Kenapa Paha dan Tangan Kamu besar? Pasti Karena Kamu Tidak Tahu 5 Solusi Ini (2600 words)

Solusi pertama : Pelajari kenapa Tangan dan Paha kamu bisa bertambah besar.

Bagian tubuh kamu bisa bertambah besar karena satu alasan: berat badan & berat lemak yang naik.

Kenapa berat badan kamu bisa naik? Pertanyaan ini bisa kamu tanyakan ke diri kamu sendiri.

  1. Apakah kamu menjaga pola makan kamu? Atau makan apa saja
  2. Apakah kamu makan makanan yang tinggi kalori dan berlemak ?
  3. Apakah kamu memiliki olahraga yang teratur setidak nya seminggu 3x?

Bila tidak tentu jawabannya karena pola hidup kamu yang tidak baik.

Tapi secara garis besar yang bikin lemak di dalam tubuh naik adalah lebih ke pola makan yang tidak benar, karena tidak peduli sekeras apapun kamu berolahraga apa bila kamu tidak memiliki pola makan yang baik. Maka pola olahraga seperti apapun tidak akan bisa mengimbangi dan menebusnya

Kalau kata orang – orangkan olahraga itu seperti tebus dosa.nah ini dosa kamu tidak bisa ditebus masalahnya.

Secara ringkas bisa kita simpulkan yang mempengaruhi kadar lemak ditubuh itu terbagi jadi 3 yaitu Makanan, Olahraga dan Genetic.

Karena pasti ada diantara kalian yang berpikir dunia ini tidak adil ada yang makan banyak gak gemuk – gemuk, tapi saya makan sedikit aja udah gemuk. benar kan?

genes-vs-food-vs-exercise-3

Diatas adalah data berdasarkan sebuah studi di USA dan sebagai seorang trainer dan nutritionist saya setuju dengan data tersebut, dengan alasan sebagai berikut

20% Genetic :

Memang betul genetic mempengaruhi bentuk tubuh kita. ada wanita yang dianugrahi metabolisme yang bagus sehingga susah bertambah beratnya mau makan gitu – gitu aja tapi tetap kurus. Itu udah anugrah dari kedua orang tuanya.

TAPI,

Wanita itu tidak akan selamanya bisa begitu ketika bertambah tua wanita itu pasti akan bertambah gemuk akibat metabolisme melambat, kehamilan dan sebagainya. Wanita itu cukup sulit karena pola makan yang beragram misalnya pola makan untuk ibu menyusui tentu berbeda dengan pola makan ibu yang tidak menyusui. Ibu menyusui cenderung memerlukan kalori 400 kalori lebih banyak.

breast-feeder-mom

Namun,

Banyak sekali ibu – ibu yang saat menyusui selalu berpikir aku selalu lapar dan akibatnya karena tidak bisa mengontrol nafsu makan, ngemil pun sampai 1000 kalori padahal cuma butuh extra 400 kalori lebih banyak aja.

Kamu bisa baca disini untuk belajar kenapa wanita tiap bertambah umur semakin gampang gemuk padahal porsi makannya sama.

Karena itu genetic cuma 20% karena suatu hari nanti bila tidak dikontrol terus walaupun di anugrahi genetic yang bagus pas di atas umur 25 juga berat pasti bisa bertambah. Saya jamin beberapa hal ini terjadi diantara kita yang pola makannya sama tapi berat terus bertambah.

 “Genetic adalah sesuatu anugrah yang di berikan kepada kita walaupun saat ini kita makan apa saja tidak bisa gemuk alangkah baiknya jika kita rawat dan jaga tubuh kita.” – Alvin Hartanto

Tubuh kita itu mirip seperti mobil. Ada mobil yang sama dan diisi pakai bensin pinggir jalan dan satu lagi pakai pertamax yang mahal misalnya. Apakah sama – sama bisa jalan ? Tentu bisa, tapi mana yang rusak dan berkerak duluan mesinnya ?

