2 KESALAHAN FATAL SAAT DIET YANG HARUS KAMU KETAHUI

Topik artikel kali ini ditulis dengan tujuan menghindarkan kalian dari kesalahan-kesalahan diet fatal yang dulu pernah aku lakukan

Melihat kembali ke-belakang, perlu untuk  bertanya pada diri sendiri apa sih penyebab utama dari kebiasaan melakukan kesalahan diet?  Menurut pengalaman penulis, semua itu karena kita “TIDAK SABAR” dalam menjalani proses diet. Ingin menurunkan berat badan dengan super cepat ! INSTAN !

Sebelum paham dan menjalani pola diet dengan benar, penulis sendiri pernah tertipu dengan berbagai tips dari teman/media, pola diet apalagi mitos-mitos mengenai diet.
Jadi kalau kalian juga melakukan kesalahan yang sama, jangan menyalahkan dirimu! It’s NORMAL !

Normal? Alasannya ? Karena kita hidup dalam masyarakat dan media dimana banyak  berita beredar yang menyatakan untuk mendapatkan apa yang diinginkan pada detik ini dengan kata lain instan.
Banyak yang tidak sabar dan menginginkan fisik yang diidam-idamkan secepat mungkin, jadi kita bisa kembali pada kebiasaan serta gaya yang dahulu dan nyaman.

Tentu melakukan diet dengan mengejar angka timbangan turun  secepat-cepatnya ada banyak konsekuensinya. Sebagian besar orang yang melakukan ini (termasuk saya sendiri dulu) tidak akan  berakhir mencapai tujuan fisik/berat badan yang diinginkan, malah berat badan akan lebih buruk daripada sebelumnya.

Faktanya ketika sudah mencapai berat badan yang ideal tentu kita tidak bisa kembali lagi ke pola / kebiasaan gaya hidup kita yang dahulu. Kenapa?  Mari kita paparkan :

*SEBELUM DIET:

Misalkan JONI dulu memiliki berat 85kg

– Setiap hari mengkonsumsi minuman berkalori (soda,frappe,jus buah susu dll) ,
-Makan pagi dengan roti 3 lembar + selai cokelat nuttella
– Siangnya nasi padang lauk paru+ayam bumbu rendang (porsi tidak terkontrol)
-Lalu dimalam hari keluar makan bersama teman menyantap nasi dan penyetan.

TOTAL : estimasi 3500 kalori (belum termasuk cemilan)

Wah, jika kita perhatikan kalori dari makanan dan minuman tersebut tentu melebihi batas kalori harian yang kita butuhkan. Belum lagi ditambahkan cemilan-cemilan yang kita tidak sadari padahal kalorinya cukup besar.

*SETELAH DIET:

JONI telah berhasil menurunkan 10kg dari berat badannya menjadiu 75kg. Apakah setelah berhasil menurunkan berat badan Joni diperbolehkan kembali ke gaya/kebiasaan hidup seperti dulu?
IT’S A BIG NO!

Joni tentu harus menjaga pola hidup sehatnya jika ingin mempertahankan tubuh Fit nya sekarang.

  • Pagi mengkonsumsi 2 slice roti gandum + 2 butir telur omellete
  • Siang nasi putih,sayuran,tumis tempe dan dada ayam
  • Malamnya makan diluar mengkonsumsi 1 porsi steak tanpa kentang goreng
  • Cemilan susu lowfat atau buah-buahan

TOTAL : estimasi 2400 kalori

Ketika berhasil mencapai berat badan ideal dengan cara yang salah +  instan, kita akan cenderung kembali pada gaya hidup kita yang dulu.RESIKO-nya? Berat tentu akan kembali naik (YO-YO DIET).

Kenapa? Karena kalian telah memiliki kondisi badan yang baru sekarang , cara mempertahankannya tentu berbeda, tidak bisa mengikuti cara lama.

Ini adalah kesalahan yang  sering dilakukan, sehingga lingkaran “ Berat turun lalu kembali lagi pada berat awal “ sering tidak dapat teman-teman hindari.

KESALAHAN KE-1: DIET DENGAN MENGKONSUMSI KALORI TERLALU RENDAH

Apakah salah mengkonsumsi kalori terlalu rendah ketika diet? Sebenarnya tidak. Alasannya?

Kita tentu sering dengar jangan makan terlalu sedikit ketika diet nanti metabolisme kamu DROP. Ketika dalam kalori defisit , baik defisitnya rendah atau besar metabolisme cenderung akan menurun tetapi faktanya tidak langsung pada titik Drop seperti yang teman-teman bayangkan.

