Kurang Tidur, Sebaiknya Olahraga atau Tidak?

Selain berdiet, untuk mendapatkan berat badan yang ideal harus diimbangi dengan olahraga yang teratur. Olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari antara pukul 06.00 – 09.00 pagi bila kamu ingin melakukan olahraga outdoor di luar karena udara yang masih segar dan cuaca yang belum terlalu panas. Selain itu olahraga di pagi hari sangat bagus karena dapat menaikan metabolisme atau sistem pembakaran di tubuh kita seharian. Namun seringkali masalah yang terjadi adalah kurangnya waktu tidur kita.

Nah pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah, jika kamu kurang tidur, sebaiknya berolahraga atau tidak? Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Warwick, disebutkan kalau berolahraga setelah begadang atau kurang tidur ternyata sangat berbahaya bagi tubuh kamu. Dari penelitian ini, bahaya olahraga jika kamu kurang tidur adalah tingginya risiko terserang penyakit jantung atau terkena kematian mendadak berkaitan dengan serangan jantung. Bahkan untuk risiko kematian mendadak karena serangan jantung bisa meningkat hingga 50%.

Tak hanya risiko terkena serangan jantung saja, memaksakan diri untuk berolahraga padahal kamu tidur kurang dari 6 jam dalam sehari juga meningkatkan risiko terkena penyakit stroke. Lebih lanjut, menurut pakar kesehatan, dr. Andreas Prasadja dari RS Mitra Kemayoran, Jakarta Pusat menyebutkan jika dengan kurang tidur kamu berolahraga maka tubuh akan mengalami peradangan. Nah peradangan ini akan meningkatkan berbagai masalah kesehatan kronis seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, obesitas dan diabetes jika dilakukan terus menerus dalam jangka waktu lama.

Kurang tidur menyebabkan daya tubuh kamu menurun drastis, sehingga jika dengan kondisi tubuh yang lemah kurang bijak kalau kamu memaksakan diri untuk berolahraga. Apalagi olahraga yang membutuhkan energi yang cukup banyak.

Lalu apa yang harus kamu lakukan untuk tetap sehat dan bisa berolahraga jika malam sebelumnya kamu kurang tidur atau malah begadang?

kalau kamu mengalami kurang tidur dan harus memilih antara melanjutkan tidur atau berolahraga sebaiknya kamu memilih untuk tetap tidur dan beristirahat. Menurut dia, meskipun olahraga penting namun mendapatkan waktu tidur yang cukup jauh lebih penting untuk kesehatan kamu.

Lebih lanjut, Anna Kaiser juga menjelaskan kalau kamu hanya mendapatkan waktu tidur selama 5 sampai 6 jam atau kurang dalam sehari, sebaiknya kamu tidak melakukan olahraga terlebih dahulu.

Tak hanya Anna Kaiser, pendapat serupa juga diungkapkan oleh seorang pakar kesehatan dari University of Pittsburgh bernama Christopher Kline. Menurut beliau, sebaiknya kamu memprioritaskan waktu tidur 7 hingga 8 jam sehari sebelum berolahraga. Karena dengan waktu tidur yang cukup, kesehatan jantung akan terjaga jauh lebih baik dan lebih sehat.

Selain masalah kesehatan, apalagi sih bahaya melakukan olahraga setelah begadang atau kurang tidur? Mari cari tahu di bawah ini!

Olahraga menjadi tidak efektif

Selain masalah kesehatan, menurut studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Occupational Medicine and Environment Health, kurang tidur menyebabkan turunnya fungsi kognitif tubuh dalam melakukan berbagai aktivitas termasuk olahraga. Akibatnya, kamu akan sulit berkonsentrasi dan mudah hilang keseimbangan. Hal inilah yang membuat olahraga menjadi tidak efektif

Menurunkan imunitas tubuh

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kurang tidur menyebabkan turunnya sistem kekebalan tubuh kamu. Lagi-lagi hal ini akan berdampak dengan munculkan berbagai macam penyakit seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Lalu apa solusinya?

Solusinya, untuk kamu yang ingin tetap berolahraga, sebaiknya tidurlah dengan teratur selama 7 hingga 8 jam. Atau jika kamu terpaksa harus begadang atau kurang tidur, sebaiknya beristirahatlah dulu dan lewati waktu olahraga di pagi hari. Sebagai gantinya, kamu bisa mengalihkan waktu olahraga menjadi sore hari saat kamu sudah mendapat tidur yang cukup sehingga badan sudah lebih bugar dan fit. Hal ini sangat penting untuk menghindari risiko terkena masalah kesehatan yang lebih berbahaya. Ingat olahraga yang baik itu adalah yang bisa kamu lakukan secara konsisten minimal 2x seminggu dan bila kamu bukan morning person lakukan olahraga di sore pun tidak apa – apa kok

Lalu olahraga apa saja yang bisa kamu lakukan di sore hari? Simak yuk!

Jogging

Yep, jogging adalah salah satu olahraga yang bisa jadi pilihan untuk dilakukan di sore hari. Dengan track yang sangat fleksibel karena bisa dilakukan di sekitar rumah, di stadion atau juga di gym dengan bantuan treadmill, kamu bisa berkeringat dan menjadi lebih sehat.

Bersepeda

Sama dengan jogging, bersepeda juga bisa jadi pilihan untuk berolahraga pada sore hari. Setelah matahari tidak terlalu terik, sekitar pukul 16.00 kamu bisa bersepeda mengelilingi kompleks perumahan atau menggunakan sepeda statis baik di rumah atau di gym.

Berenang

Setelah mendapatkan waktu tidur yang cukup, berenang bisa jadi pilihan kamu untuk berolahraga di sore hari. Badan sudah bugar sehingga kamu akan lebih bersemangat untuk berenang. Tak hanya baik untuk menurunkan berat badan, berenang juga baik untuk membentuk postur tubuh kamu dan menjaga pernapasannya.

Basket

Untuk kamu yang menyukai olahraga basket, ini bisa jadi salah satu olahraga yang kamu lakukan di sore hari. Apalagi kalau kamu melakukannya bersama dengan teman atau tim basketmu.

Gym

Kamu juga bisa berolahraga di dalam ruangan , disini pun kamu berlatih angkat beban atau treadmill sambil nonton. Tapi tidak seperti jenis olahraga / kardio di atas yang bisa kamu lakukan di luar yang bisa kamu lakukan dengan instan. Pola latian di gym itu agak sulit karena kamu akan bingung menentukan alat yang mana , belum lagi beban , repetisi atau set nya. Tapi seperti yang selama ini selalu saya bilang. Olahraga yang terbaik adalah 70% angkat beban dan 30% kardio bila kamu ingin hasil yang cepat dan efektif
Selain beberapa pilihan olahraga lain, masih banyak lho jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di sore hari. Kalau masih bingung kamu bisa langsung berkonsultasi dengan Alvin, Personal Diet Planner yang akan membantumu untuk sehat dan bugar dalam mendapatkan berat badan ideal!