8 Pilihan Latihan Kardio untuk Mengecilkan Perut

Latihan kardio menjadi salah satu solusi untuk mengecilkan perut buncit kamu. Dengan latihan kardio yang rutin, kamu bisa mendapatkan perut rata impian. Lalu pertanyaan selanjutnya adalah, jenis olahraga kardio apa yang tepat untuk mengecilkan perut buncit? Nah melalui artikel ini mari kita cari tahu apa saja jenis olahraga kardio yang bisa kamu lakukan untuk memangkas habis lemak di perut.

Olahraga lari

Olahraga yang murah dan mudah dilakukan ini ternyata mempunyai manfaat yang sangat besar untuk mewujudkan perut rata impianmu. Lari menjadi salah satu olahraga kardio untuk mengecilkan perut yang bisa kamu lakukan.

Tantangan terbesarnya tentu saja niat dan konsistensi kamu untuk rutin melakukan olahraga yang satu ini. Saran saya, pilih waktu lari secara konsisten misalnya pada pagi atau sore hari dengan track lari yang beragam sehingga kamu tidak cepat bosan. Jangan lupa juga siapkan headset dan playlist untuk membuat kamu semangat berlari.

Walaupun terlihat sepele, lari ternyata mampu membakar kalori dan meningkatkan stamina tubuh kamu lho. Jadi tunggu apa lagi? Yuk mulai biasakan untuk rutin lari!

Olahraga dengan Elliptical Trainer atau Cross Trainer

Dengan bantuan alat, Elliptical Trainer atau Cross Trainer adalah salah satu alat untuk latihan kardio di rumah atau di gym. Menggunakan alat ini bisa membantu kamu untuk membakar 500 kalori per jam menggunakan speed sedang.

Apa kelebihan dari Elliptical Trainer? Tentu saja kemampuannya untuk mengecilkan perut tanpa harus menyakiti sendi terlalu dalam. Karena berbeda dengan Treadmill, Elliptical Trainer atau Cross Trainer cenderung melatih seluruh bagian tubuh kamu, tidak hanya bagian kaki saja.

Bersepeda

Kalau kamu tipe yang mudah bosan melakukan kardio di rumah, bersepeda bisa menjadi salah satu solusi membakar lemak dan mengecilkan perut dengan cara menyenangkan. Tak hanya mampu mengikis lemak, bersepeda juga baik untuk meningkatkan stamina, memperkuat otot kaki dan pernapasan kamu.

Nah jika kamu ingin bersepeda di luar, waktu paling tepat untuk melakukan kardio adalah pada pagi mulai jam 06.00 – 09.00 adalah pilihan yang tepat. Paparan sinar matahari pada jam itu kaya akan Vitamin D yang baik untuk tulang. Namun, hindari bersepeda pada jam 09.00 – 15.00 ya, karena paparan sinar mataharinya terlalu terik sehingga bisa membuat kamu dehidrasi.

Jika kamu tak sempat bersepeda di luar, pilihan alat sepeda statis juga bisa dicoba. Karena faktanya, bersepeda atau menggunakan sepeda statis selama 1 jam akan membantu bakar kalori hingga 1.200 kalori.

Skipping

Mengandalkan diet saja untuk menurunkan berat badan tidak cukup, dengan olahraga ringan menurunkan berat badan kamu semakin maksimal. Skipping adalah salah satu olahraga kardio yang bisa kamu lakukan di rumah.

Cara yang paling mudah untuk mendapatkan hasil yang maksimal adalah dengan melakukan skipping selama 1 menit, kemudian ambil jeda selama 20-30 detik dan ulangi lagi 5 sampai 10 kali. Skipping menjadi salah satu olahraga kardio untuk diet yang sangat efektif dalam membantu kamu mendapatkan perut rata.

Berenang

Tak suka berkeringat? Yep, berenang menjadi salah satu olahraga kardio untuk mengecilkan perut yang paling cocok untuk kamu. Karena tidak hanya membantu mendapatkan postur tubuh yang ideal, berenang juga mampu membakar lemak hingga 14 kalori setiap menitnya.

Dibandingkan latihan kardio yang lain, berenang menjadi salah satu olahraga yang aman untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Naik turun tangga

Tidak sempat olahraga di luar atau pergi ke gym? Tenang, naik turun tangga bisa jadi salah satu alternatif olahraga kardio di rumah. Dikutip dari GQIndia.com, naik turun tangga selama 1 jam mampu membakar lemak hingga 600 kalori pada kecepatan sedang.

Namun jangan lupa diperhatikan, latihan ini menempatkan banyak tekanan pada lutut sehingga kamu harus berhati-hati juga saat melakukannya.

Kardio menggunakan Kettlebells

Salah satu alat yang bisa kamu pilih jika ingin mengecilkan perut adalah dengan olahraga kardio menggunakan Kettlebells. Latihan ini mampu membakar hingga 20 kalori per menitnya. Dengan menggerakkan Kettlebells secara konstan namun tidak terburu-buru, kamu akan merasakan manfaat dari alat ini.

Untuk hasil yang terbaik, kamu bisa menggerakkan Kettlebells dengan intensitas tinggi selama 40-50 detik, kemudian lanjutkan dengan menurunkan intensitasnya selama 20-30 detik. Ulangi gerakan tersebut 5-7 kali setiap harinya.

Mengecilkan perut menggunkan metode High Intensity Interval Training (HIIT)

Sebenarnya, salah satu konsep dasar dalam latihan kardio untuk mengecilkan perut adalah menggunakan latihan interval atau yang biasa juga disebut High Intensity Interval Training (HIIT). Metode latihan dengan konsep HIIT ini mampu membakar hingga 500-1.200 kalori per jamnya.

Inti dari metode ini adalah dengan melakukan latihan kardio secara cepat sebentar, beri jeda dan lakukan lagi dengan intensitas yang lebih pelan. Contoh dari penerapan metode HIIT ini dapat kamu lakukan pada saat olahraga lari atau olahraga menggunakan alat seperti Elliptical Training, Kettlebells, sepeda dan lain sebagainya.

Sebaiknya, saat mengaplikasikan metode HIIT kamu didampingi oleh trainer karena latihan kardio bisa berpotensi cedera. Jadi meskipun olahraganya terkesan ringan, namun untuk mendapatkan hasil dalam mengecilkan perut secara maksimal, trainer atau orang yang sudah profesional akan membantumu mencapai target dan terhindar dari cidera. Kalau kamu masih bingung dalam menentukan latihan kardio untuk mengecilkan perut, kamu bisa berkonsultasi dengan personal diet planner, yuk klik di sini untuk tahu selengkapnya.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mencapai target mengecilkan perut. Good luck!