Masalah utama konsumsi kalori terlalu rendah adalah, Diet dengan cara seperti itu tidak bisa dilakukan secara jangka panjang.
Alasannya sederhana, karena sangat sulit untuk mempertahankan makan pada kalori yang sangat rendah. Konsekuensinya teman-teman akan kelaparan dan lemas lalu berakhir pada lingkaran yang tidak berujung, yaitu makan secara berlebihan serta berat naik kembali. Butuh upaya yang luar biasa untuk mempertahankan diet rendah kalori, tapi sangat mudah untuk menaikkan berat kembali seperti semula.

Selain itu belum lagi beban pikiran (secara psikologis), setiap kali kita mencoba dan gagal dalam diet, kenyataannya kita cenderung takut untuk memulai kembali karena TRAUMA atau takut tersiksa kembali.

Kesimpulan dari diet rendah kalori:

Apakah akan menurunkan berat badan?

Ya, tentu kita akan menurunkan berat badan. Karena berada dalam kalori defisit yang cukup besar.

Apakah lemak tubuh / persentase bodyfat akan berkurang?

Ya, kita bodyfat akan turun seiring dengan berat badan yang semakin ringan.

Namun, diet  dengan  kalori sangat rendah berpotensi tidak hanya menghilangkan lemak tubuh, tapi juga menggunakan komponen otot sebagai energy Efeknya? Badan akan cenderung terlihat kurus ketika sudah berada pada berat badan ideal dan kebutuhan kalori teman-teman akan semakin rendah (harus makan lebih sedikit).

Kita juga cenderung jadi lemas karena massa otot di tubuh kita yang menghilang

Kesalahan-2:  BEROLAHRAGA SECARA BERLEBIHAN

Apa pertanyaan klasik yang dilontarkan oleh orang-orang yang ingin melakukan diet? “ Berapa lama saya harus olahraga?, Seminggu berapa kali olahraga ya? Saya mau lari di treadmill 3 jam biar bisa makan lebih banyak”.

Hei, perlu diingat “JANGANLAH BERLEBIHAN !” apapun itu usaha kamu jika tidak seimbang apalagi dietnya tidak disiplin jangan berharap akan mendapat hasil yang maksimal.

Berapa banyak kita melihat orang gemuk di tempat Gym berolahraga secara berlebihan terutama KARDIO tapi kondisi tubuhnya tidak berubah? Stagnant? Penulis sering melihatnya.

Apa yang salah dari olahraga? Tidak ada ! Berlebihan yang salah teman-teman, karena orang-orang yang melakukan olahraga secara berlebihan cenderung  memiliki pola pikir seperti ini “ Saya sudah olahraga dengan keras, boleh dong makan besar”. Sekali lagi itu KESALAHAN besar

Misalnya saat saya lagi latihan di gym dan di seberangnya ada penjual bakso dan gorengan. Lalu setelah latihan saya melihat ada salah satu member gym tersebut yang bertubuh sangat gemuk makan gorengan tanpa terkendali.

Sepengetahuan saya waktu latihan tadi, beliau latihan dengan cara yang asal-asalan. saya sendiri merasa bersalah dalam hati padahal tidak melakukannya,tetapi melihat perilaku umum orang di tempat gym yang seperti itu. Pengen memberitahu tapi nanti di bilang sok tahu, Saya berharap semoga dia bisa cepat belajar dari kesalahan

Treadmill 30 menit = 300 kalori

Tapi, 1 pisang goreng 2 menit habis = 350 kalori !

Banyak yang salah karena kasih reward yang terlalu berlebih karena berpikir sudah berolahraga ! padahal yang kamu bakar tidak akan pernah bisa menutupi yang kamu makan.

Kesalahan diet pola diet + latihan ini terutama kardio cenderung akan menyebabkan stress pada tubuh yang berdampak pada pikiran kamu. Pernah merasa emosian ketika diet? Salah satu penyebabnya adalah stres  karena diet rendah kalori lalu ditambah lagi melakukan olahraga dengan sangat berlebihan . Tentu akan memberi banyak tekanan pada tubuh .

Itulah tujuan artikel ini ditulis untuk membantu kamu agar tidak melewati kesalahan-kesalahan yang saya lakukan dahulu.

Dapatkan tubuh Fit dengan cara yang Fun, “FIT IS FUN”. Jangan tergesa-gesa dan nikmati prosesnya saja !

Regards

The Famous Fitness Team

Alvin Hartanto & Yohan Chowindra

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s