18 CARA MENGECILKAN BETIS

Cara Mengecilkan Betis

Memiliki kaki dengan betis terlihat jenjang tentu menjadi impian semua orang. Apalagi untuk wanita, tentu mereka rela melakukan apa saja untuk mendapatkan siluet ramping ini. Karena banyak sekali wanita yang complain bila akibat memiliki betis yang besar dan tidak pede bila menggunakan dress atau celana pendek. Sebagai seorang trainer yang berspesialisasi di woman fitness aku paham banget hal ini . Apa lagi 8 dari 10 wanita di Indonesia goalnya adalah memiliki tubuh seperti wanita korea, yang kecil ada sedikit otot samar – samar dan kencang, bukan seperti bule bule begitu :p.

Seorang wanita yang memiliki betis dan paha besar akan terlihat tidak proporsional. Ditambah lagi jika kamu bertubuh pendek, wah tentunya akan semakin memperburuk penampilan. Maka dari itu sebaiknya kecilkan secepatnya.

Ketika menggunakan pakaian yang memperlihatkan betis, maka betis yang indah akan membuat kaki kamu lebih sexy dan lebih tinggi juga. Ketika betis sudah mulai membesar maka sangat sulit untuk mengembalikan ukuran betis yang normal. Betis yang besar akan menurunkan rasa kepercayaan diri dan terlihat kurang menarik untuk wanita.

Jika Anda memiliki betis yang besar dan terlihat kurang menarik maka jangan khawatir. Anda bisa mencoba untuk melakukan beberapa cara mengecilkan betis yang besar seperti dibawah ini :

