Genetik Gendut dan Tidak ada bakat diet untuk kurus

“Huh, sudah coba diet inilah, itulah berat stagnan-stagnan aja”

“Bro gimana ya, saya sudah rajin bener gym, ikut event lari-larian, trus ikutan boxing + muaythai lagi. Kok ya badanku tetap melar gini ? gimana dong ?!”

“Uangku dah kempes nih cobain macem-macem produk diet, ditambah suplemen lagi. Marketingnya bilang turun 10kg per minggu, lah kok ya stagnan, awal-awal turun sih”

Lalu diakhir kalimat mereka semua keluarin MANTRA yang sama “ UDAH AH, SEPERTINYA SAYA MEMANG GAK BAKAT DIET !”
Benarkah pernyataan seperti itu? Seriously ? Benarkah diet untuk menurunkan berat badan butuh BAKAT ?

Saya berikan perumpamaan ya. Diet itu sama persis seperti LARI atau JOGGING. Butuh BAKAT ? TIDAK SAMA sekali. Tetapi mampukah kita bangun lebih awal untuk ber-lari  ketika Keluarga, teman, bahkan Pacar kita sedang asik-asiknya tidur pulas ?
Berapa banyak dari lingkungan kamu yang sering bilang “ Besok pagi-pagi mau bangun lebih awal deh, biar bisa lari pagi kurang olahraga soalnya” ? Sekarang coba amati berapa banyak yang benar-benar melakukannya? Dua orang? Atau bahkan gugur semua di hari pertama karena ngantuk?

Setiap orang dapat berlari, bahkan sejak balita kita sangat suka dengan berlari. Perhatikan balita yang berlari , lalu jatuh, dan dia tertawa. Aneh ? Memang tapi dia menikmatinya. Apakah balita itu membutuhkan  BAKAT untuk kakinya bisa berlari ? TIDAK SAMA sekali teman-teman.

Diet dan Lari adalah dua hal yang sama bagi saya, aktivitas yang SEDERHANA tapi untuk dikatakan mudah tentu tidak ! Keduanya tidak membutuhkan BAKAT . Disiplin dan dinikmati adalah kunci utamanya. Kenapa perlu dinikmati? Karena diet yang baik adalah yang menciptakan rasa enjoy, bahkan kita tidak sadar kalau sedang diet terutama kalau tujuannya menurunkan berat badan.

Sekarang saya berikan TRIK-TRIK JITU untuk mulai memiliki BAKAT diet

PERTAMA !

Buang Mindset yang salah mengenai diet yang bakalan bikin hidupmu menderita bahkan merasa mau mati. Kenapa ? Karena ketika pola pikir kalian saja sudah tertanam hal yang salah, sudah pasti Pola Diet kalian akan ikut-ikutan salah.

Buktinya?
Coba kamu berpikir sejenak, kenapa dirimu dan lingkungan sekitarmu masih enggan untuk memulai diet padahal perut sudah melar kemana-mana? Jawabannya karena kalian sudah Takut / Trauma duluan sebelum memulai. Penyebabnya? Mindset yang salah mengenai diet tentunya.

Tipsnya pilih lah satu sumber yang kalian anggap memang baik dalam mengajarkan pola diet. Contohnya? Thefamoussfitnessplan.com jawabannya, bukan berarti kalian tidak boleh belajar dari tempat lain ya. Tetapi jika kalian sudah mencoba pola diet dari satu sumber, cobalah untuk konsisten dan lihatlah bagaimana hasilnya pada tubuh kalian.

Jika berhasil lanjutkan saja, tanpa perlu pusing-pusing comat-comot berbagai pola diet dari sumber lain. Sekali lagi, konsistenlah pada satu sumber dan pola diet agar kalian tidak bingung lalu jadi takut untuk memulai diet. Karena pola diet di internet  banyak banget dan membuat kita jadi takut karena cemas kalau pola diet yang dipilih tidaklah se-efektif pola diet lainnya.

KONSISTENLAH pada satu diet yang benar-benar WORKS untuk tubuh kalian. Bingung cari sumber yang tepat? Kalau kalian membaca artikel ini , berarti jalur kalian sudah baik.

 

 

 

 

KEDUA !

Memiliki target boleh, tetapi saya sarankan jangan terlalu jauh ke-depan. Loh bukannya diet untuk jangka panjang, kok ga boleh dipikirkan sampai jauh ke depan?

Begini teman-teman, dari hasil amat-mengamat saya selama ini orang-orang yang baru mulai diet itu MULUK-MULUK pakek BANGET. Sering dengar “ Okay, target saya turun 25kg bagaimana pun caranya”, “Saya bakalan bangun pagi dan lari 2 jam selama 6 bulan ke depan” dan “Mulai detik ini sampai tahun depan saya bakalan konsisten makan CLEAN dan masak sendiri”.

Apa efek yang ditimbulin dari target muluk-muluk dan terlalu jauh ke depan seperti itu? BEBAN MENTAL tentunya. Target yang terlalu muluk-muluk akan membuat kita merasa capek dan terbebani ketika melakukan sesuatu. Efeknya? Dietnya tidak akan bertahan lama.
Misalkan hari pertama kita berkobar-kobar, hari kedua masih semangat, hari ketiga MERDEKA, sampailah hari ke-8 ketika kita tumbang.

YO-YO diet bisa terjadi !

Sharing ya, dulu saya punya teman gemuk banget, dia daftar 6 bulan gym langsung lalu apa yang terjadi? Dia hanya masuk ke Gym tersebut 2 kali. Rugi apa saja? UANG,WAKTU DAN ketahuan deh tidak konsistennya.

Saran saya, mulailah menetapkan target untuk seminggu atau bahkan beberapa hari ke depan. Misalkan, “besok saya mau lari 30 menit tetapi besok 35 menit”, “ Okayyyy, 3 hari ini kalori saya udah bener dan turun beratnya. 7 hari ke depan saya mau belajar diet lebih baik lagi”.

Sesederhana itu teman-teman, biar kalian juga tidak merasa seperti sedang diet menurunkan berat dan terpenting BEBAN MENTAL nya tidak berat ! Jadi kalian bisa konsisten.

Terkadang goal kalian itu terlalu tidak realistis sehingga untuk memulai nya saja jadi tidak mungkin .Kalian boleh punya goal jangka panjang  , seperti misalnya mau turun 20 kg. Tapi kalau bisa tidak perlu di targetkan . Kenapa ? karena kita akan menjaga pola makan sehat dan olahraga seumur hidup kita. Tentu kita ingin menjaga kesehatan kita seumur hidup kan ?

Karena sehat itu cuma bisa di jaga bukan di beli ! Karena itu di jalankan saja secara konsisten nanti penurunan berat badan 20 kg itu pasti tercapai kok

The Famous Fitness Team

Alvin Hartanto & Yohan Chowindra

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s