Pola hidup sehat tidak hanya membuat kamu sehat tapi juga membantu kamu menjaga penampilan serta awet muda karena itu kamu sering liat papa2 atau mama2 di gym yang benar benar fit selalu tampak lebih muda padahal sudah berumur. Saya yakin kamu pasti pernah menemukan orang seperti itu. Tubuh kan sama kaya wajah satu kesatuan untuk penampilan. masa muka terus yang di kasih perawatan tapi badannnya gak di kasi nutrisi dan olahraga yang teratur ?

50% Makanan:

Setiap makanan memiliki kalori.

pasti kamu kalau ke supermarket atau lihat makanan apapun selalu ada table nutrisi dan jumlah kalorinya.

nutrisi-label-1

Kamu tahu gak kenapa di setiap makanan selalu ada label nutrisinya ?

itu karena kalori lah yang menentukan berat lemak kamu bisa bertambah atau berkurang. Inget ya kalori adalah energi.

DAN INI RUMUS SIMPLE-NYA, KETIKA KAMU SEBAGAI MANUSIA MENGKONSUMSI ENERGI ( KALORI MAKANAN) LEBIH DARI YANG TUBUH KAMU BUTUHKAN MAKA KELEBIHAN ENERGI ITU AKAN MENJADI CADANGAN ENERGI.

CADANGAN ENERGI ADALAH BAHASA HALUS DARI LEMAK !

Nah, begitu juga sebaliknya ketika kamu kekurangan energi , badan kamu akan pakai cadangan energi itu sendiri dan fat loss pun terjadi

Sebagai manusia kita memerlukan energi buat hidup, tapi keperluan energi kita tentu beda – beda. Sebagai contoh 2 manusia yang sama persis atau kembar , tinggi, umur, genetic dan berat badan yang sama bahkan bisa membutuhkan kalori yang berbeda.

Kembar 1 : Tidur aja seharian aja kerjanya. tentu cuma perlu 1500 kalori / hari misalnya

Kembar 2 : Tidur + Olahraga 1 jam .karena ada olahraga jadi perlu 1800 kalori.dia kan ada aktivitas tambahan.

Rata – rata semua mesin lebay loh,Sebenarnya olahraga 1 jam maximal itu cuma butuh 500 -600 kalori itu pun dengan intensitas dengan sangat tinggi.

kalau kamu jalan cepat di pagi hari sejauh 5 KM misalnya,

kalori yang terbakar aja baru 5 calori Dikali berat badan kamu. Berikut contoh beberapa daftar olahraga dan kalori yang dibutuhkan. 

NOTES : INI TIDAK 100% AKURAT KARENA TERGANTUNG BERAT BADAN DAN PEMBAKARAN SETIAP MANUSIA

senaman

Okay, jadi kamu udah tau lemak bisa bertambah karena kelebihan energi (kalori) dan berkurang karena kekurangan energi (kalori) juga.

Nah kebutuhan kalori seseorang itu berbeda – beda, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti :

  1. Berat Badan : Semakin berat , berat badan kamu tentu kamu memerlukan kalori semakin banyak. Misalnya berat badan 100 kg lawan 80kg. yang 80 kg pasti memerlukan kalori lebih sedikit setiap harinya.
  2. Jenis Kelamin : Wanita tentu memerlukan kalori harian lebih sedikit dari pada pria karena rata – rata berat wanita kan lebih enteng. jadi apabila kamu wanita tapi makan dengan porsi pria wajar bila berat badan kamu bertambah terus
  3. Umur : Semakin tua, kita akan memerlukan kalori semakin sedikit dikarenakan turunnya hormon dalam tubuh dan penurunan massa otot.
  4. Aktivitas : seperti yang di bilang di atas. yang olahraga pasti perlu extra kalori kan, olahraga itu kan salah satu aktivitas kalau kegiatan kerjaan kamu tukang bangunan kamu pasti perlu energi banyak tuh dibanding yang kantoran misalnya
  5. Banyaknya massa otot dalam tubuh : yang menentukan berat otot adalah angkat beban. Massa otot kamu bisa menambah metabolisme kamu.  Misalnya si kembar tadi contohnya sama – sama 50 Kg beratnya, dan hari ini mereka tidak berolahraga jadi ceritanya mereka sama – sama tidak butuh extra calories ya. Tapi karena kembar yang kedua rajin berolahraga dan memiliki massa otot lebih banyak hari ini dia membutuhkan 1700 kalori dan kembar 1 membutuhkan 1500 kalori karena dia tidak ada massa otot.
  6. Bayangkan bila si kembar kedua ini yang 1700 kalori memiliki aktivitas 0lahraga lagi sehingga kebutuhannya jadi 2000 kalori / hari . Dibanding kembar satu yang cuma 1500. Olahraga itu kalau konsisten bisa double effect nya. Disini bisa di bilang si kembar dua bisa konsumsi 30% lebih banyak kan! Karena 30% x 1500 kan = 450 kalori. Dan dia bisa makan sampai 2000 kalori.

