6 ALASAN KENAPA PERUT KAMU MASIH BUNCIT / GENDUT PADAHAL SUDAH DIET

SUDAH DIET TAPI PERUT MASIH BUNCIT DAN GENDUT ?

Aku sudah mengangani ribuan konsultasi dan client, sebagain orang memiliki masalah yang sama yaitu seperti ini ” aku sudah diet dan olahraga tapi kok perut aku masih buncit atau gendut ya ? ”

Pada dasarnya semua manusia ingin hasil yang instan dan cepat untuk menyelesaikan masalahnya, karena itu wajar bila kamu sering terjebak dengan iming – iming suplemen atau diet – diet yang padahal biasanya mereka dibuat dengan testimoni palsu tidak seperti yang ada di instagram saya @alvinhartantoo / @thefamousfitness yang hanya memberikan fakta penjelasan ilmiah secara logika dengan testimoni asli. Saran saya adalah jangan suka terjebak dengan ” Solusi instan ” semacam  ini , karena hal itu tidak pernah ada dan tidak ada yang instan di dunia ini semua membutuhkan proses ! Mari kita bahas kenapa perut kamu masih buncit atau gendut

Alasan pertama : TIDAK ADA KESABARAN SAAT DIET

Pada dasarnya berat badan kamu terdiri dari banyak hal ada berat otot, berat lemak, berat tulang, berat air, berat orang. Misalnya seperti ini ada 2 wanita tinggi sama berat sama 50 kg misalnya,  belum tentu penampilan dan lebar pinggangnya sama. Bila berat otot dia lebih tinggi tentu dia terlihat lebih kurus disbanding kamu. Ingat lemak kan lebih makan tempat dari pada otot abisnya. Intinya berat badan kamu adalah TOTAL keseluruhan berat kamu. Saat kamu fitness atau olahraga massa otot naik dan lemak bisa turun, walau kamu turun lemak 4 kg, otot naik 2kg. Maka hasil di timbangan tetap 52 KG. ( asumsi contoh 50 kg di atas) tapi pasti kamu terlihat lebih kurus tentunya karena sebenarnya kamu kehilangan 4 kg bila dibandingkan dengan diet  bila kamu turun 2 kg ya 2 kg aja. Semua yang di ajarkan disini menggunakan logika dan secara alami dari pengaturan pola makan dan latihan. Jadi tidak ada modus untuk membeli suplemen dan lain lain. Saya paling tidak suka dengan diet yang menggantikan pola makan malam dengan protein shake misalnya. Ini kita disuruh beli produk dia terus donk ? karena seumur hidup mau makan malam harus minum produk tersebut. Percaya sama saya semua masalah di tubuh kamu itu ada penjelasannya secara ilmiah dan logika. Cari informasi ini sangatlah sulit dan wajar kalian tidak mengerti karena kamu adalah orang awam , sudah tidak mengerti terus di tawari solusi cepat seperti suplemen diet, program slimming , suntik kurus atau menu catering diet yang mahal tapi tidak jelas asal usulnya. Percaya sama saya hal itu tidak akan bertahan lama. Kamu tetap harus belajar pola makan yang benar.

Disini saya telah menjelaskan bawah timbangan itu hanyalah angka jadi jangan suka dipikirkan atau di bawa stress. Alasan lainnya adalah ketika berat ideal kamu 50 kg tapi berat kamu sekarang 70 kg dan kamu sudah turun 10 kg jadi 60 kg misalnya, Dan kamu berkata  ” saya sudah turun 10 kg kok masih buncit ” . Yah iya donk berat kamu masih over 10 kg. Mau di kemanakan kelebihan 10 kg itu ?!

Namun apabila kamu sudah merasa memiliki berat badan yang ideal patokannya :

  • Tinggi badan – 110 ( biasanya sudah ideal dan tidak buncit)

Bila kamu merasa berat kamu sudah ideal dan masih buncit, maka yang salah adalah di komposisi tubuh kamu. Dimana kadar lemak kamu lebih tinggi dari kadar otot makanya buncit. Kalau kadar otot yang lebih tinggi pasti kamu sudah ada sixpack atau abs line. Intinya kamu harus sabar berat badan kamu tidak akan hilang 20 kg dalam seminggu tapi gram demi gram yang berkurang setiap harinya . Dan kadang karena gram berkurangnya di timbangan tentu tidak terlihat ( timbangan kan satuannya KG).

1000 gram = 1 kg. Kamu bayangin kalau lemak kamu hilang 300 gram itu banyak loh, coba aja pesen daging 300 gram di supermarket / pasar itu 1 genggam telapak tangan lebih. Jangan suka meremehkan progress sendiri ya

Alasan kedua : POLA OLAHRAGA TIDAK JELAS

Saya selalu bilang pola olahraga yang paling cepat adalah kombinasi main beban dan cardio. Tapi banyak yang ngaku sudah olahraga tapi berat badan tidak turun , ( padahal cuma sit up aja tiap hari sehari 50x).

Jujur pola olahraga main beban itu sangatlah complex makanya ada yang namanya personal trainer ! Kamu bisa belajar sendiri pola main beban yang benar dari youtube / google ada banyak banget saat ini. Kamu bisa coba satu – satu yang menurut kamu ada hasil dan cocok ! Bila sudah olahraga tapi gak ada hasil itu tandanya gak cocok dan kamu harus ganti pola olahraga kamu.

