6 Olahraga Sederhana bagi Si Super Sibuk

Untuk tetap sehat meski dikejar berbagai macam pekerjaan, kami punya solusi rekomendasi olahraga sederhana bagi si super sibuk. Ingat sesibuk apapun kamu tetap usahakan kesehatan dibanding pekerjaan. Karena uang bisa dicari tapi kesehatan tidak bisa di beli. Pilihan olahraga di rumah, olahraga di kantor dan bahkan olahraga saat macet berikut ini wajib kamu ketahui.

Simak yuk apa saja jenis-jenis olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan dan bahkan mengecilkan perut berikut ini!

Yang disebut olahraga sederhana di sini adalah aktivitas ringan seperti berjalan, bergerak aktif atau secara konstan melakukan gerakan-gerakan fisik seperti latihan kardio ringan. Namun sebelum memulai latihan, pastikan kamu melakukan terlebih dulu hal-hal berikut ini;

Minum air putih

Konsumsi air putih sangat penting sebelum kamu beraktivitas. Minum minimal 3 gelas air putih untuk menghindari dehidrasi akibat gerakan olahraga ringan

Pilih waktu saat pagi hari

Pagi hari adalah waktu yang sangat tepat untuk melakukan olahraga sederhana di rumah. Karena di pagi hari udara masih segar dan baik untuk paru-paru. Tak hanya itu suhu yang masih pas, tidak terlalu dingin namun belum panas juga sangat baik untuk tubuh kamu.

Nah untuk olahraga sederhananya sendiri, bisa berupa beberapa pilihan di bawah ini;

Jalan

Berolahraga di rumah? Bisa! Ada banyak pilihan untuk berolahraga di rumah lho, salah satunya jalan kaki menjadi salah satu olahraga sederhana bagi si super sibuk. Sebuah studi menyatakan kalau jalan kaki rutin memiliki manfaat yang setara dengan berolahraga secara rutin di gym lho!

Pilihan berjalan kaki juga beragam. Mulai dari berjalan mengelilingi perumahan, berjalan dari parkiran ke kantor atau juga naik turun tangga selama di rumah dan di kantor.

Peregangan

Selama beraktivitas, jangan lupa untuk melakukan peregangan ringan baik itu di rumah, di kantor atau di tengah kemacetan. Berikut ini contoh olahraga saat macet:

  1. Rentangkan tangan ke atas kepala dan arahkan ke kiri selama 10 detik, lalu ke kanan dengan durasi yang sama. Ulang minimal sebanyak 3 kali
  2. Untuk meredakan ketegangan leher karena harus menyetir dan terjebak macet berjam-jam, kamu bisa menganggukan kepala keatas dan kebawah secara bergantian atau memutar dengan perlahan
  3. Jika memungkinkan, arahkan ujung jari tangan ke ujung jari kaki dalam posisi duduk dengan kaki lurus
  4. Untuk meredakan ketegangan pada punggung, kamu bisa coba gerakan sederhana seperti memeluk tubuh sendiri dan menempatkan tangan kiri di pundak kanan, tangan kanan di pundak kiri. Tahan posisi tersebut selama 10-15 detik lalu lepaskan perlahan
  5. Jika kamu sudah sampai tujuan, keluarlah dan rentangkan kaki selebar bahu, lalu membungkuk dan mengarahkan kedua tangan untuk meraih ujung jari pada salah satu kaki secara bergantian. Pada saat tangan menyentuh ujung kaki, tahan posisi sampai sekitar 10-15 detik

Push up

Push Up adalah salah satu latihan yang bisa kamu lakukan baik di rumah maupun di kantor. Jika kamu akan melakukannya di rumah, bangun tidur atau sebelum tidur adalah saat yang tepat. Untuk kamu yang malas bergerak (mager) kamu bisa melakukannya di atas kasur. Menurut riset, Β push up selama 60 detik di atas tempat tidur sangat baik untuk tubuh kamu karena permukaan tempat tidur tidak seimbang sehingga tenaga yang kamu keluarkan pada saat push up lebih besar daripada saat kamu melakukannya di lantai.

Selain di rumah, push up juga bisa dilakukan di meja kerjamu. Caranya adalah dengan berdiri beberapa langkah di depan mejamu, rapatkan kaki. Letakkan telapak tangan di tepi meja, beri jarak selebar bahu seperti kalau kamu akan melakukan push up di lantai. Bawa dadamu turun ke dekat sisi meja seperti gerakan push up di lantai. Ulangi gerakan ini sebanyak 20 kali.

Kardio ringan

Saat kamu sibuk di kantor, ada beberapa latihan kardio ringan yang bisa kamu lakukan untuk menjaga stamina tubuh. Simak yuk apa saja!

  • Melayang di atas kursi

Cara untuk melakukan olahraga sederhana di kantor ini adalah dengan duduk bersila di atas kursi. Letakkan kedua tangan di masing-masing pegangan tangan. Tahan perut dan angkat tubuhmu beberapa senti dari atas kursi menggunakan kekuatan otot perut, lengan dan tangan. Tahan selama 10-20 detik kemudian turun. Ambil jeda selama 30 detik, kemudian ulangi gerakan tersebut hingga 5 kali

  1. Invisible chair

Latihan kardio selanjutnya adalah invisible chair. Caranya adalah dengan berdiri di depan kursi dengan kedua kaki terbuka selebar pinggang. Letakkan tangan di pinggang dan turunkan tubuhmu hingga beberapa senti di atas kursi. Kemudian duduklah perlahan-lahan. Ulangi gerakan ini sebanyak 20 kali.

Nah setelah melakukan berbagai olahraga sederhana ini, pertanyaan selanjutnya adalah berapa lama total waktu yang sebaiknya dilakukan untuk olahraga ringan?

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu saja ada durasi ideal yang harus terpenuhi untuk melakukan berbagai olahraga ringan tersebut. Β Bila bisa usahakan durasi olahraga kamu minimal 30 – 60 menit di setiap sesi nya. Olahraga minimal 30 menit Per Hari , dapat menaikan metabolisme kamu yang dimana nanti nya bisa membuat berat badan kamu stabil atau ideal.

Saya tapi sibuk banget tidak bisa olahraga bagaimana ya?

Seperti yang saya jelaskan di atas , kesehatan tidak bisa di beli tapi pekerjaan atau uang selalu bisa dicari. Saran saya , soal kesibukan itu adalah masalah pribadi ada dan bagaimana Time Management anda, pastikan anda selalu mengatur waktu untuk menjaga kesehatan, meluangkan waktu bersama keluarga baru ke pekerjaan. Olahraga itu tidak harus ke gym , bila pola latiannya benar , dari rumah juga bisa kok. Yang penting konsisten saja seminggu bisa minimal 2-4x . Hari dan jam bebas jadi benar benar 100% flexible. Masih bilang sibuk ? walaupun kita bisa flexible.

Regards

Your Personal Trainer & Nutritionist

Alvin Hartanto