APAKAH MINUM AIR DINGIN ( ES ) MEMBUAT BERTAMBAH GEMUK / GENDUT ?

” Minum air es bikin gemuk gak sih ? terus kenapa orang chinese selalu minum nya teh anget bukan air dingin ? Apakah setelah makan makanan berminyak kalau minum es minyaknya langsung jadi lemak ? “

Nah ini adalah pertanyaan yang sering di tanya ke aku, jujur aja aku dapet ratusan DM, Email perhari jadi aku gak akan bisa bales satu persatu. Tapi setiap pertanyaan kalian akan aku tampung dan akan aku bahas melalui blog atau vlog agar bisa di baca semua orang dan jadi lebih efektif juga.

The science

Secara science nya mungkin kalian semua sudah tau karena udah ribuan ahli yang berkata bahwa minum air dapat meningkatkan metabolisme dan membantu fat loss. Tapi gimana kalau air nya dingin ?

70% dari tubuh kita adalah air, dan air adalah salah satu yang paling esensial untuk tubuh kita. Banyak kan kalian nonton film kalau kekurangan air lebih bahaya dari pada kekurangan makan ?!

Air adalah rahasia untuk hidup sehat lebih panjang karena membatu menyalurkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh kita, organ, sel , menjaga temperatur tubuh kita, kelembab-an kulit , membuang toxin . Dan seperti yang kita tahu tidak minum air dalam beberap hari bisa menyebabkan kematian . Jadi kita sama sama sadar bahwa air sangatlah penting disini !

 

AIR DINGIN MEMBUAT GEMUK

Apakah air dingin / es membuat kamu gemuk ?

Tentu tidak ! Air hangat , es , dingin atau lemon pun tidak akan membuat kamu gendut karena air tidak mengandung kalori !  Air memiliki 0 KALORI! Jadi sangat tidak mungkin minum air dingin gapat membuat kamu bertambah gemuk ! Sebaliknya juga sama tidak air apapun yang bisa membuat kamu kurus.

Mungkin ada diet yang mengantikan makan malamnya dengan susu protein dan beratnya turun ?! Ya pasti turun donk namanya juga di ganti susu, kamu gak perlu beli susu protein yang di jual oleh mereka tapi ganti susu low juga beratnya sudah turun ! Logikanya porsi makan kamu berkurang cuma di ganti susu !

 “MAGIC MILK  / DRINK ITU GAK ADA ! “

BIlA KAMU INGIN BELAJAR MINUM AIR PUTIH TAPI BERAT BADAN BISA TURUN DAN MEMBANTU DETOX DI TUBUH KITA BACA BLOG AKU ” AIR PUTIH & DETOX”

MITOS AIR DINGIN DENGAN DIET DAN GEMUK ?!

Nah dari mana mitos ini berasal ?

  1. Topik di atas adalah chinese food dan kita tahu makanan chinese food itu tipikal tinggi kalori karena sangat berminyak dan tentu dapat membuat kamu over kalori dan membuat kamu gemuk ! Bila kamu makan chinese dan over kalori , minum teh hangat 1 galon pun tidak akan membantu kamu untuk menghindari kenaikan berat badan
  2.  Air dingin disini hanyalah air putih saja, tidak termasuk dengan kopi dengan gula, es teh manis, coca cola, bubble tea, semua blended dari starbucks. Bila kamu haus dan minum yang dingin dingin dari sana tentu saja gendut ! Karena yang kamu minum itu kan GULA SEMUA !
  3.  Hal yang sama juga berlaku dengan jenis makanan apapun , bila kamu makan di warteg, makanan indonesia atau makanan apapun dan minumnya air dingin. Bukan airnya yang bikin gendut tapi MAKANAN NYA!

GULA

FUNGSI MINUM AIR

  • Sebaliknya air dingin malah dapat meningkatkan metabolisme kamu di banding air hangat karena air-nya dingin badan kamu cenderung akan memanaskan tubuh untuk menghangatkan air tersebut begitu logikanya. Ada banyak sekali research yang membuktikan hal ini aku tidak perlu jabarkan satu persatu kamu bisa cari  research / literatur nya bila mau. Karena tujuan aku menulis blog aku adalah untuk memberikan kepastian dan menyingkat yang sudah ada saja. Semua pembaca pasti mau yang langsung  ” To The Point ” kan ?
  •  Air putih dapat membuat kamu hidup lebih sehat dan panjang karena air dapat membantu mengangkut oksigen ke jantung dan dapat mengurangi resiko sakit jantung.
  • Air dapat mengurangi sakit kepala, bila kamu pusing / stress coba stop dulu dan minum air putih 1 – 2 gelas secara perlahan.
  •  Air dapat meningkatkan performa dan kinerja otak aku, ketika kamu cukup air makan oxsigen yang di bawa ke otak pun cukup sehingga kamu akan lebih mudah berkonsentrasi dan focus. Coba bandingkan bila kamu kurang minum air / makan pasti pusing dan tidak bisa focus kan !?
  • Air dapat membuat kamu terlihat awet muda !  Karena aer dapat memberikan kelembaban untuk kulit . Kulit yang lembab akan sulit berkerut  ! Bila kamu mengaruk kulit kamu dan ada garis putih itu tandanya biasanya kamu kurang air !
  • Air putih juga bisa mengurangi jerawat karena dapat membantu sistem detoks kita

 

BERAPA AIR YANG HARUS AKU MINUM PERHARI DAN BAGAIMANA CARA MENCUKUPI NYA?

Aku selalu berkata segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik, untuk minum air targetnya 2-3  liter perhari itu sudah cukup kok.  1 gelas biasanya mengandung 250 ml air. jadi minumlah 8 – 12 gelas perhari. Bila kamu merasa kesulitan coba lah di hitung menggunakan botol misalnya, minum 4 botol air putih perhari . 1 botol biasanya 600ML. 4 botol artinya 2.4l  bukan ? Air putihnya botolnya merek apa saja sama aja kok , tergantung kepercayaan kamu ke brand masing masing saja. AQUA , NESTLE, ADES , dll . Yang pasti harus air putih !

 “1000 ml = 1 liter “

Jika kamu serius di diet ini pastikan tidak pernah minum minuman berkaleng , bersoda, atau teh yang di botolan karena kita tahu minuman seperti itu tinggi gula ! Bila membeli minuman selain air putih pastikan check kadar gula nya di tabel nutrisi bila gulanya di bawah 5G . Minuman tersebut tergolong rendah gula dan ok untuk sesekali di konsumsi

Cara minum air putih yang benar , sehat dan bagus untuk fat loss / detox pun pernah aku bahas click disini untuk membaca !

GOOD LUCK & REGARDS

YOUR NUTRITIONIST & PERSONAL

ALVIN HARTANTO

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s