7 KESALAHAN UTAMA YANG PALING SERING TERJADI SAAT DIET ATAU FAT LOSS

Beberapa kesalahan yang harus kamu tahu saat ingin memulai perjalanan diet atau fat loss kamu agar tidak terjebak sampai sampai tidak ada hasilnya.

Sebenarnya sudah banyak orang yang ingin transformasi. Mereka mencoba melakukan sesuatu agar mereka bisa. Tapi, ternyata menurut sebuah survey 98% orang gagal merealisasikannya. Kenapa?

Istilalahnya dari 100 orang yang ingin memulai diet 98 orang nya gagal ?!  Awalnya Saya bingung, kenapa angka ini begitu besar. Karena saya saja bisa membantu mensukseskan ribuan orang !

Tapi, setelah diperhatikan lagi, ternyata ada pola tertentu yang tanpa sadar orang yang gagal tersebut lakukan berulang-ulang, kesalahan ini begitu menjebak . Apa saja polanya?

KESALAHAN NO 1 : GAMPANG MENYERAH DAN BERHENTI 

Ini yang paling sering. Terutama ketika merasa stuck atau hasilnya tidak sama seperti orang lain. Misal turunnya lebih sedikit. Atau tidak sama turunnya dengan yang lalu. Misalnya bulan ini 3 kg turun , bulan depan cuma 1 kg lalu stop ! Penurunan berat badan memang pasti semakin sedikit karena kadar lemak nya kan semakin sedikit juga.

BIla kamu 100 kg dan bisa turun 10 kg sebulan, apakah saat 50 kg kamu bisa turun 10 kg lemak saja ? tentu tidak bisa ! Pasti ada berat yang baik seperti otot juga turun ! Karena komposisi kadar lemak di tubuh kamu sudah jauh berkurang ! Jangan pernah membandingkan hasil kamu dengan orang lain , karena tubuh kalian pada dasarnya sudah 100% berbeda !

Dan wajar bila timbangan kamu turunnya berubah berubah setiap bulan, hidup tidak semudah hitungan matematika yang ingin turun 10 kg, target 3 kg sebulan , ya dalam 3 bulan bisa deh pasti karena dalam bulan ini saja tercapai kok targetnya !

Terus dalam 2 bulan lagi kan banyak faktor lain yang menentukan, pola olahraga masih bisa sama / efektif / konsisten untuk 2 bulan kedepan  ?ada acara atau liburan kah 2 bulan kedapan dan lain lain.

KESALAHAN NO 2 : TIDAK ADA TUJUAN YANG JELAS

Tujuannya sering kali nggak jelas. Nggak spesifik. Termasuk tidak punya plan yang jelas. Makannya tidak kemana-kemana. Padahal, proses sangat perlu detil. Seperti ingin tiba tiba diet saja karena abis ngaca semalam, terus besok hilang sudah kobaran api nya. Padahal tujuannya harus jelas ! bila ingin berubah harus commit ! Jadi tidak membuang buang waktu !

KESALAHAN NO 3 : INGIN HASIL YANG CEPAT

Orang yang gagal sering berharap segalanya terjadi cepat. Makannya pelangsing itu laris banget. Fad diet atau diet ala-ala bisa populer banget. Padahal berbahaya. Diet Detox, diet golongan darah ,  diet GM , diet orang operasi dan beberapa diet atau suplemen yang begitu banyaknya sampai aku gak bisa sebutkan satu persatu satu ! Diet itu simple cuma mulai menjaga pola makan dan latihan kok ! gak pakai suplemen atau metode metode khusus juga bisa ! dan tidak ada yang pola diet lebih superior dari pola diet yang lain !  Seperti diet GM hasilnya bisa lebih cepat ?! Padahal diet itu saja 100% salah , sangat rendah kalori dan merusak tubuh !

KESALAHAN NO 4 : PERCAYA SAMA TIMBANGAN

Orang yangng gagal sering terobsesi dengan angka timbangan. Terutama tanpa mindset yang tepat. Bukan cuma tinbangan, mereka yang gagal terobsesi dengan goal, bukan proses. Dari pada soal timbangan kamu harusnya ngaca ! gimana perubahannya yang kamu lihat dengan mata kamu ?  apakah beratnya sama tapi baju dan celana yang gak maut dulu sekarang muat ?! itu bagus tandanya !  ada berat otot yang naik dan berat lemak yang turun !

BErat itu ada banyak di tubuh kita dan timbanganya cuma mentotalkan saja jumlahnya ! Jadinya jangan suka terpatok timbangan ! Saran aku focus pada meteran dan penampilan di kaca saja !

KESALAHAN NO 5  : GAK PERCAYA BISA BERUBAH
Mindset dan kepercayaan kamu bisa menentukan hasilnya ! Pastikan pola diet dan olahraga sudah berasal dari informasi atau sumber orang yang tepat ! Kamu pun jadi yakin untuk menjalankannya dengan jangka panjang ! Seperti informasi dari website ini misalnya !

Tapi kalau informasi nya tidak jelas asal usulnya, kamu tentu jadi tidak percaya sama metode nya ketika terjadi sesuatu dan jadi gampang menyerah kan !?

KESALAHAN NO 6 : IKUT IKUTAN DIET ATAU METODE ORANG LAIN

Bukan cuma ikut-ikutan tapi fanatik tanpa dasar. Bukan cuma diet tapi juga program latihan. Semua kopas. Padahal setiap orang memiliki titik point yang memulai berbeda dan goal nya juga berbeda ! Banyak yang suka mendengar temanya sukses pakai cream untuk fat loss , lalu ikutan beli tanpa asal usul yang jelas !?

Padahal bisa saja teman kamu sebenarnya diet cuma karena malu mengakui bilangnya pakai cream ?! Kita semua tau fat loss itu terjadi dari dalam tubuh bukan dari luar !

Berikut adalah kesalahan kesalahan yang bisa membantu kamu menghindari jebakan jebakan saat diet dan ingin transformasi. Good luck ya !
By the way,  kalau Kamu pernah kena jebakan yang mana? Ceritakan di kolom komentar ya!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s