Rekomendasi Buah untuk Diet agar Berat Badan Turun Cepat

Halo kawan-kawan semua, jumpa lagi bersama saya Alvin Hartanto. Kali ini saya mau nge-bahas mengenai rekomendasi buah untuk diet. Kamu sendiri mungkin udah tahu kalau buah itu bisa berperan penting untuk menunjang diet.

fruit18-B

Beberapa alasannya adalah sebagai berikut.

  • Mengandung serat. Buah-buahan banyak mengandung serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik, sehingga misalnya dapat membuat buang air besar (BAB) lebih lancar. Contoh buah-buahan yang mengandung serat misalnya apel dan pir.
  • Kaya vitamin C. Vitamin ini berperan khususnya untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Selain juga untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Beberapa buah yang kaya akan vitamin C misalnya adalah strawberry dan jeruk.
  • Buah juga mengandung kalium yang berguna menjaga tekanan darah agar tetap sehat. Kalium ini banyak terdapat pada buah seperti pisang, blewah, mangga, maupun jambu biji.

Itu beberapa kandungan dari buah-buahan yang berguna agar diet yang kita lakukan bisa sukses. Nah, sebelumnya saya sudah pernah ngebahas soal rekomendasi buah untuk diet. Kamu bisa cek di sini untuk mengetahui apa saja sebaiknya buah yang bagus saat diet.

Tapi di artikel ini agak berbeda, karena saya akan fokus bagaimana cara diet buah dan buah apa saja yang punya dampak signifikan untuk menurunkan berat badan secara cepat. Jadi stay tune terus dan lanjutkan baca hingga tuntas ya….

Cara Diet Buah yang Benar

Mungkin kamu pernah bertanya, “bagaimana cara melakukan diet buah?”, “bagaimana aturan makan buah untuk diet?”, “bagaimana cara melakukan diet buah seminggu?” dan pertanyaan-pertanyaan lain yang sejenis.

Untuk melakukan diet dengan buah, pertama yang perlu kamu pahami adalah program ini perlu dilakukan secara berkelanjutan. Jadi tidak bisa cuma beberapa hari atau beberapa minggu saja. Tapi kamu harus memasukkannya ke dalam program diet sehat yang sedang kamu jalani.

Kedua, pilih jenis buah yang kamu suka dan berdampak pada tujuan diet yang ingin kamu capai. Tentu saja kamu nggak hanya mengkonsumsi salah satu buah tertentu saja, tapi sangat baik divariasikan agar dampaknya bagus untuk penurunan berat badan.

Ketiga, tingkatkan pengetahuanmu akan buah. Kamu bisa coba cari tahu apa saja kandungan sebuah buah (baik kalori, serat, protein dan lainnya) sehingga kamu pun bisa memilih buah yang tepat untuk diet cepat kurus.

diet11

Contoh, misalnya stroberi itu mengandung 47 kalori, 11,2 gram karbohidrat, dan serat 2,9 gram. Selain itu juga mengandung 0,9 gram protein, dan 0,4 gram lemak. Contoh lainnya, misalnya alpukat mengandung 80 kalori, 4,2 gram karbohidrat, 3,4 gram serat, 1 gram protein dan 7,3 gram lemak.

Nah, jadi kamu perlu kenali kandungan dari tiap buah ini agar bisa menyajikan buah untuk diet yang tepat.

Buah untuk Menurunkan Berat Badan secara Cepat

Nah, sekarang akan saya jelaskan buah-buah yang direkomendasikan saat kamu menjalani diet. Buah-buahan ini juga mudah ditemukan di sekitar kita, jadi harapannya kamu akan lebih lancar dalam menjalani program diet sehat.

1. Buah Apel

Ini buah yang sangat bagus untuk diet. Karena buah ini tinggi serat, rendah kalori, dan membuat tubuh kenyang. Buah apel juga mudah didapatkan di sekitar kita.

Dalam satu buah apel itu mengandung sekitar 116 kalori dan 5,4 gram serat. Buah ini bersifat mengenyangkan. Jadi seandainya kamu hanya makan apel saja saat sarapan misal, ini sudah bisa menjadi sumber energi kamu untuk menjalani aktivitas di pagi hari.

