Cara Alami Menggemukan Badan

Cara Alami Menggemukan Badan

Ternyata tidak semua pria dan wanita ingin terlihat kurus langsing loh, ada beberapa orang yang justru kurang nyaman dengan bentuk tubuhnya yang terlalu kurus  dan berusaha mencari berbagai “Cara Menggemukan Badan” di internet, Dan saya jamin beberapa dari kalian pasti gagal , Hal itu sangatlah wajar karena kalian orang awam dan metode yang kalian coba pun tidak jelas. Sebagai seorang professional dan praktisi saya akan memberikan tips cara alami untuk menggemukan badan. Kalian bisa liat Instagram saya juga untuk melihat beberapa client yang berhasil saya gemukannya badan-nya.

Instagram : @thefamousfitness

Setelah menangani ribuan client dan konsultasi, saya bisa menyimpulkan bahwa mereka yang ingin menggemukkan badan, bisa dipicu karena beberapa hal:

  1. Berat Badan Masing dibawah Rata-Rata

Menghitung berat badan ideal dengan rumus yang simple adalah :  TINGGI BADAN – 110.

Misalnya, Tinggi kamu 180 cm tapi berat badan kamu di bawah 70 kg maka kamu tergolong kurus. Apa bila kamu pria dan tergolong kurus aku ngerti banget perasaan kamu yang minder dan selalu pilih baju yang kebesaran agar tidak terlihat kurus. Wanitapun sama cenderung tidak pede di dekati lawan jenis akibat kurus.

  1. Omongan Orang

Tak jarang mereka yang ingin tahu cara menggemukkan badan ini berawal dari rasa malu karena terlalu kurus menjadi bahan bully teman-temannya. Padahal seharusnya kita tidak perlu meresponi terlalu serius apa kata orang. Saya pun juga males dulu setiap ketemu orang di Tanya orang kenapa kurus. Kalian bisa liat transformasi saya disini : https://www.youtube.com/channel/UCj9UlqKVzQAzgJIIoS9yJ_A/featured?view_as=subscriber

Tapi pada dasarnya kita hidup untuk kebahagiaan , kita ingin sehat dan bahagia.

  1. Susah Tambah Berat Badan

Menggemukan badan memang bukan hal yang gampang, ada banyak faktor yang mempengaruhi berat badan kamu dari pola makan, nutrisi makanan, olahraga, jam istirahat, atau mungkin kondisi medis tertentu. Saya paham banget frustasi nya sudah coba segala cara tapi gagal.

Cara Alami Menggemukan Badan dengan Cepat tanpa Efek Samping :

  1. Periksakan terlebih dahulu kesehatan kamu

Langkah pertama menggemukan badan adalah mengetahui terlebih dahulu penyebab kenapa badan kamu kurus. Maka dari itu, sebelum memulai program penggemukan berat badan sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter atau ahlinya, mungkin ada kondisi medis tertentu pada tubuh Anda yang menyebabkan Anda sulit gemuk.

Beberapa kondisi mungkin bisa mengakibatkan berat badan kamu berada di bawah normal. Adapun kondisi tersebut antara lain:

Hipertiroidisme atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif, dapat meningkatkan metabolisme dan menyebabkan penurunan berat badan yang tidak sehat.

Gangguan makan seperti anoreksia nervosa, gangguan mental yang serius

– Diabetes: Memiliki diabetes yang tidak terkontrol (terutama tipe 1) dapat menyebabkan penurunan berat badan yang parah.

Apabila setelah anda melakukan pemeriksaan ke dokter dan dinyatakan tubuh anda mengalami kondisi medis yang sudah disebutkan diatas, maka kondisi medis seperti ini harus diatasi terlebih dahulu sebelum anda melanjutkan program penggemukan badan

  1. Makan Lebih Banyak Kalori ( kalori surplus)

Hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk bisa menambah berat badan adalah makan lebih banyak kalori dari kebutuhan tubuh.

Surplus kalori (kalori masuk > kalori keluar) sangat diperlukan. Tanpa itu, Anda tidak akan bisa gemuk.

Tidak peduli kamu mau makan 10 piring nasi sehari atau kamu mau makan “banyak” tapi selama kalori kamu tidak surplus maka berat badan kamu tidak akan bertambah.

Kamu bisa mendownload aplikasi saya di Android , Newlife diet untuk membantu menghitung kebutuhan kalori harian kamu. Kamu juga bisa nonton penjelasan soal kalori surplus di salah satu video youtube saya.

Bisa kalian tonton disini ya : https://www.youtube.com/watch?v=WXAoBQwJYnQ&t=635s

  1. Olahraga untuk menambah massa otot

Buat apa cepat gemuk tapi tak sehat , banyak banget orang yang mencoba menaikan berat badan dan berhasil. TAPI, gedenya cuma di perut saja. Tentu kita tidak ingin hal ini terjadi . Kamu malah akan jadi skinny fat  ! Kurus tapi perutnya buncit !

Kita tentu ingin menambah berat badan sekaligus membentuk dan membesarkan nya. Seperti kalau pria tentu ingin bagian dada atau tangannya bertambah besar, kalau wanita bokong dan mengencangkan dada juga. Karena itu olahraga yang cocok adalah angkat beban ! Kamu bisa menggunakan berat badan sendiri, dumbbell atau ke gym.

