CARA MEMBUAT BERAT BADAN IDEAL DENGAN BENAR

Banyak yang bertanya ke saya bagimana cara menjaga berat badan dengan benar ?

atau Apakah kalau saya berhenti diet dan olahraga berat saya akan naik kembali ?

YUK KITA BAHAS.

Apa Itu Diet ?

Diet adalah pengaturan pola makan untuk tujuan tertentu . Misalnya untuk fat loss (menurunkan berat badan) atau maintain ( menstabilkan berat badan) . Ketika kita ingin fat loss tentu kita makan di bawah kebutuhan kalori kita perhari.

Cara menghitung kebutuhan kalori kita perhari kurang lebih seperti ini :

Berat Badan X 30 .

Jadi orang dengan berat badan 50 Kg dia membutuhkan kalori 1500 perhari untuk mempertahankan berat badannya. Bisa di bilang kamu bebas makan apapun yang kamu mau tapi jangan lebih dari 1.500 kalori perhari

Saat ingin fat loss ya sudah kurangi saja 200 – 300 kalori, Sehingga badan kamu kekurangan energi dan akhirnya badan kamu akan menggunakan cadangan energi untuk cover kekurangan itu . kalau sudah mulai stuck kurangin lagi lebih banyak, paling banyak kurangi 500 Jangan lebih dari itu.

CADANGAN ENERGI ALIAS LEMAK !

KESALAHAN PERTAMA

Pola makan diet extreme yang cuma makan 1x sehari, ganti makanan dengan buah atau susu suplement, diet tidak makan malam dan semacam nya itu SALAH.
Diet seperti itu tidak akan bertahan lama dan malah bisa membuat berat badan kamu semakin bertambah!

MENGAPA BEGITU ?

Ketika kamu diet terlalu extreme misalnya kebutuhan kalori kamu 1500 dan kamu makan cuma 500 kalori saja.

KEKURANGAN KALORI YANG TERLALU BERLEBIHAN INI AKAN MEMBUAT KITA MENGGUNAKAN MASSA OTOT SEBAGAI ENERGI JUGA ! PADAHAL YANG MAU KITA KURANGI ITU CUMA MASSA LEMAK.

Massa otot sangat baik ditubuh kita karena dapat membantu sistem gerak tubuh kita, membuat kita merasa fit, memberikan definisi bentuk tubuh yang sexy dan yang paling penting DAPAT MENAIKAN METABOLISME.

nah, ketika kamu diet extreme akibatnya massa otot ikut menurun yang berimbas kepada penurunan metabolisme sehingga BERAT BADAN KAMU JADI YOYO karena pembakaran makanan sudah lambat dan berat badan naik tidak karuan !

JANGAN LAH DIET TERLALU EXTREME. Kebutuhan kalori di kurangi 200 – 300 kalori sudah cukup kok, itu sudah sesuai dengan standard gizi yang ada. Ingat paling banyak kurangi 500 saja ! Setiap hari kita makan makanan yang berbeda jadi defisit nya tentu berbeda beda juga ya.

Nah buat kamu yang ingin menghitung kalori harian kamu, bisa pakai aplikasi yang sudah aku buatkan untuk kalian. angka hasil disini lebih akurat.  Disana akan ada 3 goal fat loss, maintain dan weight gain. Bagi yang ingin fat loss pilih saja fat loss . Sudah otomatis di itungin dan di kurangin kok. search saja NEWLIFE DIET DI GOOGLE PLAY ATAU CLICK GAMBAR DIBAWAH UNTUK DOWNLOAD

screen-shot-2017-01-24-at-2-26-08-am

KESALAHAN KEDUA

Porsi makan yang tidak di kurangi.

Check sekali lagi rumus aku di atas.

Berat Badan x 30 adalah kurang lebih untuk menghitung kalori maintain. Ini kurang lebih saja ya karena rumus asli nya ribet sekali.

Nah bila berat kamu turun jadi 45 kg bukan sesuai contoh lagi (50Kg). MAKA , KEBUTUHAN KALORI KAMU PUN SEMAKIN SEDIKIT.

Ini adalah fakta berat badan dan diet yang jarang di ketahui orang !