Yang menentukan massa otot adalah angkat beban dan hormon. Bila hormon kita menurun tidak peduli mau ke gym angkat beban seberapa sering hasilnya pasti gitu – gitu aja.

Kamu harus inget kamu boleh makan jam berapapun yang penting kamu tidak melebihi kebutuhan kalori harian kamu, biar gak jadi cadangan energi atau lemak.

Kalau kamu pusing makanan kan ada ribuan terus itung kalorinya gimana, tentuin kalori badan gua perharinya gimana.

Kamu bisa download aplikasi penghitung kalori khusus buat Makanan indonesia. Pengguna Google Play Download disini ya

30% Latihan : 

Walaupun pola latihan bisa naikin metabolisme dan kebutuhan kalori kita perhari tapi kita tetap gak bisa kalahin makanan,

Misalnya gini 1 jam cardio itu nambah kebutuhan 300 kalori. Tapi 1 pisang goreng saja udah 300 kalori.
Apakah ini adil ? Tentu tidak.

Tapi 200 Gram salmon grilled sama satu mangkuk brokoli juga 300 kalori.

Nah disini kamu bisa pilih mau makan yang mana karena sama kalorinya. Seperti yang aku bilang tadi badan kita itu kaya mobil.

Kamu bisa pilih isi bensin pinggir jalan atau pertamax, tapi bensinnya mana duluan yang abis ? Tentu yang pinggir jalan !

genes-vs-food-vs-exercise-4

Kamu tentu bakal lebih cepat lapar makan 1 pisang goreng  daripada 200 Gram salmon grilled sama satu mangkok brokoli. Buat jangka panjang kita juga tau mana yang lebih sehat. Dari gambar di atas juga udah bisa membedakan 1x makan untuk junk food atau untuk seharian?

Sulitnya menentukan pola latihan juga salah satu faktor kenapa ini cuma 30%.

Pola latihan ada banyak jenisnya dari cardio, yoga dan pola angkat beban. Banyak orang berpikir yoga itu buat fat loss padahal itu salah. Yoga itu lebih ke perbaikan postur tubuh, relaxsasi dan flexibilitas. Mereka berpikir lemak itu keluar dari keringat. Sebagai INFO saja lemak itu keluar dari pernapasan loh !

Cardio juga sulit ditentukan banyak sekali yang tidak tahu timingnya kapan atau durasinya berapa lama. Apa lagi pola angkat beban ada banyak banget gerakannya.

Belum lagi gerakan untuk yang mau fat loss aja dan shaping tentu beda. Beda goal beda pattern

Karena ribetnya dan ribuan gerakan makanya ada personal trainer yang tugasnya membuat jadwal dan membantu kamu. Yang ini tidak akan dibahas lebih detail karena penjadwalan pola latian itu berbeda – beda setiap orangnya.

Tapi kalau kamu butuh personal trainer yang terjangkau kamu bisa cari disini

Bila Pola latian kamu benar olahraga tidak akan 30% bisa sampai 50% membantu fat loss, shaping atau bentuk tubuh kamu.

Solusi kedua : Pelajari cara mengecilkan-nya.

Kamu sudah tahu kenapa tangan kamu besar karena lemak kamu bertambah dan kamu udah tau kenapa lemak bisa bertambah karena kelebihan kalori dan gaya hidup yang tidak baik.

Sekarang kamu bisa lihat semua wanita yang memiliki tangan dan paha yang kecil adalah karena dia kurus ! kurus artinya memiliki kadar lemak tubuh yang rendah dan berat badan yang ideal. Cara menghitung berat badan ideal adalah Tinggi badan – 110. Ini kurang lebih saja !

