5 Jenis Olahraga untuk Mengatasi Stres Berat

Sudah tahu belum kalau salah satu cara untuk melawan stres adalah dengan melakukan olahraga untuk mengatasi stres berat? Yep, dengan berolahraga dan berkeringat diyakini kamu bisa melepaskan beban pikiran yang selama ini menekan kamu lho.

Sebelum kita mencari tahu apa saja kelima olahraga itu, mungkin ada baiknya kamu tahu dulu apa itu stres. Jadi stres adalah sebuah respon adaptif yang akan kamu alami saat kamu mendapatkan tekanan. Stres dapat terjadi pada saat kamu berada di luar zona nyaman sehingga membuat tubuh kamu juga merespon berbeda dengan biasanya. Nah tekanan ini bisa berasal dari dalam atau luar. Misalnya tekanan pekerjaan adalah tekanan dari luar sedangkan tekanan untuk bisa membeli rumah adalah tekanan dari dalam diri kamu.

Pertanyaan selanjutnya adalah apa saja ciri-ciri kalau kamu sedang mengalami stres?

Nah sebelum menjawab pertanyaan ini, yang kamu harus tahu adalah stres terbagi menjadi 5 tingkatan.

Tingkat pertama

Contoh: Kamu gugup dan merasakan keringat dingin pada saat akan presentasi di depan umum.

Pada tahap ini stres masih dianggap normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Dengan menenangkan diri dan tetap percaya diri, stres pada tahap ini bisa disembuhkan dengan alami.

Tingkat kedua

Contoh: Kamu putus dari pacar kamu

Tingkat kedua ditandai dengan mulai terganggunya aktivitas sehari-hari. Misalnya saat kamu menjadi tidak nafsu makan atau malas bertemu orang setelah hubungan percintaanmu berakhir. Tahap ini, kamu akan merasakan berbagai macam emosi negatif seperti marah, kecewa, sedih dan putus asa.

Biasanya saat kamu mengalami emosi negatif ini makan akan ada perubahan fisik seperti badan lesu, tidak bertenaga, jantung berdebar dan nyeri.

Tingkat tiga

Nah kalau stres ditahap dua tidak bisa kamu atasi, maka stres akan meningkat ke tahap tiga. Emosi negatif akan terus bermunculan dan akhirnya menjadi semakin parah. Tahap ini akan diawali dengan susah tidur (insomnia), dan diikuti dengan gangguan fungsi tubuh seperti gangguan asam lambung, sering buang air dan tidak bisa fokus.

Tingkat empat

Stress yang semakin parah akan membuatnya sulit diatasi sendiri dan semakin mengganggu kesehatan tubuh kamu. Tak hanya hari-harimu dipenuhi dengan emosi negatif, kamu juga akan terganggu secara kesehatan. Seperti proses kimia di otak yang akhirnya mempengaruhi fungsi kognitif tubuh.

Bila tidak segera ditangani, gejala stres ini akan menjadi depresi, serangan panik, gangguan kecemasan dan bipolar. Pada tahap ini biasanya akan muncul perasaan ingin mati agar terbebas dari rasa stres

Tingkat lima

Ini adalah tingkatan tertinggi dari stres. Pada tahap ini biasanya kamu akan menarik diri dari kehidupan sosial, tidak dapat melakukan aktivitas harian dengan baik dan merasakan kesakitan sepanjang hari.

Serem ya!

Nah biasanya kita mengalami stres tahap pertama dan kedua. Agar tidak semakin parah, salah satu cara untuk mengatasi stres adalah dengan berolahraga. Kenapa olahraga? Karena pada saat kamu melakukan aktivitas fisik maka tubuh akan memproduksi hormon endorfin. Nah hormon ini bekerja untuk melawan stres yang menyerang kamu. Selain itu gerakan yang kamu lakukan selama berolahraga akan membuat otot tubuh aktif bekerja sehingga melancarkan peredaran darah. Ditambah dengan latihan pernapasan yang dilakukan sebelum atau sesudah olahraga maka akan membuat tubuhmu menjadi lebih rileks.

Ini dia manfaat olahraga untuk membantu kamu mengatasi stress:

Menurunkan hormon depresan pada tubuh

Saat kamu stres maka tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol dan epineprin yang merupakan hormon depresan yang mampu meningkatkan energi dan tekanan darah saat tubuh mendapatkan tekanan.

Kalau kedua hormon tersebut diproduksi secara terus menerus karena kamu stres, makan akan mempengaruhi fungsi fisiologis tubuh. Menurut penelitian, cara paling efektif untuk menurunkan kadar kortisol dan epineprin dalam tubuh adalah dengan rutin berolahraga.

Meningkatkan self-efficacy

Self-efficacy adalah bentuk keyakinan atau kepercayaan diri dalam menyelesaikan dan menghadapi masalah. Dengan rutin berolahraga kamu tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh namun juga meningkatkan self-efficacy kamu terutama kalau kamu melakukan olahraga bela diri.

Buat kamu yang mau tahu, ini dia jenis-jenis olahraga untuk mengatasi stres berat

Lari

Lari adalah olahraga yang paling mudah dilakukan dan sangat cocok untuk dilakukan secara rutin. Gerakan kaki yang berulang pada kaki akan melepaskan ketegangan pada beberapa otot, menenangkan sistem saraf dan melatih pernapasan menjadi lebih baik.

Tak hanya untuk mengatasi stres, lari untuk diet juga sangat efektif. Karena kalori yang terbakar saat jogging bisa membantu kamu menurunkan berat badan yang berlebih. Untuk memulainya, lakukan aktivitas ini setidaknya 10 menit selama 2 kali dalam seminggu. Setelah dua atau tiga minggu tambahkan frekuensi dan durasi olahraga secara bertahap ya.

Yoga

Seperti yang sudah kamu tahu, yoga dikenal sebagai olahraga yang ampuh untuk melepaskan stres karena melibatkan kekuatan tubuh dan pikiran. Ketika kamu melakukan gerakan-gerakan yoga kamu dituntut untuk memfokuskan pikiran sehingga secara perlahan pikiran kamu akan menjadi lebih tenang.

Menurut penelitian, hatha yoga adalah jenis olahraga yoga yang paling cocok untuk meredakan stress karena gerakannya mudah dan berintensitas rendah.

Aerobik

Menurut The American Council on Exercise (ACE) yang bekerjasama dengan American Psychologist Association (APA), aerobik adalah olahraga yang efektif untuk mengatasi stress. Buat kamu yang mau coba, lakukanlah gerakan aerobik secara rutin minimal 5 kali dalam seminggu selama 30 menit untuk mengeluarkan perasaan positif dalam tubuh.

High-Intensity Interval Training (HIIT)

Olahraga kardio yang menggabungkan latihan intensitas tinggi dengan intensitas sedang atau rendah dalam selang waktu tertentu ini mampu untuk meredakan stress yang melanda. Kamu bisa tahu apa itu HIIT lebih detail di sini.

Kickboxing

Dengan rutin melakukan olahraga kickboxing kamu akan terbebas dari rasa stress karena olahraga ini dipercaya mampu untuk melampiaskan rasa stress. Dari sebuah survey, dihasilkan kesimpulan kalau setelah mengikuti kelas kickboxing pesertanya merasa lebih lega dan kadar kecemasan, depresi serta kemarahannya menurun secara signifikan.

Jadi kalau kamu sudah mulai merasakan tanda-tanda stres segera atasi dengan olahraga agar tidak menjadi semakin parah. Good luck!