Couple Workout: Menaikkan Massa Otot Bareng Pasangan

Februari emang identik banget dengan suasana romantis penuh cinta, tapi romantisme nggak cuma sampai kencan aja lho kamu juga bisa mulai melakukan couple workout untuk menaikkan massa otot. Yang membuat couple workout menyenangkan adalah karena kamu bisa melakukan bersama pasangan kamu. Seru banget kan!

Nah mumpung masih deket-deket sama Valentine, kali ini saya mau bahas mengenai couple workout dengan tujuan untuk menaikkan massa otot secara lengkap. Mulai dari apa saja jenis latihan yang harus dilakukan, makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi dan tips-tips lainnya.

Penasaran kan? Yuk simak selengkapnya!

Sebelum kita membahas mengenai jenis-jenis couple workout, berikut ini adalah alasan kenapa couple workout pas banget buat kamu lakukan sama pasangan kamu:

Saling menyemangati

Kalau kamu suka malas buat olahraga dan malah memilih kencan dengan pasangan, kini saatnya kamu menggabungkan antara kencan dan olahraga. Yes, dengan melakukan olahraga berdua kamu akan semakin semangat  dalam mendapatkan tubuh sehat bersama.

Saling mengingatkan

Kadang karena kesibukan sehari-hari kamu melupakan detail-detail penting saat berolahraga seperti berapa set yang harus kamu lakukan. Pasangan kamu akan mengingatkan kalau ada yang terlewatkan begitu juga sebaliknya.

Belajar berkomitmen

Ini nih yang paling penting, dengan melakukan couple workout kamu bisa belajar untuk berkomitmen berolahraga bersama pasangan. Tidak ada lagi alasan malas atau kamu ada janji kencan untuk menunda jadwal olahragamu sekarang.

Kalau udah tahu manfaat dari couple workout, sekarang saya akan masuk lebih dalam untuk menjelaskan mengenai cara-cara menaikkan massa otot dalam tubuh kamu. Kamu pasti punya pertanyaan-pertanyaan seperti apa saja yang harus kamu lakukan, jenis olahraga apa, kapan harus melakukan workout dan juga makanan serta suplemen apa yang harus dikonsumsi.

Ini yang harus kamu lakukan sebelum memulai couple workout. Yang pertama, kamu harus tahu sebelum mulai menaikkan massa otot adalah mengecek Body Mass Index (BMI) atau biasa juga disebut Indeks Massa Tubuh. Apabila BMI kamu kurang dari 18,5 maka kamu akan dikategorikan terlalu kurus dan perlu untuk menambah berat badan. Karena BMI normalnya sendiri berkisar antara 18,5-24,9 sehingga kalau BMI kamu di atas atau lebih rendah dari angka tersebut kamu harus memfokuskan tujuan workout kamu.

Lalu apa saja jenis-jenis latihan yang bisa kamu lakukan bareng pasangan?

Latihan beban

Seperti biasa, mulailah dengan pemanasan ringan seperti jogging bersama atau melakukan gerakan-gerakan pemanasan bersama. Lalu kamu bisa mulai untuk menaikkan massa otot dengan latihan beban.

Kenapa latihan beban? Karena latihan beban akan menekan serta merangsang serat otot, tentunya hal ini dapat menambah massa otot. Latihan beban terbaik untuk membangun massa otot diantaranya adalah deadlift, squat, barbell rows, bench press, bar dips dan pull-ups.

Latihan beban tersebut menargetkan otot-otot besar dalam tubuh dan membantu pertumbuhan massa otot. Sedangkan kalau kamu ingin menambah berat badan bagian atas kamu bisa memilih push up, squat untuk otot paha, standing heel raise untuk betis, sit up untuk perut dan pull up untuk lengan dan punggung.

Latihan Anaerobik

Apa sih Anaerobik? Beberapa dari kamu mungkin belum familiar dengan latihan ini. Sebenarnya latihan ini merupakan latihan beban yang prosesnya “tanpa oksigen” dengan intensitas tinggi dalam waktu yang singkat. Walau melelahkan, latihan anaerobik ini terbukti sangat efektif dalam membantu kamu menaikkan massa otot.

Pertanyaan selanjutnya adalah makanan dan suplemen apa yang harus kamu konsumsi untuk memaksimalkan hasil couple workout kamu?

Susu Whey Protein

Untuk menaikkan massa otot, yang harus kamu lakukan selain olahraga adalah dengan memenuhi kebutuhan protein. Nah susu whey protein adalah salah satu suplemen yang paling cocok untuk kamu konsumsi.

Kenapa protein, karena protein merupakan asupan paling penting untuk membangun massa otot. Jadi dengan memenuhi kebutuhan protein kamu maka akan semakin mudah juga untuk kamu dalam menaikkan massa otot.

Suplemen BCAA

Suplemen BCAA adalah kepanjangan dari Branched-chain amino acids atau disebut juga dengan Asam Amino Rantai Cabang. Apa sih manfaat dari suplemen ini? Jadi seperti yang sudah kita tahu, saat kamu melakukan olahraga berat maka tubuh akan rentan terkena cidera termasuk rusaknya sel micro otot. Kerusakan ini biasanya ditandai dengan rasa pegal badan, nyari dan penyusutan otot. Jadi untuk mencegah kemungkinan cidera dan penyusutan otot, suplemen BCAA dibutuhkan tubuh.

Mungkin kamu muncul pertanyaan, apakah BCAA sama dengan suplemen Amino? Jawabannya ada beda. Ini perbedaan BCAA dan Amino, kandungan produka amino lebih banyak mengandung protein murni dibandingkan leucine, valine dan isoleuchine. Sedangkan produk BCAA lebih banyak mengandung leucine, valine dan isoleuchine dibandingkan kandungan protein murninya.

Alpukat

Buah yang satu ini memang kaya akan protein dan lemak tak jenuh. Satu buah alpukat mengandung syarat 332 kalori, 29 gram lemak dan 17 gram serat. Selain itu juga kaya akan vitamin seperti vitamin C,E dan K. Pas banget untuk kamu konsumsi untuk menaikkan massa otot.

Daging merah

Ya, daging merah menjadi salah satu makanan wajib yang harus kamu konsumsi karena semua vitamin dan kandungan di dalamnya memiliko semua yang dibutuhkan untuk membangun otot. Misalnya leusin dan creatine yang dibutuhkan sebagai nutrisi untuk stimulasi protein otot dan pembentukan jaringan otot baru.

Selain itu daging merah juga mengandung protein dan lemak yang akan memenuhi kebutuhan untuk menaikkan massa otot. Tapi ingat ya jangan mengonsumsi secara berlebihan.

Pertanyaan terakhir nih yang mungkin pengen kamu tahu adalah kapan waktu yang tepat untuk melakukan couple workout ini?

Sebenarnya tidak ada waktu yang presisi untuk kapan kamu berolahraga, kamu bisa melakukannya pagi, siang dan malam asal tidak di bawah terik matahari. Kalau saran saya sebaiknya pilih waktu yang nyaman untuk kamu misalnya di pagi hari saat udara masih segar dan tidak terlalu panas.

Jadi kapan kamu mau mulai sehat bersama bareng pasangan?