CARA MENIMBANG BERAT BADAN DENGAN BENAR

SEBERAPA SERING SAYA HARUS MENIMBANG

Saya sarankan menimbanglah 3 hari sekali, di jam, situasi dan timbangan yang sama. Gunakan lah timbangan digital.  Saya sarankan menimbanglah pagi – pagi setelah baru bangun tidur dan dari kamar kecil dengan baju tidur yang mirip. Jangan hari ini menimbang pagi hari dan besok malam hari. Tentu saja yang malam hari akan lebih berat karena sudah di isi makanan yang belum tercerna. Timbangan malam selalu lebih berat dari pada pagi dan hal ini terjadi pada semua orang dan tubuh manusia.

APAKAH TIMBANGAN AKURAT ?

 Timbangan pada dasarnya hanyalah patokan karena tubuh manusia itu terdiri dari berbagai berat seperti berat otot, berat lemak , berat air.  Berat otot adalah berat yang baik karena bisa menaikan metabolisme dan membuat tubuh kita menjadi lebih sexy. Berat lemak adalah berat yang mau kita buang karena berat lemak adalah berat yang jahat, sumber penyakit, bikin kita terlihat jelek dan yang mau kita buang.

Contohnya begini bila berat otot kamu naik 2kg tapi berat lemak kamu turun 2kg tentu angka di timbangan kamu tidak akan berubah. Karena timbangan adalah total keseluruhan bobot kamu. Tapi badan kamu pasti mengecil karena walau beratnya sama, berat otot dan lemak itu bentuknya berbeda. Berat lemak itu lebih memakan tempat. Lihat gambar berikut.

screen-shot-2016-12-13-at-2-42-36-pmcara menimbang dengan benar

Walau timbangan kamu tidak turun , ukurlah lingkar pinggang kamu dengan patokan di pusar dengan meteran. Bila pinggang kamu mengecil itu tandanya berat lemak kamu masih berkurang atau FAT LOSS ! Bisa juga patokannya adalah celana jeans atau baju kamu.

FAT LOSS VS WEIGHT LOSS

Kita ingin fat loss bukan weight loss karena bila weight loss berat baik seperti berat otot pun bisa ikut terbuang. Banyak sekali produk yang mengklaim bisa menurunkan 5 kg dalam 1 minggu. Hati – hati itu berat otot dan lemak terbuang bersamaan karena itu jumlahnya besar tapi ini malah akan berdampak buruk pada tubuh kamu! Berat otot yang hilang nanti nya bisa menurunkan metabolisme kamu.

SEPERTI APAKAH PATOKAN TIMBANGAN YANG BENAR

Banyak orang suka bilang sudah 3 hari tapi timbangan tidak turun – turun alias stuck. Saya ingin agar kamu tidak terlalu stress dan terpaku dengan timbangan. Karena ingat timbangan adalah total kesluruhan dari berat badan kamu.

Target standarisasi ilmu gizi saat ini untuk fat loss maximalnya adalah 2 kg per bulan. kurang lebih 0.5 kg perminggu. Jadi apa bila kamu sudah turun lebih dari 1 kg perminggu itu sangatlah bagus sudah lebih dari maximal. Berat badan di bilang stuck itu apa bila dalam 1 bulan berat kamu tidak turun 0.5 KG gram dan bila di ukur menggunakan meteran juga tidak ada lingkar pinggang, paha atau pun tangan yang berkurang.

Lastly, Janganlah mau dibikin stress oleh timbangan ! Good luck and just keep going on your diet.

Regards

Your Nutritionist and Pro Trainer

Alvin Hartanto

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s