  1. Betis besar karena tingginya kadar lemak : Hal pertama yang harus kamu tahu adalah betis adalah salah satu bagian tubuh yang bisa membesar. Kebanyakan dari betis kita membesar karena kadar lemak yang tinggi seperti misalnya , orang – orang yang obesitas kalian pasti pernah lihat dan mereka betisnya besar karena tingginya kadar lemak di tubuh mereka. Jarang kan ada orang yang kurus dan betisnya besar ?! Nah bagaimana bila kurus tapi betisnya besar?
  2. Betis besar karena faktor genetic : Bila kamu sudah memiliki berat badan yang setidaknya ideal .  “BERAT BADAN – 110 . “ Tapi masih memiliki betis yang besar biasanya itu adalah faktor genetic. Pada dasarnya badan kita memiliki komposisi penyimpanan lemak yang berbeda – beda. Ada  2 orang yang memiliki kadar lemak 10 kg misalnya. Di tubuh orang A kebanyakan tersimpan di bagian dada , sehingga bagian dadanya terlihat lebih besar montok dan sexy. Orang B tapi di BETIS. Sehingga terlihat lebih kecil dada nya dari si A tapi betisnya lebih besar ! Nah ini adalah  masalah komposisi , penyimpanan dan sistem tubuh setiap orang yang berbeda – beda dan hampir tidak bisa dirubah . DIsini kamu bersyukur saja sudah dilahirkan sempurna dan sekali lagi itu cuma betis kok, bagian tubuh lain kan bisa kecil seperti paha , perut atau tangan. Sekali lagi jangan takut banget soal penampilan tidak ada manusia yang sempurna dan pasti akan ada yang bisa menerima kamu apa adanya loh ! Tapi selama masih bisa kecilkan mari kita mencoba ( bagi yang berat badannya belum ideal)
  3. Kamu harus diet untuk mengecilkan betis : Bicara soal kadar lemak yang tinggi adalah akibat pola makan dan latihan yang tidak jelas, cara mengecilkan nya nomor satu adalah kamu harus DIET ! Atau menjaga pola makan untuk menurunkan kadar lemak di tubuh kamu! Suplemen ITU TIDAK AKAN MEMBANTU , Suplemen adalah solusi sementara dan tapi bila kamu tidak tahu pola makan yang benar , selamanya kamu tidak akan pernah kurus atau berhasil. Check ribuan client saya , yang sudah belajar pola makan yang benar dan bisa memiliki bentuk tubuh ideal selamanya di  Instagram @thefamousfitness
  4. Cobalah Merubah Cara Jalan Anda. Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan betis kaki adalah mencoba untuk berjalan dengan benar. Kesalahan dalam berjalan bisa membuat betis menjadi lebih besar. Ketika kamu berjalan maka cobalah untuk tidak meletakkan tumpuan pada bagian bola betis, tapi pada bagian tumit kaki. Saat berjalan maka tumit kaki harus mencapai ke bawah hingga rata dengan tanah dan setelah itu baru melangkah. Kebiasaan berjalan terburu-buru tidak bisa membuat tumit menempel ke tanah dengan sempurna. Karena itu rubah kebiasaan berjalan kamu. Jalan kaki yang benar juga bisa menghilangkan semua penyebab sakit pinggang pada pria dan wanita. Ini hal yang simple banget karena tubuh kita ada berat otot dan lemak begitu juga di betis kamu. Nah misalnya betis kamu sudah besar karena lemak, terus kamu kasih otot jadi tambah besar lah dia ! Sudah besar kencang lagi ! Bila kamu berjalan dengan tumit itu seperti jinjit ! kamu akan melatih otot betis kamu untuk meangkat berat tubuh kamu ! Misalnya berat tubuh kamu 100 kg ya otot betis kamu angkat 100kg tiap kali kamu jalan tidak benar. Ingat betis itu salah satu otot terkuat di tubuh manusia sebenarnya karena bisa mengangkat tubuh kita setiap hari kita berjalan
  5. Berlari Rutin. Banyak orang yang mengatakan jika sering berlari akan membuat betis menjadi lebih besar. Namun ternyata fakta lain membuktikan jika sering berlari akan membuat otot betis menjadi kuat dan lemak di betis juga akan mengecil. Berlari akan membuat otot betis menjadi lebih kuat, panjang dan memicu bagian otot paha bisa bekerja denghan baik. Daya tahan otot paha yang kuat akan membantu betis menjadi lebih kecil. Misalnya dulu kamu jalan dengan otot betis kebanyakan tapi karena otot paha kamu meningkat akibat berlari  maka beban di otot betis berkurang bukan ? Olahraga berlari yang dilakukan secara rutin akan membantu bagian betis bawah menjadi lebih kecil, kemudian otot betis terbentuk pada bagian atasnya. Hal ini akan membuat betis kamu menjadi lebih indah. Berlari juga akan membantu membakar lemak di semua bagian tubuh termasuk betis dan paha. Berlari juga sebagai cara mengatasi sesak nafas secara alami dan cepat. Walaupun betis adalah cardio namun bisa membantu meningkatkan massa otot di kaki juga sedikit tanpa membuat paha / betis bertambah besar. Misalnya gini renang adalah olahraga cardio tapi otot punggung dan bahu pun terlatih bukan ?
