5 Rekomendasi Makanan dan Minuman untuk Sahur

Tak terasa bulan Ramadan sudah datang lagi ya, kali ini saya mau bagikan rekomendasi makanan dan minuman untuk sahur yang bagus buat kamu. Yes, makanan dan minuman yang kamu konsumsi pada saat sahur memegang peranan penting buat kelancaran puasamu seharian lho!

Nah biar ibadah kamu seharian nggak terganggu karena rasa lapar, ada triknya nih. Rahasianya ada pada menu makanan dan minuman sahur kamu. Ada jenis-jenis makanan yang membuat kamu awet kenyang tapi ada juga makanan yang bikin kamu cepat lapar. Sama kaya minuman, ada yang bikin kamu nggak haus-haus ada yang bikin kamu cepat haus.

Ini dia rekomendasi menu makanan dan minuman untuk sahur ala The Famous Fitness:

Rekomendasi Makanan

Oatmeal

Makanan yang terbuat dari gandum utuh ini punya banyak manfaat lho. Selain baik untuk kesehatan, oatmeal juga bikin kamu kenyang lebih lama sehingga nggak ada lagi nih masalah kamu kelaperan sebelum buka puasa.

Apa sih yang bikin oatmeal bikin awet kenyangnya? Jadi oatmeal mengandung karbohidrat kompleksnya perlu dipecah dulu dan nggak langsung diserap tubuh. Inilah yang membuat oatmeal bertahan lebih lama di dalam perut.

Tak hanya itu saja, oatmeal juga kaya serat yang baik untuk kualitas pencernaan kamu. Biar gizi kamu makin optimal, kamu juga bisa menikmatinya dengan buah, susu dan biji-bijian seperti almond.

Telur

Kamu pasti udah tahu dong kalau telur adalah salah satu makanan yang tinggi protein. Makanya cocok banget buat menekan rasa lapar dalam waktu yang lebih panjang. Bahkan secara penelitian ilmiah, telur punya hormon nafsu makna (ghrelin) yang rendah dan kandungan PYY (hormon yang membuat kamu lebih kenyang) lebih tinggi.

Sup ayam

Selain segar dan enak, sup ayam juga punya fungsi menekan nafsu makan lho. Kenapa bisa? Karena dalam semangkuk sup ayam terdapat gizi lengkap mulai dari karbohidrat dari kentang, serat dan vitamin dari sayuran dan protein dari ayam.

Udah gitu, kamu akan mengonsumsinya bersama nasi dalam keadaan hangat jadi perut tidak akan kaget dan kamu akan makan dengan nyaman selama sahur. Oiya pastikan sup ayam yang dimaksud di sini adalah sup dengan kaldu ayam bening ya bukan cream soup.

Ikan Salmon

Salmon adalah makanan dengan kandungan omega-3 yang baik banget buat tubuh kamu. Nutrisinya yang compact dan lengkap punya banyak manfaat buat badan mulai dari baik untuk penurunan berat badan, mempercepat proses oksidasi lemak, mengurangi peradangan, mengurangi resistensi insulin serta meningkatkan sensivitas glukosa.

Nah biar manfaatnya makin maksimal, padukan olahan ikan salmon dengan sayuran seperti bayam, brokoli dan artichoke. Kombinasi lauk ini bisa bantu kamu menahan rasa lapar selama puasa tanpa takut kekurangan gizi.

Beras merah

Makanan sahur buat kuat puasa selanjutnya adalah beras merah. Makanan kaya yang satu ini mengandung karbohidrat kompleks. Buat kamu yang belum tahu, karbohidrat kompleks adalah karbohidrat dengan struktur kimia rumit sehingga proses pemecahan dan penyerapannya memerlukan waktu lebih lama dibanding karbohidrat biasa.

Dengan mengonsumsi beras merah saat sahur untuk menggantikan beras putih, kamu akan merasa kenyang sepanjang hari.

Rekomendasi minuman

Susu cokelat

Minuman pertama yang bisa jadi pilihan kamu adalah susu cokelat. Ya, tidak hanya menyehatkan jantung dan mencerahkan kulit saja lho ternyata susu cokelat juga terbukti meningkatkan energi dan menyehatkan otot.

Buat sahur sebaiknya pilih susu cokelat yang rendah lemak dan bebas gula, karena selain dapat menambah energi juga tidak menyumbangkan banyak kalori buat tubuh kamu.

Teh jahe

Mau minuman hangat, lezat dan menyegarkan? Teh jahe bisa jadi pilihan tepat buat kamu konsumsi saat sahur lho. Kandungan vitamin C, magnesium dan mineral lainnya membuat teh jahe disarankan untuk kamu konsumsi.

Nah agar teh jahe bisa bantu penyerapan makanan dalam usus semakin optimal, sebaiknya konsumsi teh jahe setelah menyantap hidangan utama kamu. Tak hanya bikin kenyang lebih lama, teh jahe juga bantu kamu mencegah sendawa dan kembung setelah makan banyak.

Lemon tea hangat

Mengonsumsi segelas lemon tea hangat saat sahur ternyata membantu kamu meningkatkan metabolisme tubuh dan memperbaiki sistem pencernaan lho. Udah gitu, lemon tea hangat juga mampu membantu menghidrasi tubuh untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Cara membuatnya gampang banget. Cukup campurkan sekantung teh, lemon, kayu manis dan gula dalam teko. Kemudian tuangkan air mendidih dan tunggu hingga 5 menit. Setelah  itu sajikan segelas lemon tea hangat dengan potongan lemon di dalamnya agar rasa segarnya makin keluar.

Jus buah

Terkadang karena baru bangun tidur, kamu jadi tidak nafsu makan padahal kamu harus mengonsumsi makanan sahur agar bisa puasa sehari penuh. Nah untuk menjawab masalah kamu ini, cobalah untuk meminum jus buah sebagai pengganti makanan berat untuk sahur.

Perpaduan buah-buahan segar yang tinggi serat dengan air bisa bantu tubuh kembalikan cairan dan elektrolit. Salah satu rekomendasi jus buah yang bisa kamu coba adalah memadukan melon, mangga, jeruk dengan tambahan strawberry dan apel. Sebaiknya jangan tambahkan gula pada jus kamu agar rasanya tidak berubah.

Kenapa jus buah saya rekomendasikan? Karena kandungan serat dalam jus buah akan membuat tubuh kenyang lebih lama. Selain itu, vitamin dan antioksidannya membuat tubuh lebih berenergi dan meningkatkan sistem imunitas.

Air putih

Nah minuman yang wajib banget kamu konsumsi untuk menjaga daya tahan dan imunitas tubuh adalah air putih. Buat menghadapi puasa selama berjam-jam tentu kamu perlu tahu bagaimana cara pembagian konsumsi air putih agar tidak dehidrasi bukan?

Jadi kebutuhan cairan untuk orang dewasa perharinya adalah 2 liter atau sekitar 8 gelas. Untuk memenuhi kebutuhan cairan ini, kamu bisa meminum satu gelas setelah bangun sahur, 1 gelas setelah makan sahur, 1 gelas setelah Adzan Maghrib, 1 gelas setelah berbuka puasa, 1 gelas setelah sholat Isya, 1 gelas setelah Tarawih dan 1 gelas terakhir sebelum tidur.

Itu dia 5 rekomendasi makanan dan minuman yang bisa kamu coba agar kuat menjalani puasa seharian. Yuk coba buat sahur besok!