3 Alasan Pentingnya Menjaga Kesehatan Tubuh

Kesehatan adalah harta yang paling berharga karena kalau kamu sakit tentu saja kamu tidak bisa beraktivitas, maka dari pentingnya menjaga kesehatan tubuh harus diprioritaskan. Mungkin sekarang kamu masih muda dan tidak ada masalah, tapi kalau kamu tidak menjaga kesehatan melalui pola hidup sehat dan rutin berolahraga kemungkinan untuk terserang penyakit menjadi lebih besar.

Ingat, Kesehatan adalah yang no 1 karena tidak bisa di beli dan uang bisa di cari ! Kita hanya bisa membayar rumah sakit untuk mengobati tapi tidak bisa di beli hanya bisa di jaga. Kamu harus sadar kita hidup bukan untuk diri kita sendiri saja , tapi juga untuk keluarga yang dekat dengan kita. Bila kita sakit siapa yang bisa menjaga mereka bila kelak terjadi apa – apa.

Nah , Buat kamu yang tinggal di kota besar, polusi, paparan sinar UV dan gaya hidup yang tidak sehat bisa jadi mengganggu kesehatan kamu. Apalagi kalau kamu sudah bekerja dan mempunyai jadwal yang sibuk, hal tersebut akan menjadi alasan kamu untuk tidak sempat berolahraga.

Wajar memang kamu waktu kamu dalam sehari habis untuk menyelesaikan pekerjaan, belum lagi kalau harus terjebak kemacetan. Tidak ada waktu untuk berolahraga menjadi salah satu permakluman. Tapi memang benar kamu tidak ada waktu untuk olahraga?

Jawabannya ada pada niat. Ya kalau kamu memang sudah berniat untuk menjaga kesehatan melalui olahraga, maka tidak ada lagi alasan tidak ada waktu. Kamu bisa menyempatkan diri untuk workout disela-sela kesibukan kamu. Apalagi ada banyak pilihan tempat fitnes murah di Jakarta yang semakin menunjang kamu untuk berolahraga.

Sebenarnya manfaat apa sih yang kamu dapatkan jika rutin berolahraga untuk kamu si sibuk?

Sehat

Dengan rutin berolahraga tentu saja membuat badan kamu lebih bugar. Apalagi buat kamu yang sering bergadang dan makan tidak teratur. Rutin olahraga akan menjaga keseimbangan kesehatan kamu.

Menghilangkan stress

Berolahraga akan membantu tubuh kamu untuk melepaskan hormon endorfin yang mampu meredakan stress. Kesibukan dan tekanan yang membuat pusing di kantor akan berkurang sehingga kamu bisa berpikir lebih jernih dan menemukan solusi untuk permasalahan kamu.

Tidur lebih nyenyak

Biasanya kalau kamu sedang hectic dan banyak tekanan karena pekerjaan, jam tidur pun akan terganggu. Dengan rutin berolahraga badan akan menjadi lebih rileks, menghilangkan ketegangan dan membuat tidur lebih nyenyak. Cocok buat kamu yang sering insomnia.

Pengennya sih rutin olahraga tapi bener-bener sibuk dan nggak sempet olahraga nih!

Tenang, ada banyak olahraga yang bisa kamu lakukan disela-sela kesibukan. Ini dia beberapa jenis olahraganya yang bisa kamu coba:

Olahraga ringan di rumah

Bangun tidur, sempatkan waktu untuk melakukan peregangan dan minum air putih. Setelah itu jangan lupa untuk melakukan gerakan ringan seperti merapikan rumah, menyapu atau mencuci baju.

Oiya kalau kamu bangun pagi, berjalan-jalan atau jogging setidaknya 30 menit memutari komplek rumah juga bisa jadi pilihan. Bisa juga kamu latian menggunakan dumbbell dirumah dan dumbbell itu murah kok , hanya di butuhkan 1 pasang saja. Latian dimana saja sama aja . baik dari rumah atau pun gym , Karena yang penting adalah programnya harus bagus. Banyak client client pribadi saya di Instagram thefamousfitness . Mereka sukses hanya dengan latian dirumah saja kok !

Olahraga ringan di kantor

Nah kalau sudah sampai kantor, cobalah untuk berjalan kaki sebanyak mungkin. Misalnya dengan memilih untuk makan siang di luar daripada makan di meja. Atau untuk naik satu atau dua lantai, pilihlah tangga dibandingkan lift atau elevator.

Lalu, berapa lama total waktu yang sebaiknya digunakan buat berolahraga ringan?

Nah ini pertanyaan yang cukup tricky. Sebenarnya durasi berolahraga ringan tiap orang beda-beda, namun pastikan paling tidak kamu menghabiskan waktu selama 30 menit secara total perharinya untuk melakukan olahraga ringan tersebut agar tetap bugar. Pastikan kamu selalu ada latian beban ya setiap x berolahraga

Intinya sih menurut saya adalah, tidak usah memusingkan durasi olahraga kamu. Karena yang terpenting adalah melakukannya dengan konsisten. minimal 3-4x sekali dengan durasi 30 – 40 menit persesi sudah cukup kok.

Terakhir, kalau kamu mau tahu jenis-jenis gerakan apa yang bisa kamu lakukan untuk olahraga ringan yang bantu kamu mengeluarkan keringat, cobalah untuk melakukan gerakan berikut ini:

Squat & Plank

Mudah dan murah. Kamu bisa melakukan squat di mana saja dan kapan saja. Yang kamu butuhkan hanyalah niat dan konsistensi untuk melakukan setiap hari. Untuk variasi gerakan plank, kamu bisa baca di sini.

Peregangan

Sama seperti squat, peregangan juga tidak makan waktu dan biaya. Bahkan bisa kamu lakukan disela-sela jam kerja.

Jogging

Meski agak memakan waktu, tapi jogging bisa jadi pilihan. Tak hanya sehat buat tubuh, jogging juga bisa bantu kamu untuk merefresh otak setelah seharian bekerja atau sebelum memulai aktivitas.

Nah setelah baca artikel ini, nggak ada alasan lagi kan buat kamu untuk tidak punya waktu berolahraga!

Keep healthy and happy ya!