  6. Hindari Menggunakan Kekuatan Betis Berlebihan. Beberapa kegiatan atau aktifitas biasanya akan membutuhkan kekuatan betis yang lebih besar. Hal ini akan menyebabkan otot betis menjadi lebih besar. Namun perubahan betis ini akan membuat penampilan betis menjadi lebih besar. Misalnya kelas RPM di gym yang menggunakan banyak resistensi ! Itu sama saja seperti abang BECAK mengoes sepada berpenumpang apa bedanya dengan kelas RPM ? Kamu mau betis kamu seperti abang BECAK ?
  7. Hindari Gerakan Melompat Saat Olahraga. Gerakan melompat akan memicu otot betis kamu untuk mengeluarkan tenaga maximal, karena itu hindari olahraga yang melompat lompat !
  8. Hindari Kebiasaan Jongkok. Jika Anda sering melakukan pekerjaan dengan berjongkok, maka kebiasaan ini harus dirubah. Jongkok akan membuat otot betis mengembang dengan cepat. Tumpuan utama pada bagian kaki akan terlihat pada bagian betis. Terlebih jika Anda juga terbiasa jongkok kemudian berdiri dalam waktu yang lama. Gerakan ini akan membuat betis menjadi lebih besar. Karena itu lakukan berbagai pekerjaan dengan gerakan yang lebih nyaman untuk betis misalnya sambil duduk dan terkadang berdiri dalam waktu yang tidak lama.
  9. Apakah kamu bisa berenang dan sering berenang? Renang merupakan salah satu olahraga yang bisa membantu cara mengecilkan betis kaki. Renang sangat baik untuk menarik bagian otot betis ke bagian paha dan perut. Gerakan tarikan dalam renang akan membantu betis bisa bekerja dengan baik. Semua jenis gerakan renang umumnya akan menggerakkan semua bagian tubuh dan membuat lemak di beberapa bagian tubuh akan terbakar. kamu bisa mencoba untuk berenang paling tidak 30 menit setiap hari untuk mengecilkan betis. Beberapa research membuktikan renang dapat memanjangkan kaki seseorang , bila massa otot di betis kamu sama yaitu 10 kg tapi kaki kamu tambah panjang maka akan terlihat makin kecil bukan?
  10. Hindari Makanan Berkalori Tinggi. Untuk mendapatkan ukuran betis yang lebih kecil maka kamu juga harus memperhatikan nutrisi untuk tubuh. Betis yang indah didapatkan dengan usaha yang sangat kuat. Salah satunya adalah dengan menghindari semua jenis makanan yang mengandung kalori tinggi. Ingat lemak bertambah = lemak di betis bertambah loh ! Makanan yang mengandung kalori tinggi akan membuat pembakaran lemak dalam tubuh menjadi sangat lambat.  Tidak ada salahnya bagi kamu untuk memulai gaya hidup sehat untuk awet muda & bebas dari penyakit dan berpenampilan kece
  1. Berjalan Secara Rutin. Latihan berjalan secara rutin akan membantu mengecilkan ukuran betis. Berjalan secara rutin juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan memelihara detak jantung yang normal. Lakukan latihan berjalan secara BENAR ( seperti yang di sebutkan sebelumnya )selama 20 menit setiap hari. Latihan juga membakar kalori untuk mengurangi lemak nantinya
  2. Lakukan Peregangan Betis Setiap Pagi. Apa yang Anda rasakan setelah bangun tidur? Jika betis Anda besar dan banyak mengandung lemak maka akan terasa panas dan kurang nyaman. Bisa jadi ini adalah gejala penumpukan kolesterol dan peredaran darah yang buruk. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba melakukan peregangan betis setiap pagi setelah bangun tidur. Peregangan dilakukan dengan cara menarik betis ke kanan dan ke kiri dengan menjadikan paha sebagai tumpuan utama. Lakukan peregangan selama sekitar 20 detik setiap kaki. Peregangan juga harus dilakukan sebelum olahraga untuk menghindari bahaya olahraga tanpa pemanasan.
