Olahraga Tiap Hari, Berapa Lama Sebaiknya?

Halo pembaca blog TheFamousFitnessPlan, jumpa lagi bersama saya Alvin Hartanto. Kali ini saya akan membahas seputar olahraga tiap hari.

Di antara kamu semua mungkin sudah banyak yang menjadikan olahraga sebagai salah satu aktivitas harian. Mungkin kamu melakukannya saat pagi hari, sore atau bahkan malam hari.

Nah, nggak jarang saya mendapatkan pertanyaan baik di akun Alvin Hartanto Youtube maupun di @Alvinhartantoo Instagram atau saat ketemu langsung. Beberapa pertanyaan yang muncul kadang seperti berikut ini:

  • Apakah baik melakukan olahraga tiap hari?
  • Olahraga sore jam berapa sebaiknya?
  • Olahraga yang baik dilakukan setiap kapan sebaiknya?

dan masih banyak pertanyaan sejenis lainnya.

Pada intinya pertanyaan tersebut berkisar pada waktu ideal olahraga atau jadwal olahraga yang baik. Nah di sini saya akan coba menjelaskannya sampai tuntas.

Manfaat Olahraga secara Rutin

gym3b.jpg

Banyak orang sekarang semakin menyadari pentingnya berolahraga. Sebab aktivitas ini bisa menunjang kesehatan kita.

Masalahnya terkadang masih ada yang belum disiplin melakukannya. Kadang kalau sedang pas rajin-rajinnya bisa setiap hari olahraga, tapi kalau lagi males bisa seminggu tidak berolahraga sama sekali.

Tentu saja cara tersebut tidak baik. Cara yang benar adalah kita perlu merutinkan kegiatan olahraga ini biar efeknya terasa bagi tubuh kita.

Kalau kita rajin berolahraga, manfaatnya bisa meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan massa otot, kekuatan tulang, mengurangi stres, dan banyak manfaat lainnya.

Nah, semua orang pasti paham kalau olahraga itu bagus untuk tubuh. Pertanyaannya sekarang, kalau olahraga tiap hari sebaiknya dilakukan dalam durasi berapa lama? Yuk kita coba bahas…

Berapa Lama Waktu Olahraga Tiap Hari?

Kalau kamu memang punya niat kuat untuk merutinkan olahraga setiap hari, ini sangat bagus. Yang penting tidak sampai berlebihan.

Di bawah ini, saya akan berikan panduan durasi waktu berolahraga yang tepat bagi kamu semua.

15 Menit sampai 30 Menit Setiap hari

Bagi kamu yang tergolong sibuk tapi tetap ingin menjaga kesehatan dengan menjalani olahraga secara rutin, sebetulnya durasi waktu 15 sampai 30 menit ini sudah cukup memadai. Asalkan, yang penting kamu melakukannya rutin. Kamu misalnya bisa memilih olahraga lari pagi atau lari sore. Bisa juga memilih jenis olahraga yang lain seperti naik sepeda atau senam.

Atau bahkan bisa cukup dengan berjalan kaki selama 30 menit, ini juga bisa menjadi jenis olahraga ringan yang mudah dilakukan siapa saja. Khususnya bagi yang sudah berusia lanjut mungkin bisa memilih olahraga dengan berjalan kaki ini.
Olahraga Aerobik selama 75 menit sampai 150 menit per minggu

Kalau kamu suka melakukan olahraga aerobik, kamu bisa melakukannya dalam durasi waktu 75 menit sampai 150 menit per minggu. Contoh olahraga aerobik seperti misalnya senam, jalan cepat, berlari, bersepeda. Intinya, olahraga aerobik ini merangsang denyut jantung dan pernapasan

Mungkin kalau kamu ikut olahraga senam dan dalam sekali sesi senam bisa menghabiskan waktu selama 60 menit, maka kamu bisa jadwalkan untuk melakukan olahraga senam ini 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Maka, jadwal olahraga tersebut sudah cukup ideal.
Latihan di Gym Dua Kali Seminggu

Kalau kamu mau melakukan latihan di gym untuk meningkatkan kekuatan otot, minimal kamu bisa melakukannya dua kali dalam seminggu. Saat melakukannya, sebaiknya kamu didampingi oleh instruktur profesional agar bisa mengarahkan jenis dan level latihan yang kamu lakukan. Tujuannya supaya latihan otot ini bisa dilakukan secara benar dan mengurangi risiko terjadinya cedera.
300 Menit Olahraga dalam Seminggu

Kalau kamu berolahraga dengan tujuan tertentu misalnya karena sebagai atlet atau mungkin ingin menurunkan berat badan, idealnya kamu bisa luangkan waktu minimal selama 300 menit dalam seminggu untuk berolahraga. Jadi setiap harinya, kamu kurang lebih berolahraga selama 45 menit. Ini adalah waktu olahraga yang ideal untuk kamu jalani setiap hari.
Olahraga Pagi, Siang, Sore atau Malam?

