Berapa Jadwal Latihan Gym yang Efektif Dalam Seminggu?

Untuk kamu yang sedang berniat untuk menurunkan berat badan atau membentuk tubuh, berapa kali jadwal latihan gym yang efektif untuk dilakukan dalam seminggu? Pertanyaan ini seringkali menjadi perdebatan. Beberapa orang menganggap latihan harus setiap hari namun yang lain bilang tiga kali dalam seminggu sudah cukup. Lalu mana yang benar?

Nah artikel ini akan menjawab pertanyaan di atas berdasarkan berbagai aspek yang mempengaruhi, seperti lama latihan, jenis latihan dan pola hidup sehat (termasuk menu makanan dan minuman) yang harus dijalankan.

Pertanyaan pertama yang seringkali muncul adalah, “benarkah dengan latihan lebih sering maka hasil yang akan didapatkan bisa semakin cepat?”

Untuk menjawab pertanyaan ini, sebenarnya jawabannya iya betul. Namun tidak berarti dengan kamu ke gym setiap hari tanpa diimbangi dengan pola makan sehat dan tidur cukup waktu kamu bisa mendapatkan hasil (penurunan berat badan atau badan yang bulk) dalam waktu instan.

Justru latihan yang terus menerus tanpa jeda bisa berisiko menimbulkan cedera. Karena pada dasarnya kamu harus membiasakan badanmu terlebih dahulu untuk latihan agar bisa mengikuti durasi dan tingkat kesulitan latihan kamu.

Pertanyaan selanjutnya adalah, “Berapa kali program latihan dalam seminggu yang efektif dan hasilnya maksimal?”

Sebenarnya tidak ada patokan wajib berapa kali dalam seminggu kamu harus berolahraga. Kenapa? Karena kekuatan dan daya tubuh masing-masing orang berbeda sehingga durasi dan jadwal latihannya pun harus disesuaikan dengan tubuh kamu sendiri.

Sebuah penelitian di Amerika menyatakan kalau orang dewasa yang rutin latihan sekali sampai dua kali seminggu hasilnya tidak akan terlalu cepat terlihat dibandingkan dengan orang dewasa yang berlatih rutin minimal tiga kali dalam seminggu.

Nah namun penelitian untuk remaja hasilnya berbeda, ternyata dari latihan yang sama untuk anak remaja satu sampai dua kali olahraga dalam seminggu sudah memberikan hasil yang signifikan. Hal ini membuat munculnya satu kesimpulan kalau ada “sweet spot” frekuensi pada dewasa dan remaja yaitu 2-3 kali dalam seminggu.

Dengan adanya kesimpulan ini, tentunya akan memudahkan kamu untuk mengatur jadwal latihanmu. Misalnya dengan menargetkan tiga kali latihan dalam seminggu disamping kesibukan kamu yang lain.

Setelah tahu frekuensi latihan yang disarankan, sekarang kita move kedurasinya. Berapa lama waktu yang paling efektif untuk sekali latihan?

Menurut U.S Department of Health and Human Service, 150 menit per minggu adalah waktu yang paling efektif untuk kamu berolahraga dengan kombinasi latihan beban an cardio.  Perlu di garis bawahi bahwa latian itu yang penting kamu harus ada program latian yang tepat dulu agar tidak membuang waktu. Karena itu muncul lah jasa seperti coaching The Famous Fitness yang bisa membuatkan kamu jasa program pola latian dan juga makan agar hasilnya cepat dan tidak membuang waktu. Karena banyak sekali di antara kita yang sudah join gym . Ya hanya join saja disana nya gak tau mau ngapain. Kalau pola latian kamu sudah benar latian dirumah juga bisa kok

Dari jumlah  150 menit tersebut kamu bisa bagi untuk perharinya dengan hasil minimal 30 menit tiap harinya atau kalau kamu melakukannya 3-4 kali seminggu sudah cukup , olahraga itu perlu setiap hari karena yang penting qualitas latiannya bukan frequensi nya. kalau sehari 2x olahraga tapi latian beban nya ngaco kan juga percuma. Ingat focus kita di latian beban ya

CARA UNTUK KONSISTEN OLAHRAGA

Setelah tahu frekuensi dan durasi yang efektif untuk latihan dalam seminggu, sekarang kita bahas pola latihan yang efektif. Untuk mendapatkan pola latihan yang efektif kamu harus membuat jadwal latihan yang realistis. Dalam artian bisa dilakukan secara proposional sesuai dengan kemampuan kamu. Tidak terlalu berat namun juga tidak terlalu longgar. Karena bila terlalu memaksakan kita tidak enjoy dengan program pasti bentaran juga berhenti. Ingat olahraga itu jangka panjang !

Misalnya kalau kamu membuat jadwal terlalu ketat, 6-7 hari dalam seminggu tentu saja akan memberatkan dan melelahkan tubuh. Hal ini akan berdampak pada kualitas latihan kamu. Sedangkan kalau kamu buat terlalu longgar, hanya 1 kali dalam seminggu maka kemungkinan terbesarnya kamu akan menggampangkan bahkan melewatkan jadwal latihan kamu.

Nah setelah membuat jadwal, kamu bisa menentukan jenis latihan kamu agar bervariasi tiap harinya dengan tingkat beban yang bertambah secara bertahap. Variasi tersebut mempunyai tujuan agar melatih semua otot tubuh dengan merata.

Misalnya di hari Senin kamu latihan otot dada, perut, kaki dan tricep. Selasa kamu libur. Rabu latihan otot punggung, pinggang dan pinggul. Kamis istirahat. Jumat latihan otot perut, dada, punggung dan pinggul. Minggu istirahat. Intinya dalam 1 minggu kamu harus melatih semua otot di tubuh kamu minimal 1x.

Dengan adanya variasi seperti itu, kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal dengan cara yang efektif.

Kalau kamu sudah mengatur pola latihan, kini saatnya kamu mempelajari pola istirahat yang baik untuk mendapatkan hasil latihan yang maksimal. Kamu tentu sering mendengar istilah istirahat yang cukup untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan tubuh juga punya kesempatan untuk memulihkan diri dengan melakukan perbaikan sel-sel tubuh yang rusak dan membangun sel baru.

Kamu pasti tahu dong, kalau kita disarankan untuk tidur selama 7 jam dalam sehari. Namun seiring dengan bertambahnya usia kamu, tentu durasi tersebut seringkali tidak tercapai. Kebiasaan begadang karena menyelesaikan tugas, pekerjaan atau hanya main game jadi hal wajar yang sering kamu lakukan.

Padahal sebenarnya hal itulah yang harus kamu hindari. Karena begadang akan mengganggu jam biologis tubuh yang kemudian berefek dengan terganggunya proses metabolisme tubuh. Apalagi kalau kamu sedang menjalankan program latihan, begadang adalah pantangan kamu.

Seperti yang sudah saya bahas di atas, latihan tidak hanya melulu soal latihan fisik saja. Selain melakukan latihan fisik kamu juga harus menjaga pola istirahat, pola hidup dan pola makan kamu.

Kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, begadang dan mengonsumsi alkohol adalah sederet hal yang harus kamu hindari jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Percuma saja kamu latihan rutin tiap hari kalau kamu masih melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut. Yang ada malah tubuh kamu akan semakin lemah dan daya tahan menurun.

Yuk mulai biasakan untuk hidup sehat melalui latihan rutin, gaya hidup sehat dan pola istirahat yang pas. Hasilnya akan kamu rasakan sendiri. Selamat latihan dan good luck!

 

 

Leave a Reply