Telur Itu Sebenarnya Baik Atau Buruk untuk kesehatan? (Manfaat dan Efek Samping Telur)

Siapa sih yang tidak tahu telur? Apa sih manfaat dari telur?

Banyak banget yang berkata bahwa mitos itu bisa membuat sakit jantung, tinggi kolesterol dan sebagainya.

Makan putihnya saja jangan kuningnya, kuningnya itu jahat dan sebagainya.

Memang betul ketika kamu membandingkan kuning telur kepada makanan lain. Kuning telur cenderung memiliki kadar kholesterol yang lebih tinggi 190 – 215 MG.

Tapi apakah kamu harus tahu kolesterol itu ada 2 yang baik dan yang buruk. LDL dan HDL.

LDL / Kolesterol Jahat

kolesterol jahat adalah yang membawa penyakit dan membuat kematian. Pada dasarnya tidak ada 1 jenis makanan apapun yang dapat membuat kolesterol kamu menjadi tinggi. Banyak orang berkata makan seafood bikin kolesterol? Apakah betul?

Seafood nya sih tidak bikin kolesterol, bahkan udang, kepiting dan ikan adalah sumber nutrisi yang bagus. PROTEIN TINGGI LOH MAKANAN-MAKANAN SEAFOOD!

Yang bikin kolesterol adalah saos dan minyak goreng-nya dan kamu makan berlebihan!

Sama dengan kuning telur, Kamu makan dua – tiga butir sehari tentu tidak membuat kolesterol .

Tapi bila kamu makan telur itu dengan sosis, bacon ditambah makan siang + malam kamu yang tidak pernah dikontrol tentu meningkat kadar kolesterol kamu!

Intinya, yang membuat kolesterol kamu meningkat adalah lifestyle kamu! Bila pilihan makanan kamu selalu yang manis manis, tinggi lemak jahat ya wajar bila bisa meningkat ini bukan salah si telur!

HDL / Kolesterol Baik

Ketika saya berkata telur itu dapat membantu meningkatkan kolesterol baik itu bukan berarti kamu bisa memakan telur hingga 10 butir sehari dan langsung merasa sehat.

Ada beberapa riset tentang ketogenic diet ( diet yang mengutamakan lemak baik). Nah ketika mereka check up, kadar HDL mereka meningkat cukup pesat tapi kadar LDL pun ikutan naik.

Ada pepatah berkata “segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik” dan saya sangat setuju dengan hal itu. Semuanya harus seimbang.

Telur pun memiliki efek samping seperti membuat kembung karena kandungan gastric acidnya yang tinggi ( bila di konsumsi dalam jumlah banyak).

Karena itu saya menyimpulkan batas normal untuk mengkonsumsi telur berikut kuningnya perhari adalah 3 butir / hari diimbangi dengan jenis makanan lain juga untuk gizi yang seimbang.

TELUR ADALAH SUPERFOOD YANG SEBENARNYA!

Banyak orang yang menganggap rendah makanan ini! Mungin karena telur murah? Tapi telur itu sendiri gizinya sangat banyak!

telur

Telur secara keseluruhan mengandung 6 – 7 Gram Protein dan memiliki kalori yang rendah.

Selain itu, Kuning telur mengandung vitamin B kompleks, yang disebut Kolin. Bahan kimia organik ini peting untuk pembentukan sel-sel otak, juga neurotransmitter. Di samping itu Kolin mendukung kesehatan hati, karena mencegah penumpukan lemak pada hati.

3 Buah telur utuh memiliki gizi yang hampir sama dengan 100 gram daging salmon / sapi !

Saya selalu merekomendasikan telur kepada setiap client saya untuk sarapan. Alasannya simple, Karena mengandung gizi yang tinggi mulai dari protein, lemak baik, vit A, vit B, VitE, Vit D, iron, Potasium, Choline,Dll.

Makanan bergizi tentu sangat baik untuk memulai aktivitias bukan? Apa lagi setelah kita tidur semalaman tidak makan 8 jam. Tentu kita ingin memberikan makanan dengan gizi selengkap mungkin kepada tubuh kita.

Masa pagi pagi minum alcohol atau makan kue?!!

Bila kamu wanita pagi-pagi makan 2 butir saja, masaknya di apain aja sama aja kok mau di scramble, rebus, goreng dengan olive oil ok.

Kalau pria makan aja 3 ya. Apa lagi kalau kamu cowo dan anak fitness bagus banget langsung dapet 20G protein.

GOOD LUCK DAN JANGAN SUKA TERMAKAN MITOS.

Regards

Your Nutritionist

Alvin Hartanto

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s