Emangnya ada wanita beratnya 65 Kg tangan dan paha nya kecil ? kan tidak ada ! Ada sih kalau tingginya 180 cm .

jadi kalau kamu belum kecil paha dan tangannya padahal timbangan udah turun yah kamu belum ideal itu tandanya.

 Turunin terus sampe ideal.
Jadi jawabannya pertama untuk mengecilkan tangan adalah membuang lemak di dalam tubuh kamu !

Ini adalah fakta secara logika dan ilmu sains, bagian tubuh membesar karena lemak, ya tentu mengecilkan nya membuang lemak itu !

Tapi di internet saat ini banyak mitos yang tidak akurat begitu kamu mencari “ cara mengecilkan tangan& paha “ yang keluar adalah artikel latihan tangan dengan dumbbell untuk otot  bicep & tricep dan semacam nya.

Padahal kuncinya adalah dimulai dengan pola makan dahulu baru olahraga yang baik!

Ingat kuncinya adalah pola makan yang benar baru olahraga ! Tidak semua wanita yang kurus karena mereka rajin berolahraga. Mereka hanya menjaga makan !

HARUS DIINGAT !

Ketika kita membuang lemak , lemak itu hilang sebagai satu kesatuan tidak bisa kamu pilih seperti ini ” Latihan tangan agar lemak di tangan hilang deh sehingga kecilan”. INI SALAH !

Sama ketika kamu lemak kamu bertambah emangnya kamu bisa pilih ? duh berat gua bertambah, mau targetin naekin dibokong dan dada aja deh supaya makin montok dan sexy.

TIDAK BISA KAN ! jadi mengecilkanya pun tidak bisa ditargetin.

how to be fit: set of rules for a good lifestyle

Langkah – langkah untuk mengecilkan tangan, paha dan membuang lemak selamanya : 

1. Atur pola makan karena pola makan itu 50% dari kesuksesan kamu : Tidak peduli sebagus apapun pola olahraga dan genetic kamu kalau pola makan berantakan,kamu pasti cepat atau lambat akan bertambah gemuk karena faktor umur

2. Buat penjadwalan pola olahraga, kamu harus combinasi antara cardio dan angkat beban. Cardio itu buat naikin kebutuhan kalori kamu karena ada aktivitas berlebih dan angkat beban buat naekin metabolisme kamu. Inget contoh si kembar yang sama – sama gak olahraga tapi yang satu bisa lebih tinggi kebutuhan kalorinya ?

Selain itu olahraga bisa membantu mengencangkan bagian tangan dan paha kamu. Karena kulit kan elastis ketika lemak ilang pasti kaya ada bagian kosong. Nah supaya gak kendur bagian kosong ini bisa kamu ganti oleh otot space nya!

3. Cukup istirahat dan tidur pagian karena ketika kamu bergadang kamu pasti cenderung akan melapar dan mengkonsumsi makanan padahal dah malem dan kalori kamu udah cukup,

Kurang tidur juga bisa meningkatkan nafsu makan di hari sebelumnya. Logikanya simple karena kurang istirahat badan kita akan meminta energi lebih padahal kita tidak butuh itu ! cuma butuh tidur

Solusi Ketiga : Kenapa latihan tangan dan membentuk otot itu salah ?

Aku tidak berkata salah, hanya tidak akurat !

mengapa ? bayangkan tangan dan paha kamu yang besar itu adalah sekumpulan lemak akibat kamu tidak pernah olahraga !

Apa bila kamu tidak memiliki pola makan yang baik , tidak diet atau tidak olahraga tentu lemak – lemak itu tidak akan bisa berkurang.

Sekarang tiba – tiba kamu latihan otot tangan dan kaki hasilnya adalah TANGAN ATAU PAHA KAMU AKAN BERTAMBAH BESAR.

Otot + Lemak yang tidak berkurang = membesar

Pasti ada diantara kalian yang pernah mengalami hal ini, ke gym atau dirumah melatih otot tangan dan kaki malah hasilnya tambah besar, itu karena lemak kamu tidak berkurang kamu tambah dengan otot ya tentu saja size nya bertambah besar.