Kadang juga sering ada pertanyaan, “sebaiknya olahraga dilakukan kapan?” Nah, bagi yang suka bangun pagi, biasanya akan memilih olahraga di waktu pagi.

drink sport

Jadi setelah bangun pagi, kemudian dilanjutkan dengan melakukan olahraga. Sangat baik melakukannya pada pagi hari karena bisa menjadi awal yang bagus bagi metabolisme tubuh. Sehingga nantinya kamu bisa membakar lebih banyak kalori saat siang hari.

Biasanya orang yang olahraga pagi akan melakukan aktivitas ini sebelum sarapan. Nah, biasanya nantinya saat sarapan porsinya juga tidak akan banyak. Selain itu, manfaatnya juga bisa meningkatkan energi sehingga kamu bisa menjalani aktivitas selanjutnya dengan lebih optimal.

Tapi memang tidak semua orang bisa melakukan olahraga di pagi hari. Sebab mungkin pagi-pagi benar kamu sudah harus beraktivitas. Misalnya harus sudah berangkat kerja pagi biar tidak terjebak kemacetan.

Karena itu sebagai gantinya ada yang memilih untuk berolahraga pada sore atau malam hari. Nah, mengenai waktu olahraga pada sore hari atau malam hari ini juga baik. Bahkan ada riset yang menyebut kalau olahraga pada waktu sore atau malam hari itu bisa menghasilkan hormon testosteron lebih banyak. Manfaat hormon ini tentu sangat baik untuk kekuatan otot.

Manfaat lainnya juga bisa lebih bebas stres. Sebab konon kortisol yang dikenal sebagai hormon stres ini memuncak pada pagi hari dan kemudian secara bertahap akan menurun sampai malam hari. Dengan begitu, melakukan olahraga pada sore atau malam hari kamu akan lebih merasa enjoy.

Tentu saja ini hanya soal pilihan waktu saja. Yang terpenting adalah kamu berolahraga secara rutin. Kalau memang kamu punya waktu luang pada sore atau malam hari, kamu bisa memilih berolahraga di waktu tersebut.

gym2

Biasanya kalau untuk di gym banyak yang memilih berolahraga pada sore dan malam hari. Jadi nggak heran kalau di waktu tersebut biasanya gym akan ramai. Kalau kamu sekalian ingin bergaul untuk mencari teman baru, kamu bisa pilih waktu olahraga ini. Jadi, sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Sambil nge-gym kamu bisa berkenalan dengan teman-teman baru sesama anggota gym.

Tentu yang juga penting diingat adalah tidak berolahraga terlalu malam. Sebab dikhawatirkan nantinya bisa mengganggu waktu tidur kamu. Misalnya, berolahraga jam 9 malam ke atas, hal ini tidak disarankan.

Terus satu lagi, kalau selama ini kamu mengalami masalah sulit tidur malam hari, lebih disarankan untuk olahraga pada pagi hari. Silahkan kunjungi blog yang satu ini mengenai hal itu. Sebab banyak riset menyebut orang yang berolahraga pagi hari cenderung akan lebih nyenyak tidur pada malam harinya.

Bagaimana kalau olahraga siang hari? Mungkin saja di kantor tempat kamu kerja memiliki ruang kebugaran. Lalu mungkin kamu memiliki waktu luang saat istirahat dan berniat memanfaatkannya untuk berolahraga.

Kalau memang kondisinya begitu, saya sarankan kamu melakukan olahraga lebih dulu, baru setelah itu makan siang. Bukan sebaliknya ya. Karena kalau makan terlebih dulu dan baru berolahraga, nantinya akan terasa tidak nyaman.

Kalau misalkan butuh energi, kamu bisa konsumsi cemilan ringan sekitar 30 menit sebelum berolahraga.

Ya, sampai di sini dulu pembahasan mengenai olahraga tiap hari. Sampai jumpa di postingan selanjutnya bersama saya Alvin Hartanto. Salam sehat dan sukses selalu! Jangan lupa beri bintang like ya…