  1. BERAT BADAN SEMAKIN SEDIKIT MAKA KAMU MEMBUTUHKAN PORSI MAKAN SEMAKIN SEDIKIT JUGA
  2. WANITA LEBIH RINGAN DARI PADA PRIA PASTI BERAT BADANNYA, KARENA ITU PORSI MAKANNYA HARUS KECIL JUGA. TIDAK BOLEH SEPERTI POLA MAKAN PRIA. KARENA ITU IBU IBU RUMAH TANGGA PADA GENDUT GENDUT RATA – RATA KARENA POLA MAKANNYA IKUTIN SUAMI NYA
  3. BERAT BADAN KAMU STUCK SAAT DIET KARENA TIDAK DI KURANGI LAGI PORSI MAKAN-NYA PADAHAL BERAT BADAN SUDAH TURUN
  4. BERAT BADAN KAMU NAIK LAGI SETELAH DIET PADAHAL SUDAH TURUN 10 KG (DARI 50 KG MISALNYA), KARENA PORSI MAKAN KAMU BALIK LAGI SEPERTI SAAT KAMU 50KG PADAHAL HARUSNYA LEBIH SEDIKIT.

JADI,

Jawabannya adalah ketika berat kamu sesuai target sudah tercapai, porsi makan kamu harus di sesuaikan dengan timbangan kamu saat itu.

KESALAHAN KETIGA

KESALAHAN KETIGA ADALAH TIDAK ADALAH OLAHRAGA ! Olahraga tentu membantu mempercepat perjalanan kamu karena ingat rumus yang sering kita bahas INPUT VS OUTPUT.
INPUT< OUPUT = Fat Loss
Kelebihan energi = penumpukan lemak
Kurangan energi = cadangan energi terpakai , dan lemak adalah cadangan energi

Energi adalah kalori ! Kalau kamu olahraga OUTPUT kamu kan bertambah. Tanpa olahraga kamu sehari butuh 1000 kalori misalnya. Olahraga 1 jam jadi butuh 1300 kalori perhari. Selain itu metabolisme juga meningkat dapat bonus bentuk tubuh juga, intinya lebih cepat hasilnya.
Bandingkan kalau diet saja , metabolisme lama – lama melambat karena kalori deficit terus. Dan stuck , sehingga kita harus terus memperkecil porsi makanan karena semakin berat kita menurun kita memerlukan kalori semakin sedikit. Saran aku, olahraga saja dirumah bisa kok . cuma seminggu 3 – 4x cuma sejam,

kita kepo” Instagram dan path saja sudah 1 jam!

” Waktu tidak akan kembali loh, yuk di maksimalkan cara pakainya. ”
Olahraga salah satu alasan berat kamu bisa stabil dan tidak YOYO naik turun terus loh.

Selain itu yang paling penting adalah olahraga yang kamu pilih harus kombinasi angkat beban dan cardio.

Kenapa harus ada angkat beban vin ?!

Karena angkat beban dapat meningkatkan massa otot dan menaikan metabolisme dan kebutuhan kalori harian kita !

BERAT BADAN YANG SEMAKIN TURUN MEMBUTUHKAN KALORI SEMAKIN RENDAH. MISALNYA BEGINI :

1.BERAT BADAN 50 KG TANPA MASSA OTOT BUTUH KALORI 1500 PERHARI

2. BERAT BADAN 50 KG DAN CARDIO 1 JAM BUTUH KALORI 1800 PERHARI

3. BERAT BADAN 50 KG, CARDIO 1 JAM, TAPI ADA MASSA OTOT BISA BUTUH 2000 KALORI SEHARI. ( ini baru bicara soal kebutuhan kalori belum pembakaran loh)

Pembakaran 50 kg tanpa massa otot tentu berbeda jauh dengan 50 kg dengan massa otot ( kita tidak berbicara soal cardio disini). istilahnya mobil 1500cc dengan 3000cc bensinnya borosan mana sih ?! nah soal pembakaran dalam tubuh tidak bisa di hitung karena terjadi di dalam tubuh . TAPI TRUST ME, PEMBAKARANNYA SANGAT BERBEDA JAUH. SUDAH TERBUKTI KE RATUSAN CLIENT AKU DI INSTAGRAM THE FAMOUS FITNESS.