  3. Lakukan Yoga. Yoga bisa menjadi olahraga yang bisa membantu mengecilkan ukuran betis. Yoga banyak menggunakan kekuatan otot tubuh untuk mencapai gerakan yang sempurna. Yoga juga akan melatih kekuatan otot tubuh ketika peregangan dan bisa membuat gerakan tersebut bermanfaat untuk betis. Anda bisa melakukan yoga yang secara khusus bisa membantu mengecilkan ukuran betis.. Berbagai postur yoga juga banyak bertumpu pada otot betis sehingga otot betis bisa menjadi sangat lentur. Otot yang di stretching akan memanjang dan membuat betis kita terlihat kecil seperti karet analogi nya.
  4. Lakukan Gerakan Memutar Tumit. Jenis peregangan lain yang bisa membantu mengecilkan ukuran betis adalah dengan melakukan gerakan melingkarkan tumit. Cara ini dilakukan dengan cara yang sangat santai dan kamu tidak perlu banyak melakukan tenaga. kamu bisa mencoba untuk duduk di kursi, usahakan bagian punggung lurus dan tidak bersandar pada bagian belakang kursi. Setelah itu lakukan gerakan memutar bagian tumit angkel tumit secara perlahan sesuai dengan arah jarum jam. Lakukan gerakan secara bergantian. Latihan peregangan ini mungkin tidak bisa bekerja dengan cepat sehingga Anda harus melakukan latihan lebih sering. Biar otot betis kamu tidak tegang ! Otot betis yang tegang, kaku dan tidak stretching akan membuat betis kamu terlihat besar !
  5. Lakukan Latihan Beban. Untuk mengecilkan ukuran betis maka sebenarnya tidak harus dilakukan secara langsung. Biasanya betis yang besar berarti bahwa tubuh juga memiliki lemak dan ukuran yang besar. Untuk itu cara yang perlu dilakukan adalah menurunkan lemak di semua bagian tubuh termasuk betis. Anda bisa mencoba untuk melakukan latihan beban yang ringan. Latihan beban ini akan meningkatkan massa otot secara menyeluruh di seluruh tubuh yang nantinya bisa meningkatkan massa otot dan mengurangi kadar lemak di betis ! Cara ini akan membuat betis menjadi lebih kecil.
  6. Minum Cukup Air. Anda juga bisa mengecilkan ukuran betis dengan minum air mineral yang cukup. Air sangat penting untuk metabolisme tubuh dan membantu aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar. Jika Anda kekurangan air maka ada banyak lemak yang menumpuk dan menyebabkan penumpukan lemak di betis. Jadi hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah minum banyak air atau sekitar2- 3 liter perhari. Minum air yang cukup juga bisa melindungi dari efek kekurangan air putih bagi tubuh dan bahaya akibat kurang minum air putih. Pastikan ketika buang air kecil, air seni kamu putih itu tanda kamu cukup air !
  7. Lakukan Peregangan Sebelum Tidur. Peregangan untuk mengecilkan ukuran betis juga bisa Anda lakukan sebelum tidur. Betis kita sudah di pakai seharian untuk jalan , jadi lakukan peregangan untuk tidur tidak ada salahnya !
  8. Hindari Menggunakan Sepatu Hak Tinggi. Kebiasan menggunakan sepatu dengan hak tinggi akan mempengaruhi bentuk betis secara otomatis. Ketika Anda menggunakan sepatu hak tinggi maka otot betis akan tertarik ke atas dan ketika berjalan maka bagian kaki tidak bisa bertemu tanah dengan benar. Hak tinggi juga bisa membuat otot betis mengalami tekanan yang sangat berat sehingga betis menjadi bengkak. Karena itu gunakan sepatu yang nyaman dan bisa membuat betis menjadi sempurna. Jika kamu berpikir menggunakan hak tinggi akan membuat betis kamu terlihat kecil itu hanyalah VISUALNYA saja tapi secara ilmiahnya otot betis kamu malah akan bertambah besar !

Ada banyak alasan mengapa harus memiliki bentuk betis yang indah. Dan setiap orang tentu memiliki alasan yang berbeda – beda .  Betis yang kecil juga menggambarkan bahwa tubuh Anda tidak banyak memiliki lemak sehingga bisa terlihat lebih sehat. Jadi jika Anda memiliki betis yang besar, cobalah melakukan beberapa cara mengecilkan betis seperti diatas. Tapi bila kamu sudah mencoba segala hal , memiliki tubuh ideal dan betis kamu masih besar itu adalah faktor GENETIC seperti yang aku bilang di atas, jangan di bawa stress tapi bersyukur saja kita sudah sehat dan sempurna !

Untuk tips lebih lanjut bisa check instagram saya juga di :

@alvinhartantoo / @thefamousfitness / youtube : alvin hartanto

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s