4 Cara Diet Cepat Kurus

Mempunyai berat badan yang ideal jadi salah satu target yang harus kamu capai kalau kamu ingin hidup sehat, apalagi kalau kamu mempunya berat badan di atas rata-rata, maka kamu harus tahu cara diet cepat kurus. Jangan jadikan tubuh yang besar sebagai alasan untuk tidak berolahraga, justru olahraga sangat diperlukan untuk membakar lemak yang berlebihan.

Ada banyak alasan untuk kamu tidak berolahraga. Mulai dari susah menggerakkan tubuh, malas hingga malu karena punya badan besar. Namun niat yang kuat untuk menjadi lebih baik harus dijadikan semangat agar kamu bisa memulai pola hidup sehat dan mendapatkan berat badan yang ideal. Lalu pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara memulai dan apa olahraga untuk orang gemuk agar kurus?

Nah artikel ini akan menjawab pertanyaan kamu. Yang pertama, saat kamu memulai olahraga paling penting adalah memilih jenis olahraga yang aman untuk kondisi tubuh kamu. Kondisi tubuh yang gemuk berpengaruh dengan tingkat stres organ jantung, jaringan tulang dan persendian. Maka dari itu kamu harus memilih olahraga dengan gerakan yang tidak terlalu cepat atau beban yang terlalu berat karena akan sangat mudah menimbulkan cedera.

Ada baiknya kalau kamu mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memulai olahraga, terutama kalau kamu sama sekali tidak pernah berolahraga sebelumnya. Kenapa hal ini penting? Karena kamu yang tahu kondisi tubuh kamu. Misalnya kalau kamu selama ini memiliki masalah di bagian lutut, sebaiknya pilihlah olahraga yang low-impact untuk lutut kamu.

Ini dia 4 jenis olahraga yang paling cocok untuk orang gemuk:

Jalan kaki

Membiasakan diri untuk jalan kaki adalah salah satu olahraga terbaik dan termudah karena tidak membutuhkan peralatan apa pun dan bisa dilakukan di mana saja. Jalan kaki adalah salah satu olahraga low-impact moderat atau olahraga yang gerakan kedua kakinya masih menempel di lantai sepanjang sesi olahraga. Dengan rutin berjalan kaki, kamu akan meningkatkan kekuatan dan mobilitas terutama pada bagian bawah tubuh. Tak hanya itu saja, jalan kaki juga mampu membantu kamu menurunkan berat badan secara aman. Dalam sehari, waktu yang dianjurkan untuk berjalan kaki adalah minimal selama 10 – 15 menit.

Latihan kekuatan

Setelah rutin berjalan kaki, olahraga selanjutnya adalah latihan kekuatan, karena latihan kekuatan bermanfaat untuk kamu yang mengalami obesitas. Mulai dari memperbaiki postur tubuh yang selama ini membawa ekstra berat tubuh, meningkatkan range of motion (kemampuan gerak) pada persendian, membentuk otot dan meningkatkan metabolisme tubuh bahkan saat kamu sedang beristirahat. Supaya kamu makin aman saat melakukan latihan kekuatan, kamu bisa menjadi member di pusat kebugaran atau melakukan di rumah dengan bantuan personal trainer untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bersepeda

Olahraga tidak harus membosankan, kamu bisa memilih olahraga yang menyenangkan sehingga tidak hanya baik untuk tubuh tapi juga memperbaiki mood kamu. Bersepeda adalah salah satu pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan. Tidak hanya membakar kalori yang berlebihan, bersepeda juga aman untuk persendian dan mampu membantu merampingkan tubuh serta membentuk bokong, paha dan pinggang. Ketiga bagian badan tersebut adalah tempat-tempat yang paling sering menjadi timbunan lemak.

Jogging

Pilihan jenis olahraga untuk orang gemuk selanjutnya adalah jogging. Sedikit berbeda dengan berjalan kaki, jogging masuk ke dalam kategori aktivitas aerobik yang tidak hanya berguna untuk membakar lemak namun juga mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, menurunkan tingkat kematian serta krusial untuk menjaga kesehatan secara umum. Untuk kamu yang baru saja memulai olahraga, untuk membakar kalori sebesar 180 kalori dalam sehari disarankan untuk melakukan jogging sekitar setengah jam tiap harinya.

Setelah mengetahui jenis-jenis olahraga yang cocok untuk orang gemuk, kamu juga harus tahu durasi yang tepat untuk berolahraga.

Bagi kamu yang tidak pernah berolahraga sebelumnya dan baru memulai untuk berolahraga, 10 – 15 menit, tiga kali dalam seminggu bisa jadi pilihan. Selanjutnya, kalau tubuh kamu sudah terbiasa dan beradaptasi (misal setelah sebulan) kamu bisa menambah waktu olahraga menjadi 30 – 60 menit dalam sehari hingga kamu bisa mencapai durasi yang disarankan untuk olahraga yaitu minimal 150 menit perminggu.

Kalau kamu sibuk dan tidak bisa rutin melakukan olahraga 5 hari dalam seminggu dengan durasi 30 menit sehari, kamu bisa mengatur waktunya misalnya dengan membagi 30 menit tersebut dalam olahraga pagi 10 menit, olahraga siang 10 menit dan olahraga sore 10 menit. Durasi ini sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan jam kerja kamu sehingga aktivitas rutin tidak terganggu.

Oiya, yang paling penting saat berolahraga jangan biarkan perhatianmu terpaku pada jam. Jangan memikirkan berapa kamu sudah berolahraga namun fokuslah pada gerakan yang kamu lakukan dan nikmati gerakan tersebut sampai durasinya tidak terasa telah habis.

Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana caranya agar tidak mudah jenuh dengan rutinitas olahraga kamu?

Agar kamu tidak jenuh, tentu saja semua kembali ke niat kamu. Tanyakan pada diri kamu sendiri, apa alasan kamu untuk berolahraga pertama kali? Kemudian, ingatlah kembali kalau olahraga berarti membiasakan diri untuk menjalani gaya hidup sehat dan kesehatan kamu harus dijaga seterusnya, bukan hanya semntara waktu.

Jangan lupa juga untuk membuat target yang ingin kamu capai. Misalnya dalam sebulan kamu ingin menurunkan 1 kg. Maka yang harus kamu lakukan adalah fokus pada gerakan olahraga yang kamu lakukan hari ini dan jangan menyerah kalau target kamu belum bisa dicapai.

Percayalah, seiring dengan kebugaran yang meningkat kamu akan merasakan sendiri manfaatnya untuk badan kamu.

Kemudian, sebaiknya ajaklah teman atau saudara yang menyukai olahraga juga. Karena dengan adanya teman, kamu akan lebih bersemangat dalam berolahraga. Atau kamu juga bisa menyewa personal trainer yang akan melatih kamu untuk disiplin dengan program olahraga yang kamu lakukan.

Bahkan kamu juga bisa menambah jenis olahraga yang kamu lakukan agar tidak jenuh. Misalnya selain latihan kekuatan kamu juga bisa menambah dengan latihan kelenturan agar badan kamu makin sehat dan bugar. Jangan terlalu fokus dengan angka timbangan atau berat badan kamu karena yang paling penting adalah mendapatkan tubuh sehat. Berat badan yang turun adalah bonus manis atas semua usaha dan kerja keras kamu.

Jadi sudah siap untuk memulai gaya hidup sehat? Good luck!