6 Manfaat dari latihan beban yang wajib kamu ketahui

Latihan beban sudah terbukti bagi sebagian orang bisa menurunkan berat badan, menjaga berat badan tetap stabil, menaikkan berat badan, membuat tubuh menjadi fit dan bugar. Itu adalah sebagian kecil dari manfaat yang didapat beberapa orang yang sudah menjalani latihan beban ini dan disini mari kita belajar bersama manfaat lebih detailnya.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme dalam tubuh manusia memang sangat penting fungsi nya, karena untuk mendapatkan tubuh yang sehat harus memiliki sistem metabolisme yang baik, semkain tinggi intensitas metabolisme seseorang akan lebih baik dampak nya bagi kesehatan, karena metabolisme lah yang mengatur dan mengantar kan nutrisi dalam tubuh manusia. Selain dengan latihan beban bisa juga meningkatkan metabolisme dengan cara latihan kardio atau latihan aerobic (berenang, joging, bersepeda, dll). Namun faktanya, latihan beban ini mengambil banyak efek positif pada tingkat metabolisme dan sistem endokrin tubuh kamu. Sistem endokrin juga tak kalah penting nya bagi tubuh manusia, karena merupakan kumpulan kelenjar dan hormon yang ada pada manusia untuk menunjang peningkatan sistem metabolisme tubuh kamu. Mengapa bisa demikian ? karena dengan mengangkat beban pada dasar nya adalah merusak jaringan otot kamu dan nantinya akan muncul serat-serat otot yang baru sehingga membuat badan kamu terlihat lebih besar dengan porsi otot yang lebih banyak. Nah, otot ini lah yang nantinya akan membuat metabolisme tubuh kamu meningkat bahkan saat kamu dalam keadaan istirahat sekalipun.

  1. Baik Untuk Tulang

Sebagian dari kamu pasti akan berpikir bahwa dengan latihan beban sangat rawan terhadap cidera, nah ini yang membuat beberapa dari kamu enggan melakukan latihan beban. Padahal dalam fakta nya justru dengan latihan beban ini akan sangat baik buat tulang kamu, karena dengan latihan beban atau mengangkat beban dapat merangsang osteogenesis atau produksi massa tulang yang baru dan telah terbukti juga mengurangi penyusutan massa tulang seiring bertambah nya usia. Bukan hanya dengan memproduksi tulang baru, latihan beban ini juga dapat mengurangi resiko pengeroposan tulang atau yang biasa kita sebut osteoporosis. Nah setelah dilihat dari manfaat nya buat tulang kamu, pastinya bisa dipastikan saat usia sudah menginjak tua maka tidak takut lagi akan osteoporosis, tetapi untuk mendapat manfaat tersebut maka harus di iringi dengan gerakan latihan yang benar juga untuk mencegah terjadi nya cedera atau hal yang tidak di inginkan

  1. Menangkal Resiko Diabetes

Kalian pasti tau dan tidak asing lagi dong dengan kata diabetes ini, iya secara awam nya orang menyebut nya dengan kencing manis. Di Indonesia sendiri angka diabetes cukup tinggi baik dari remaja hingga orang tua, penyakit ini juga bukan jenis penyakit yang menular tapi bisa muncul jika pola hidup kita buruk. Nah, dengan latihan beban ini nantinya akan membantu meningkatkan kadar insulin dan sensitifitas glukosa pada tubuh. Yaitu dengan cara tubuh akan melakukan respon untuk menurunkan kadar insulin terlebih dahulu dan akan merangsang pankreas untuk merilis glukagon yang menyebabkan hati dapat memproduksi glukosa lebih banyak. Untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, tingkat insulin kamu akan menurun terlebih dahulu karena untuk mengimbangi efek insulin seperti kontraksi otot. Hal ini dilakukan agar otot kamu mendapat energy dari glukosa yang sangat dibutuhkan. Selain itu terhadap insulin juga bisa membuka yang namanya glut-4, jadi ibarat nya insulin adalah pintu utama untuk mengantarkan gula darah ke seluruh tubuh, nah glut-4 disini bertugas membantu insulin dengan cara membuka pintu tambahan agar nantinya tubuh kamu akan sangat mudah mentransport glukosa ke seluruh tubuh kamu tanpa harus menggunakan insulin.

  1. Meningkatkan produksi hormon

Manfaat lain dari latihan beban juga bisa meningkatkan produksi hormon anabolic, diantaranya adalah testosteron, hormone pertumbuhan, dan insulin. Hal ini juga banyak disampaikan oleh ahli kebugaran, semakin berat beban yang diangkat maka semakin besar pula hormon pertumbuhan yang akan di produksi oleh tubuh, itu merupakan proses alamiah tubuh karena saat olahraga semua sistem dalam tubuh kita akan bekerja, dan hormon ini juga merupakan salah satu bahan bakar untuk menunjang agar kinerja organ dalam tubuh kita berjalan dengan baik. Namun perlu di catat dan perhatikan juga bahwa produksi hormon pertumbuhan akan lebih banyak jika menggunakan jeda antar set semakin sedikit. Melakukan latihan dengan intensitas tinggi seperti circuit training, drop set, atau superset juga dapat merangsang pelepasan hormon ini lebih banyak dan optimal.

 

  1. Menambah massa otot

Ini merupakan goals dan efek tebesar dari kita melakukan latihan beban, yaitu dengan berkembang dan bertambah massa otot sehingga terlihat lebih besar. Tidak sedikit penelitian yang menyebutkan hal demikian, tetapi di sisi lain dari latihan beban asupan protein juga sangat penting untuk mencapai pertumbuhan otot yang maksimal. Memang benar jika kamu ingin memiliki bisep yang besar maka harus latihan banyak set dan repetisi yang tinggi agar terlihat kuat, tapi sebenar nya justru jika ingin merasakan pertumbuhan otot yang lebih cepat dan optimal selain dengan konsumsi protein harian yang cukup juga di imbangi dengan berlatih beban dengan meningkatkan jumlah beban secara bertahap, selalu chalenge tubuh kamu agar otot tumbuh

  1. Memperbesar otot jantung

Jantung merupakan organ tubh pada manusia yang paling penting, karena proses sirkulasi darah, oksigen, dan nutrisi dalam darah nanti nya akan masuk ke dalam jantung untuk di pompa dan akan disalurkan kebagian tubuh lain nya. Nah, jika otot jantung kamu semakin membesar ini sangat baik untuk kesehatan kamu dan sistem sirkulasi darah pastinya akan lancar. Jika ukuran otot lebih besar dari pada orang yang jarang olahraga justru akan mempermudah kerja otot jantung itu sendiri karena jika otot jantung tidak berukuran semestinya, lebih sempit, tidak elastis, maka akan mempersulit masuk dan keluar nya darah yang masuk dalam jantung itu. Jika darah sulit di pompa maka akan berdampak kepada tubuh yang cukup serius, karena sistem sirkulasi dan nadi tidak akan berjalan lancar semestinya yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit kronis.

Last Tips,

Banyak yang suka nanya cardio dan latihan beban lebih bagus mana ? Kedua nya bagus tapi kalau dari segi manfaat lebih banyak dari latihan beban donk. Di kombinasi kedua nya juga bisa kok misalnya di 1 sesi latihan gym 40 menit main beban 15 – 20 menit latihan cardio

Regards

The Famous Fitness Team

By Alvin Hartanto & Rizal Arief Wibowo

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s