Main beban disini bisa menggunakan, dumbbell, barbbell, alat – alat di gym atau tubuh kamu sendiri. Untuk cardio adalah hampir segala jenis olahraga dari lari, renang, basket, futsal, zumba dan lain lain.

Alasan ketiga : HANYA MENGANDALKAN DIET

apakah ada makanan untuk meratakan perut ! TENTUK TIDAK ADA ! Pola makan itu di lihat sebagai satu kesatuan, Tidak ada seperti makan oat meal bikin kurus, nasi merah bikin kurus, makan buah saja kurus dan sebagainya. Ingat pola makan itu di lihat satu keseharian , percuma makan nasi merah kalau lauknya padang, percuma makan oat meal kalau snacknya gak di kontrol

Buat pola olahraga apakah bisa kurus ? Ya tentu saja bisa. Ketika kamu diet tentu berat badan kamu akan turun, TAPI bila di bantu dengan olahraga hasilnya akan lebih cepat dan badannya kamu akan lebih berbentuk / kenceng. Contoh simplenya bila kamu dari buncit banget dan diet saja maka pasti akan ada sisa kulit atau bergelambir perutnya, Tapi bila di bantu olahraga dan latihan perut tentu hal itu bisa diminimalisir

Mau diet saja tanpa olahraga ? Bisa ! Tapi dengan olahraga hasilnya akan lebih cepat dan bagus. Makanan khusus untuk diet ? Itu tidak ada ! Karena pola makan kamu di lihat secara keseluruhan bukan dari 1 jenis makanan saja

Mau gak buncit dan kurus selama nya, ya mulai di urus dan jaga badannya tiap hari jangan udah jelek baru complain dan cari solusi singkat ( hal itu gak ada) . Selama ini kamu buncit karena gak pernah peduli soal badan kamu sendiri makan asal – asalan , malas – malasan olahraga.

Alasan kempat: KAMU TIDAK TAHU APA ITU KALORI

Saat diet yang paling penting adalah tahu kebutuhan kalori kamu sendiri , Dan jangan pernah berpikir bahwa bila kebutuhan kalori kamu 1500 dan kamu makan 800 kalori maka hasilnya akan lebih cepat. HAL ITU MALAH AKAN MEMBUAT TAMBAH LAMA !

Selama kamu masih bisa makan banyak dan berat turun ya sudah tidak apa – apa makan saja. Misalnya gini bila kamu makan 1500 kalori dan berat kamu sudah stuck kamu bisa turunkan sedikit misalnya jadi 1400 kalori , karena  bila berat badan turun kamu membutuhkan jumlah kalori semakin rendah. Nah tapi kalau kamu awal – awal langsung mau 800 kalori apa yang mau di kurangi lagi ?!

Jumlah tenaga yang di butuhkan untuk berjalan oleh manusia berat 100 kg dan 50 kg mana sih yang lebih banyak ? tentu yang 100 kg bukan ? Karena itu wajar bila berat kamu turun kamu membutuhkan jumlah kalori semakin rendah.

Buat wanita janganlah diet di bawah 800 kalori dan buat pria jangan lah diet di bawah 1500 kalori. pastikan kamu tahu apa itu kalori defisit dan surplus !

Alasan kelima : TIDAK KONSISTEN

Proses menjaga dan merawat tubuh adalah proses jangka panjang dan seumur hidup karena kita ingin memiliki perut yang rata dan sehat selama nya juga bukan ? Karena itu ini adalah proses jangka panjang. Pastikan kamu tidak berharap terlalu tinggi atau muluk muluk ! Seperti berat ideal masih jauh tapi sudah turun 10 kg dan berharap sudah ideal ?

Kamu baru turun 10 kg, dan masih ada  ada beberapa kg lagi yang harus di turunkan dan setelah itu kamu harus menjaga dan merawat tubuh kamu agar tidak terulang hal yang sama .

Alasan keenam : TIDAK KONSULTASI SAMA AHLI NYA DAN MALAS BELAJAR

Banyak banget yang langsung praktek tanpa belajar terlebih dahulu. Jujur bila kamu langsung praktek tanpa ada asal usul teori yang jelas atau belajar yang cukup tentu hasilnya juga tidak akan jelas.

Disini ada dua pilihan sama misalnya seperti pas kamu sakit, ketika kamu sakit kamu mau langsung coba – coba beli obat sendiri dan berharap sembuh atau langsung ke ahli nya seperti dokter dan PASTI sembuh ?

Bila kamu sudah coba segala cara dan belajar banyak cara masih gagal mungkin sudah saat nya kamu konsultasi sama ahli nya agar tidak membuang uang dan waktu lebih banyak lagi.

Intinya adalah jangan malas baca dan belajar ! Banyak banget yang mau langsung solusi instan , ingat hal itu tidak pernah ada  ,dan mengeluarkan uang banyak belum tentu berhasil. Kadang banyak orang berpikir ketika sudah mengeluarkan uang jutaan dan langsung berpikir suplemen ini akan efektif karena harganya MAHAL.

Sebenarnya intinya kamu di boongin sama produk itu semakin banyak, jangan suka membuat asumsi dan psikologis sendiri.

Ini adalah tips dari aku bila kamu sudah diet dan olahraga tapi masih buncit atau gendut! Jangan lupa untuk terus belajar dan konsisten !

Regards ,

Your Personal Trainer & Nutritionist

Alvin Hartanto