Manfaat Olahraga Skipping untuk Cegah Kenaikan Berat Badan setelah Imlek

Imlek sudah lewat, namun sisa-sisa lemak yang berasal dari makanan-makanan lezat yang kalap dikonsumsi saat Tahun Baru China ini masih ada. Siapa yang mengalami hal ini? Jangan khawatir, yuk temukan manfaat olahraga skipping untuk bantu kamu menurunkan berat badan.

Banyak orang menggemari olahraga skipping ini karena tidak memerlukan biaya yang besar karena kamu hanya perlu menyiapkan tali sebagai rintangan saja. Namun manfaat olahraga skipping sangatlah bagus bagi kesehatan tubuh kamu. Nah sebelum membahas apa saja manfaatnya, kenalan dulu yuk sama olahraga yang satu ini.

Skipping gampangnya adalah lompat tali, semua pasti udah tahu dong sama gerakan lompat tali? Nah tapi kalau secara gerakan yang benar, berikut ini penjelasannya:

  1. Mulailah dengan berdiri tegak dengan posisi tegap seraya kedua tangan memegang ujung tali
  2. Tempatkan tali di belakang tubuh kita, posisi ini disebut sebagai posisi awalan
  3. Ayunkan tali ke depan dan melompatlah, tali yang diayunkan dijadikan sebagai rintangan lompatan
  4. Lakukan tanpa menginjak tali tersebut selama 20 kali untuk satu set
  5. Jika kamu memulai dengan 1 set setiap harinya, tambahkan secara berkala jumlah set yang kamu lakukan

Nah kalau sudah tau apa itu skipping, sekarang saatnya kamu juga tahu manfaat olahraga skipping yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan tubuh:

Menurunkan berat badan

Untuk kamu yang sedang galau karena berat badan naik setelah Imlek, skipping cocok banget buat kamu lakukan untuk mengembalikan berat idealmu. Jika kamu merasa skipping saja kurang, coba tambahkan pula gerakan jumping jack untuk memaksimalkan pembakaran lemak.

Menurut sebuah riset, kalau kamu melakukan skipping yang dikombinasikan dengan gerakan jumping jack selama satu jam, kamu akan membakar kalori di dalam tubuh hingga kurang lebih 1200 kalori. Jangan lupa untuk kombinasikan juga dengan pola makan sehat yang mengurangi konsumsi makanan berlemak.

Mengencangkan otot

Buat yang takut badannya tidak kencang setelah berat badannya turun, kini kamu tidak usah khawatir lagi. Dengan rutin melakukan skipping hasilnya otot akan semakin kencang sebagai efek dari gerakan melompat yang kamu. Terutama di otot kaki dan otot bagian bawah tubuh lainnya.

Tak hanya itu saja, efek lain dari skipping juga bagus untuk otot lengan dan bahu meski tidak semaksimal otot kaki.

Membentuk tubuh

Membentuk tubuh disi artinya adalah membentuk tubuh berotot pada bagian kaki. Otot bagian ini akan semakin kencang namun tetap ramping dan tidak berlemak pada bagian betis.

Menambah tinggi badan

Nah ini adalah salah satu trik buat kamu yang masih remaja dan dalam masa pertumbuhan. Dengan rutin melakukan skipping kamu bisa menambah tinggi badan agar semakin ideal. Menyenangkan bukan?

Meningkatkan fertilitas

Untuk ladies yang sering mengalami pola menstruasi yang tidak teratur, pas banget kalau kamu rutin melakukan skipping. Bahkan buat kamu yang memiliki masalah dalam mendapatkan keturunan, skipping juga membantu memperbaiki fungsi reproduksi sehingga memperbesar kemungkinan untuk meningkatkan fertilitas.

Mencegah osteoporisis

Tak hanya memperkuat otot, dengan rutin melakukan skipping kamu juga mampu mencegah kemungkinan terkena osteoporosis di kemudian hari. Ya penyakit yang terjadi karena kerapuhan atau pengeroposan tulang ini memang sangat rawan menyerang siapa saja. Nah dengan rutin melakukan skipping maka kualitas dan kepadatan tulang kamu akan terjaga sehingga mengurangi kemungkinan terkena pengeroposan tulang.

Meningkatkan kinerja otak

Pada dasarnya, skipping adalah kombinasi antara irama gerakan lompatan dan ketepatan waktu dalam melewati rintangan berupa putaran tali. Hal ini berarti membuat otak bekerja lebih cepat dan tepat dalam mengkalkulasi gerakan melompat dan berulang.

Hasilnya, kamu melatih otak menjadi terbiasa untuk bekerja dengan cepat dan tepat. Koordinasi tubuh yang baik, kemampuan gerak reflek dan keseimbangan tubuh pun akan semakin terlatih.

Nah itu dia beberapa manfaat olahraga skipping yang bisa kamu dapatkan. Namun seringkali kamu dengar mitos yang mengatakan kalau lompat tali berbahaya untuk perempuan. Bahkan dampak buruk dari lompat tali yaitu menurunkan rahim perempuan. Apakah hal tersebut benar?

Yuk kita bahas!

Jadi menurut berbagai study, penurunan rahim tidak disebabkan oleh lompatan dari skipping namun biasanya penurunan rahim disebabkan karena kelainan pada jaringan penyokong kandungan. Kelainan ini bisa berasal dari tumor atau virus.

Jadi kamu para ladies, jangan khawatir ya untuk berolahraga skipping atau gerakan jumping jack. Saatnya pangkas lemak sekarang juga dengan rutin melakukan skipping secara teratur.

Gong xi fa cai!