Dan bagi kamu yang ingin menambah berat badan, kamu sangat tidak disarankan untuk melakukan olahraga berjenis cardio ! Ingat kita membutuhkan kalori surplus, jangan sampai membuang kalori dengan olahraga cardio ya!

Inget berat tubuh kita di bagi jadi banyak : berat air, berat lemak, berat otot, berat organ  berat tulang , dll.  Yang ingin kita naikan adalah berat otot agar berbentuk dan sexy, bukan berat lemak ! Bila berat kamu naik tapi lemaknya aja kamu akan jadi gendut ! Tapi misalnya kalau berat otot kamu bertambah apa lagi otot dada tentu dada kamu akan menjadi tebal, bidang, dan kotak kotak ! 

  1. Konsumsi makanan kaya nutrisi

Cara menggemukan badan tidak terlepas dari mengonsumsi makanan kaya protein, karbohidrat, dan lemak. Ini adalah 3 macro nutrisi utama, kita gak mau donk gendut tapi dari makanan gak bergizi kaya dari indomie saja  ( karbo semua itu).

Protein diperlukan tubuh terutama untuk membangun sel-sel, dalam konteks ini kita ambil contoh otot, otot sebagai pembentuk tubuh kita dibangun oleh protein. mungkin kamu  pernah mendengar seorang binaragawan yang memiliki massa otot besar dan kekar selalu membutuhkan asupan makanan yang memadai, ia harus mengonsumsi makanan sumber protein seperti telur sekian banyak perharinya. Tapi tenang sumber protein itu bukan cuma telur ada susu, daging – dagingan dan kacang – kacangan.

Jika Anda mencoba untuk menggemukan badan, maka konsumsilah 1,5-2,2 gram protein per kilogram berat badan , protein seperti protein whey juga dapat berguna.  Pastikan kamu melakukannya barengan. Jadi sudah ada angkat beban dan pola makan juga benar, kalau tidak percuma !

Banyak orang mencoba membatasi makanan kaya karbohidrat atau lemak ketika mereka mencoba untuk menurunkan berat badan. Maka lakukanlah hal sebaliknya jika Anda ingin cepat gemuk.

Pastikan setiap makanan anda itu seimbang selalu ada karbohidrat, lemak baik dan protein di setiap makanan kita. Misalnya : Nasi putih ( karbohidrat), tahu + tempe ( lemak baik ) +  daging –dagingan / telur ( protein)

  1. Makan Lebih Sering dan teratur

Selain makanan bernutrisi, kamu juga perlu makan lebih sering. Ketimbang makan 3x sehari dengan porsi besar, lebih baik kamu makan 5 – 6x dengan porsi yang kecil setiap 2 jam sekali ! Lebih sering makan akan lebih baik, karena orang kurus cenderung memiliki metabolisme yang cepat. Dan bila tidak diberikan asupan maka massa otot ditubuh kamu bisa berkurang.

Disamping tujuannya untuk menggemukan badan, makan teratur juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terkhusus organ pencernaan. Jika makan sering telat bisa mudah terkena maag, kalau sudah sakit maag biasanya jadi gak nafsu makan, dan program menggemukan badan pun bisa gagal seketika.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Air sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan berbagai fungsi organ, termasuk salah satunya lambung dan usus dalam menyerap nutrisi.

Dengan cukup mengonsumsi air putih, maka darah menjadi lancar dalam mengedarkan sari-sari makanan yang diperlukan tubuh sehingga nutrisi-nutrisi tersebut akan lebih cepat terserap dan hasilnya tubuh akan menjadi cepat gemuk. Dan tentu saja cara ini akan menyehatkan ginjal kita juga.

Konsumsi lah 2- 3 liter air putih perhari ( 8 – 12 gelas ) Jika kamu sudah cukup minum air, maka akan ditandai dengan air seni yang berwarna bening atau jernih, jika urine masih keruh atau kekuningan berarti kamu masih kurang minum air putih !

  1. Tidur Cukup

Cara menggemukan badan selanjutnya adalah dengan mengatur waktu tidur Anda setiap harinya. Terlalu sering begadang atau tidur terlalu larut malam ternyata juga bisa menghambat penambahan berat badan, karena begadang akan membuat metabolisme tubuh tidak stabil dan membuat tubuh jadi kurus. Bergadang juga tidak bisa menaikan berat otot kamu ! Otot kita berkembang paling banyak saat tidur !

Jika bukan melakukan hal yang benar-benar penting, hindari tidur terlalu larut malam, atau bisa juga lakukan kegiatan tersebut kesokan harinya.

Pandai-pandailah mengatur jadwal keseharian secara lebih baik sehingga ada waktu untuk tidur lebih awal. Tidur yang cukup itu 7-8 jam setiap harinya.

Eat, train, sleep, repeat !

Itu adalah tips saya mengenai cara menambah berat badan cepat secara alami tanpa obat. Terapkan semua tips menambah berat badan diatas secara rutin dan konsisten setiap harinya. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan.

“ Pastikan pola makan kalori surplus dengan gizi seimbang, makan 2-3 jam perhari, bermain beban dan cukup tidur. “

Kalian bisa check Instagram / youtube saya untuk tips lainnya juga.

Instagram : @alvinhartantoo / @thefamousfitness

Youtube : alvinhartantoo

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s