuk menguatkan otot dan memadatkan tulang.
  3. Peregangan. Tujuannya untuk menjaga fleksibilitas tubuh.

Mari kita ulas satu per satu…

Latihan Kardio untuk Wanita

Di gym ada banyak latihan kardio yang bisa dilakukan wanita. Misalnya dengan menggunakan spinning bike, treadmill, rower, dan mesin elliptical.

Nah, kamu bisa coba melakukannya. Banyak manfaat yang bisa kamu peroleh. Misalnya, kalau kamu suka memakai sepeda statis, manfaat spinning bike ini sangat besar. Karena bisa membakar banyak kalori tubuh. Manfaat lainnya adalah mengencangkan otot paha, pantat dan betis.

Bagi pemula wanita, kamu bisa mulai berlatih dalam durasi misalnya 15 menit. Setelah itu, nantinya bisa ditingkatkan secara bertahap.

Angkat Beban untuk Wanita

Ketika melakukan gym untuk pemula wanita, terkadang ada yang masih merasa kurang pede untuk melakukan angkat beban.

Padahal ini cara yang efektif untuk meningkatkan otot dan menguatkan tulang. Kamu bisa lakukan latihan shoulder press, chest press, leg extension dan sejenisnya.

Biar lebih terarah dan aman, kamu bisa minta untuk didampingi oleh instruktur.

Latihan Peregangan

Di akhir setiap sesi latihan, jangan lupa untuk melakukan peregangan. Tujuannya adalah untuk menjaga fleksibilitas tubuh agar tidak mudah cedera.

Tentu selain ketiga jenis latihan tersebut, ketika di gym untuk pemula wanita juga bisa melakukan latihan lainnya, seperti berikut ini.

Squat untuk Wanita

Latihan ini amat efektif bagi kamu yang ingin membentuk bokong yang ideal dan melatih otot kaki. Caranya adalah dengan mengambil posisi jongkok.

Latihan ini bisa dilakukan sebanyak 3 set dengan 8 kali pengulangan di setiap set-nya.

Melatih Tubuh Bagian Atas

Jika kamu ingin melatih tubuh bagian atas, kamu bisa melakukan latihan bench press. Bisa dengan menggunakan barbel atau dumbell. Melakukan latihan ini secara rutin akan bermanfaat untuk membuat bagian dada dan lengan makin kencang.

body 12 1024 x 768

Bisakah Latihan di Rumah?

Jika mungkin saja kamu pas lagi nggak sempat datang ke gym, tentu boleh saja kamu berolahraga di rumah. Yang penting, ada peralatan yang memadai untuk mendukung aktivitas latihanmu ini.

Ini bisa menjadi cara membentuk tubuh ideal wanita di rumah. Sekalipun mungkin kelemahannya adalah terkadang kurang efektif. Penyebabnya bisa karena tidak ada arahan dari instruktur maupun kurangnya peralatan untuk fitnes.

Akan tetapi, jika misalnya kamu merasa lebih nyaman untuk melakukan gym untuk pemula wanita di rumah sendiri, paling nggak kamu bisa siapin peralatan olahraga sederhana seperti dumbbell, barbell, dan matras.

Saat kegiatan gym untuk pemula wanita dilakukan di rumah, kamu bisa melakukan jenis latihan seperti:

  • plank
  • lunge
  • burpee
  • bench dip
  • squat
  • push up

Gerakan-gerakan itu tidak memerlukan banyak peralatan. Kamu bisa mudah melakukannya saat latihan fitnes di rumah.

Barulah kalau kamu merasa perlu work out yang lebih intens, kamu bisa melakukan latihan di gym terdekat. Kamu bisa memanfatkan peralatan olahraga yang lebih lengkap di tempat gym untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan.

Pesan saya, bagi wanita yang mau melakukan gym, adalah:

  • Tetapkan tujuan yang kamu ingin capai. Dengan memiliki tujuan yang jelas, kamu akan lebih mudah untuk mengukur seberapa jauh tingkat manfaat yang kamu peroleh dengan nge-gym
  • Jangan mudah bosan. Biasanya banyak orang saat awal-awal begitu semangat untuk nge-gym, tapi kemudian setelah beberapa waktu mulai jarang work out. Nah, ini jangan sampai terjadi pada kamu. Solusinya, kamu bisa bikin jadwal biar kamu tahu kapan harus melakukan work out setiap minggu dan kamu wajib untuk mematuhinya. Kalau pas sibuk banget, kamu harus ganti jadwal latihanmu itu.
  • Jaga pola makan. Nggak hanya mengandalkan work out semata, tapi juga perlu didukung dengan pola makan yang benar. Biar tujuan kamu untuk mendapatkan tubuh seksi ideal bisa lekas tercapai.

Sekian dulu dari saya. Jangan lupa untuk like postingan ini dan share ke teman-temanmu yang masih maju-mundur mau nge-gym atau nggak ya…

One comment