Sebaiknya untuk apel ini lebih baik dimakan langsung dibandingkan dibuat jus. Karena akan lebih terasa mengenyangkan. Kalau kamu memakannya, kamu akan cenderung untuk tidak makan makanan yang lain. Lain halnya kalau apel ini dibuat minuman jus, kamu mungkin masih pengen makan makanan lainnya.

2. Melon

Buah ini juga bagus untuk diet karena melon rendah kalori dan mengandung banyak air. Jadi manfaatnya tubuh tetap terhidrasi sekaligus bisa membantu program penurunan berat badan yang sedang kamu lakukan.

Selain rendah kalori, melon juga kaya akan serat, kalium, serta mengandung antioksidan, seperti vitamin C, beta-karoten, dan lycopene. Cara terbaik menikmati melon saat diet adalah dengan memakannya langsung. Buah ini bisa dipotong berbentuk dadu. Lalu kamu bisa konsumsi langsung sebagai sumber energimu.

3. Jeruk

Jeruk dikenal sebagai buah dengan kalori rendah tapi tinggi serat dan vitamin C. Jeruk juga termasuk buah yang punya sifat mengenyangkan.

Cara terbaik untuk mengonsumsi jeruk adalah dengan memakannya. Memang banyak orang yang lebih suka menjadikannya sebagai jus jeruk, tapi makan jeruk lebih baik kalau kamu sedang menjalankan program diet. Karena dengan makan jeruk akan membuat kamu merasa lebih kenyang dibandingkan mengonsumsinya dalam bentuk jus jeruk.

4. Buah pir

Buah pir dikenal memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan lain yang terdapat dalam buah ini adalah kaya akan vitamin C.

Buah ini bagus untuk diet karena dengan kadar serat yang tinggi membuat perut kita bisa mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama. Jadi kamu pun tidak akan sebentar-sebentar mengkonsumsi makanan yang lain karena merasa lapar.

Manfaat lain dari buah pir adalah mengurangi kadar kolesterol, mengurangi risiko diabetes serta penyakit jantung koroner.

5. Semangka

Buah ini juga mudah ditemukan di sekitar kita. Kalau lagi musim semangka, kamu bisa membelinya untuk dijadikan menu makanan diet. Buah ini rendah kalori dan memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Semangka juga mengandung asam amino arginin yang berperan untuk pembakaran lemak.

Kamu bisa mengkonsumsinya saat siang hari. Makan langsung buah semangka sangat disarankan sebagai cara terbaik mengonsumsinya untuk mendukung program diet.

6. Delima

Buah ini juga bagus untuk diet. Sekalipun mungkin terhitung jarang di pasaran, tapi kamu bisa mencarinya di supermarket maupun pasar buah. Manfaat delima membantu untuk mengendalikan nafsu makan. Efeknya bisa dirasakan dengan penurunan berat badan yang lebih cepat.

Delima ini mengandung antioksidan serta berguna memperlancar metabolisme tubuh. Manfaat lainnya adalah mengurangi kolesterol LDL. Nah, itu tadi buah-buah terbaik yang bisa mempercepat penurunan berat badan. Coba deh mulai sekarang catat dan masukkan buah-buahan tadi dalam menu sehat harianmu.

fruit2

Tentu selain buah, kamu juga perlu kombinasikan juga dengan bahan makanan lainnya. Pastikan juga ada sayur yang bagus untuk diet dalam menu diet sehatmu. Sampai di sini dulu pembahasan mengenai buah terbaik untuk diet cepat turun berat badan kali ini. Sampai jumpa di postingan selanjutnya bersama saya Alvin Hartanto. Jangan lupa kunjungi akun Youtube dan IG saya untuk mendapatkan manfaat lainnya. Dan jangan lupa kasih bintang Like ya.

One comment

  1. […] Cara diet yang sehat dan alami yang paling dianjurkan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Di antara begitu banyak jenis buah, tidak semua buah dapat dikonsumsi untuk diet. Ada beberapa jenis buah yang mengandung asupan nutrisi yang tepat dan diperlukan oleh tubuh selama diet. Berikut ini beberapa buah yang disarankan untuk dikonsumsi bagi Anda sesuai sumber rekomendasi buah untuk diet. […]