Screen Shot 2017-07-04 at 1.08.32 PM

Nah, APAKAH KAMU INGIN MAKAN BEBAS TAPI BERAT BADAN TIDAK BERTAMBAH ?

JAWABANNYA ADALAH PILIHAN YANG KE 3. KARENA KEBUTUHAN KALORI KAMU LEBIH TINGGI BEGITU JUGA PEMBAKARANNYA !

Selain kamu bisa mencapai goal lebih cepat dengan kombinasi pola makan , cardio dan angkat beban , kamu juga maintain nya JAUH  lebih gampang. Aku adalah profesional nutritionist dan Trainer. Metode aku sudah teruji secara ilmiah dan science. Terbukti di ratusan client aku , kamu bisa tanya ke mereka karena semua di instagram ada REAL TESTI . Saya berani jamin mereka beratnya semua stabil !

Buat wanita kamu tidak perlu takut menjadi kekar dengan angkat beban KARENA HAL ITU SAYA JAMIN TIDAK AKAN PERNAH TERJADI ! KAMU MALAH AKAN TAMBAH SEXY..

GAP BERAT BADAN STABIL

Saya ingin menjelaskan gap berat badan stabil adalah perbedaan 2 kg. Maksudnya seperti ini. Bila berat badan target kamu 50 kg .

JADI BERAT Gap kamu adalah 50 KG – 52 KG.

Maka kamu bebas makan makanan apapun ketika berat kamu sudah stabil .

JUST ENJOY YOUR LIFE KETIKA BERAT BADAN KAMU SUDAH TERCAPAI GOALNYA.

TAPI,

Ketika kamu sudah mencapai 52 kg, ya udah itu limit kamu jangan bablas dilebihin lagi, langsung buru buru diet ke 50kg. Dari diet ketat 50 kg ke 52 kg itu bisa dalam 1-3 hari LOH.

Mengapa begitu ?

Karena saat kita diet kan semua di track tentu hasilnya lebih bagus , carbo juga di sesuaikan . Nah ketika kita sudah melepas semua itu dan makan apa saja yang biasa di makan tentu adalah CARBO ! dan carbo itu bisa menaikan berat air ! Jadi bila kamu merasa sudah makan apapun tapi tidak melebihi batas kalori dan naik 2 KG dalam 1-3 hari.  ITU ADALAH BERAT AIR, karena CARBO dapat meningkatkan tabungan glikogen kita :).

LEMAK TIDAK AKAN BERTAMBAH BILA KAMU TIDAK MELEBIHI KELEBIHAN KALORI. cara maintain paling gampang menurut aku adalah, kamu bebas makan apapun yang kamu mau selama protein kamu terpenuhi hariannya ( berat badan x 1.5 gram) dan tidak melebihi kalori.

Jadi wajar ya bila berat badan kamu naik 2 kg setelah mencapai target. TAPI KALAU TARGET KAMU MAU DI 50 KG TERUS YA TANDANYA TURUNIN SAMPAI 48 KG ! KALAU MAU NAIK KAN JADI 50.

Tapi my best advice adalah, HIRAUKAN TIMBANGAN FOCUS DI KACA. YANG PENTING KAMU TERLIHAT BAGUS BADANNYA DI KACA, MUKA TERLIHAT FRESH YA SUDAH ITU ADALAH VERSI TERBAIK KAMU DALAM HIDUP KAMU. TIMBANGAN ITU BIKIN STRESS !

LASTLY,

saya mau mengingatkan janganlah diet extreme, seperti diet yang hanya makan dengan buah atau susu suplement, diet tidak makan malam dan semacam nya. ITU ADALAH DIET YANG SALAH.
Diet seperti itu tidak akan bertahan lama dan malah bisa membuat berat badan kamu semakin bertambah

Selalu sesuaikan kalori kamu, olahraga ( angkat beban dan cardio) seminggu 3 – 4x, dan cukup istirahat. SAYA JAMIN KAMU SUKSES PASTI

Regards

Your Personal Trainer & Nutritionist

Alvin Hartanto

One thought on “CARA MEMBUAT BERAT BADAN IDEAL DENGAN BENAR

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s