CARA MINUM WHEY PROTEIN YANG BENAR

CARA DAN ATURAN MINUM WHEY PROTEIN

Fitness atau Gym mungkin sekarang bukanlah hal yang sulit atau takut orang lakukan, tidak seperti dulu banyak sekali orang beranggapan bahwa gym atau fitness adalah suatu olahraga yang sangat sulit karena identik dengan yang orang awam sebut angkat besi.

Seakan sekarang olahraga yang identik dengan angkat besi ini sudah banyak di lakukan semua kalangan, dari kalangan remaja hingga orang tua, dari yang berbadan kurus hingga berbadan super gempal pun banyak yang melakukan nya, karena tidak sedikit testimoni atau mungkin ajakan teman sekitar yang mendapatkan manfaat fitness atau gym ini.

Nah setelah membahas sedikit tentang olahraga angkat besi ini maka sudah dapat dipastikan beberapa orang akan mencari suplemen untuk membantu dan memacu pertumbuhan otot yang maksimal, mungkin beberapa dari kalian juga masih ada yang ikut-ikutan atau hanya termakan iklan – iklan di media sosial yang mennunjukan perubahan baik itu dari segi berat badan atau pun dari bentuk otot orang yang mengkonsumsi nya.

Nah tanpa basa-basi langsung saja masuk ke topik utama kita yaitu tentang “Cara minum Whey Protein”. Mungkin bagi kalian sudah tidak asing lagi dengan whey protein, ya sebuah suplemen yang kebanyakan berbentuk serbuk yang nantinya akan diminum sebagai susu (bilang aja susu,ribet amat :D) .

” Menurut saya pribadi Whey Protein adalah suplemen paling berguna dan bermanfaat bila ingin membantu program kamu  di gym saat ini ”

So lanjut yak, whey protein ini sangat banyak manfaat nya bagi tubuh karena kandungan protein nya yang cukup tinggi sehingga sangat membantu bagi kamu yang sedang melakukan program latihan agar badan lebih berotot, tapi tunggu dulu ini bukan satu-satu nya cara biar pengen cepet berotot badan nya selain dari minum whey protein ini, pola latihan dan pola makan juga menentukan perkembangan otot yang optimal, percuma dong kamu banyak minum whey protein tapi latihan beban masih jarang, males-malesan datang ke gym, makan masih sembarangan, ngemil gorengan sembarangan, makan apapun tanpa dilihat kadar kalori dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ya percuma dan dapat dipastikan otot kamu gak akan berkembang optimal.

Tapi disini bukan membahas itu mungkin akan lebih jelasnya lihat di thefamousfitnesplan.com untuk pola makan dan pola latihan yang baik, disini kita hanya membahas bagaimana cara mengkonsumsi whey protein yang benar.

  1. Pagi Hari

Sangat umum melihat pecinta fitnes/binaraga profesional memasak hidangan telur di pagi hari sebagai sarapan. Menu omelet, telur rebus, semangkuk oat, diparut gandum atau granola dengan protein shake adalah sarapan membangun otot berkualitas tinggi. Tapi sangat direkomendasikan untuk mendapat asupan instan berkualitas yang lebih cepat dan lebih mudah untuk disiapkan, terutama setelah bangun tidur di pagi hari. Ya minum whey protein di pagi hari, selain menawarkan sumber protein yang mudah, cepat, lezat, dan praktis tanpa harus memasak terlebih dahulu.

Kenapa harus pagi hari ? Karena saat pagi hari adalah salah satu waktu terbaik untuk minum protein shake, karena tubuh sudah dalam fasae tanpa asupan makanan selama 7-9 jam saat kalian tidur. Tujuan nya adalah demi menjaga keseimbangan protein positif dalam otot, susu whey protein juga mengandung nilai biological yang tinggi, cepat terserap dan sangat disarankan sebagai asupan pertama yang masuk ke tubuh sebagai sumber protein di pagi hari. Whey Protein adalah SOLUSI SEMPURNA .

 

  1. Pra Latihan (Sebelum latihan)

Minum protein shake sebelum latihan dapat bermanfaat tetapi tidak benar-benar diperlukan. Jika kamu sudah makan makanan yang porsi nya terdiri dari protein dan karbohidrat setidaknya 2 jam sebelum berlatih, maka konsumsi whey protein tidak diharuskan lagi, karena tubuh sudah ada cukup nutrisi yang beredar untuk bahan bakar latihan kamu dalam mengurangi pemecahan protein otot.

Namun jika kamu sudah 3 jam atau lebih mengkonsumsi makanan maka konsumsi whey protein sebelum latihan juga dianjurkan. Tujuan nya untuk memastikan tubuh sudah tersupply asam amino untuk mengurangi pemecahan protein otot selama latihan dan membantu proses pemulihan pasca latihan.

 

  1. Setelah Latihan

Kondisi tubuh setelah sesi latihan akan merangsang sintesis protein otot dan pemecahan protein otot. Tanpa asupan protein yang cukup terutama setelah latihan akan menyebabkan otot mengalami kerusakan, hasil latihan tidak maksimal dan otot akan berada dalam kondisi anabolik dalam 2 jam pertama. Pertumbuhan otot bereaksi dalam kondisi anabolik tersebut, pada 2 jam pertama otot-otot kamu sedang memasuki fase paling responsif terhadap asam amino dari konsumsi protein. Setiap asupan protein selama periode 48 jam ini sangat berperan dalam perbaikan dan proses pertumbuhan, dan kondisi sintesa protein mencapai titik maksimum dalam waktu 2 jam pasca latihan.

Periode waktu ini disebut sebagai “jendela pasca latihan” dan cara terbaik untuk mengambil keuntungan penuh dalam pembentukan otot adalah mengkonsumsi whey protein berkualitas cepat serap.

 

  1. Sebelum Tidur

Minum protein shake sebelum tidur adalah cara yang baik untuk menjaga otot-otot tetap tersupply dengan asam amino saat tidur, tujuan nya jelas untuk mencegah pemecahan protein otot. Meminum protein shake sebelum tidur juga bisa jadi salah satu opsi menjaga sintesa protein, artinya otot senantiasa dalam kondisi anabolik meskipun badan sedang beristirahat.

Suplementasi dengan (casein) bisa menjadi opsi lain juga jika kamu tidak menggunakan whey protein, karena protein dari casein ideal dikonsumsi pada malam hari, dan cara kerja dari casein ini juga konsisten berubah menjadi gel ketika dicerna, hal ini berarti mengurangi daya kerja pencernaan dan meningkatkan penyerapan dan juga merilis asam amino lebih lambat dan fokus, membangun otot anda kedalam aliran darah sepanjang malam.

Itulah beberapa panduan dalam meminum whey protein untuk memaksimalkan pertumbuhan otot dan memaksimalkan potensi otot paling optimal dari tubuh kita, selamat mencoba GOOD LUCK !!!

Regards

The Famous Fitness Team

By Alvin Hartanto & Rizal Arief Wibowo