Apakah Habis Olahraga atau Gym Boleh Makan?

Mungkin harus tunggu 1 jam dulu ya ? Yang bagus makan apa donk ? dan sebagainya. Ini adalah pertanyaan untuk kita yang baru memulai olahraga ataupun menjalani pola hidup sehat, akan saya jawab satu persatu secara singkat.

Apakah boleh makan setelah berolahraga ?

BOLEH ! Bahkan 1 menit setelah kamu selesai olahraga / cooling down mau langsung makan pun tidak apa – apa kok.  Aku tidak akan menjelaskan dengan bahasa science yang susah susah.

Intinya begini tujuan kita berolahraga adalah untuk meningkatkan massa otot dan membuang kalori karena itu olahraga yang baik adalah kombinasi antara angkat beban baik untuk pria maupun wanita.

Wanita kekar karena fitness itu mitos ! kamu bisa baca selengkapnya disini.

Nah, banyak orang berpikir bahwa ” sudah buang kalori tar  kalau makan balik lagi donk sia sia saja ? ”

INI SALAH!

Ketika kita selesai berolahraga tubuh kita membutuhkan energi pengganti untuk menggantikan energi yang hilang itu. Bila kamu tidak makan setelah olahraga maka ada kemungkinan nanti massa otot tubuh akan hilang karena dipakai untuk menggantikan energi tersebut . Ini yang baru namanya kamu sia sia berolahraganya nya

Jenis Makanan apa yang cocok untuk selesai berolahraga ?

Komposisi antara karbohidrat dan protein adalah yang terbaik. Disini karbohidrat untuk menggantikan energy dan protein untuk penyembuhan otot agar besoknya badan kita tidak mengalami sakit otot yang terlalu parah. Mengkonsumsi protein setelah latihan juga membantu meningkatkan massa otot kita loh!

makan setelah berolahraga

Karbohidrat

Disini karbohidrat yang baik adalah karbohidrat complex / buah / putih seperti roti putih, nasi, nasi merah, nasi coklat, kentang, buah – buahan.

LOH KOK KARBOHIDRAT PUTIH BOLEH ?

Karena karbohidrat putih itu dapat diserap tubuh dengan cepat jadi HANYA boleh di konsumsi setelah gym. YES sometimes aku treat post gym aku sebagai mini cheat meal.

Misalnya makan nasi campur. Nasinya carbs, Pork, beef dan chicken untuk protein hehehe.

Protein

Protein disini seperti yang aku sebutkan di atas seperti apapun dari animal source seperti ayam , ikan ,sapi hingga babi. Kamu bisa juga mengkonsumsi whey protein bila sibuk.

Itu hal yang biasanya aku lakukan bila ada meeting gak sempat makan atau gymnya sudah terlalu malam selesai jam 10 malam ( sudah dinner dan kalori sudah mau penuh). Jadi kita konsumsi whey dan buah setelah latihan

YANG SALAH ADALAH HAL INI

Aku bilang post workout itu mini cheat meal tapi bukan berarti kamu bisa makan sebebas – bebas nya, Maximal calories dari post workout meal kamu kurang lebih 500 kalori. Nah dalam 500 kalori itu kamu sudah harus mendapatkan karbohidrat dan protein ya.

JANGAN 500 KALORI DARI GORENGAN, DONAT , KUE! itu gali lobang tutup lobang ! Kita 1 jam di gym + cardio kurang lebih membakar 300  – 400 kalori ( semakin kamu sering nge gym semakin kecil kalori yang terbakar karena badan kita sudah terbiasa berolahraga jadi efektif pembakarannya).

Well, bila kamu ke gym cuma cardio aja ( tanpa angkat beban) lantas tidak ada massa otot yang terbentuk, lalu selesai gym makan 2 donat = 700 kalori atau 1 mangkok bakmi 500 kalori, tapi bakmi gak ada proteinnya.

Pola makan yang salah setelah gym adalah makan bar bar yang manis – manis, gorengan, karbo semua atau over dari 500 calories !?!

Gak heran bila kamu tidak pernah sukses ! Daftar ke gym bukan berarti kamu langsung kurus ! mulai olahraga bukan berarti langsung kurus! Semua itu sia sia kalau pola makan dan latihannya semua ngaco.

KEEP LEARNING AND CONTROL YOURSELF !

Regards

Your Personal Trainer & Nutritionist

Alvin Hartanto

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s