Ini logika dan ilmu sains yang tak pernah di bahas dan di jelaskan bila kamu cari di internet sampai kapanpun. Inget penjelasan bagian kedua kamu tidak bisa menargetkan bagian lemak yang mau kamu buang.

spot-reduction

Solusi keempat : CARDIO  VS ANGKAT BEBAN VS POLA MAKAN

Bila kamu yakin kamu bisa memiliki pola makan dan diet yang baik. silahkan angkat beban.

Bila tidak cara terbaiknya adalah olahraga dengan cardio dulu bukan angkat beban. Seperti jogging , renang , dan lain – lain.

Karena pola latihan angkat beban itu ada ratusan jenis nya , tentu kamu sebagai orang awam tidak tahu pola seperti apa yang efektif.

Kalau cardio kan gampang, tapi inget cardio terlalu lama juga bisa menurunkan massa otot tubuh loh , jadi durasi yang bagus 40 -60 menit aja.

Kamu juga gak perlu suplemen obat kurus,detox tea, atau semacamnya kamu cuma perlu itung kontrol kalori kamu aja.

Kalau gak percaya coba aja kamu makan Junk food sehari 2 kali. siang dan malem  selama 2 hari berturut sambil minum suplemen itu apakah bisa turun beratnya ?

Kalau pola makan ma latihan udah bener baru silahkan pake suplemen. kalau tidak ini hanya buang – buang uang. Suplemen itu cuma membantu saja sebenarnya. Kuncinya adalah pola makan.

Kamu sakit dari mana ? makanan ? sehat dari mana ? makanan juga kan.

Solusi kelima : Konsistensi

Kamu harus konsisten dengan pola makan dan pola latihan kamu agar  badan kamu bisa fit selamanya.

Bila pola makan baik pasti lemak pun tidak bertambah jadi tangan dan paha kamu pun kecil selamanya.

Pastikan kamu punya pola diet yang baik , tidak menyengsarakan dan bisa dijalani seumur hidup ya.

Jangan pola makan seperti tidak makan malam dan sebagainya karena kan sengsara suatu hari pasti stop dan pas makan malam berat naik tangan dan paha kembali besar lagi.

Pola olahraga pun juga sama jangan paksain yang kamu gak bisa dan butuh teknik sulit pasti gak bisa konsisten

Kunci buat kecilin tangan dan paha adalah : buang lemak melalui konsistensi pola makan dan olahraga yang baik sehingga kamu pun bisa FIT dan kurus selama nya.

Notes : Terima kasih sudah membaca artikel ini panjang lebar ini, sekarang kamu udah tau harus ngapain dan mulai dari mana.

Kesimpulan

  1. Buat mengecilkan tangan kamu harus memastikan kamu tidak akan menambah lemak lagi. Lemak bertambah dari pola makan. Simplenya pastikan kamu memiliki pola makan yang baik sehingga kadar lemak dan berat badan kamu tidak akan bertambah. Tidak peduli apapun genetic kamu pastikan kamu memiliki pola makan yang baik agar memiliki tubuh ideal selamanya
  2. Pola makan yang baik adalah yang tidak melebihi kebutuhan kalori kamu dan sumbernya natural. Ingat goal kita memastikan lemak tidak bertambah kalau tidak akan gali lobang dan tutup lobang. Nanti stuck dan tidak ada hasil
  3. Setelah memastikan lemak tidak bertambah baru kita mulai olahraga dengan cardio dan angkat beban, disini tangan akan mengencang dan mengecil . olahraga membantu meningkatkan kebutuhan kalori harian kita
  4. Buat mindset kamu ini adalah untuk jangka panjang, karena percuma diet 1 bulan tangan dan paha kecilan terus pola makan berantakan akhirnya membesar lagi.
  5. Konsisten dan percaya lah secara perlahan tapi pasti lemak pasti turun dan badan kamu akan mengecil sendiri, sexy dan sehat.

Kamu harus sabar dan jangan mau di bikin stress sama timbangan.

Bahkan timbangan digital juga menimbang kamu dengan satuan per 100 gram.

Berat kamu 55,2 Kg artinya 55 kg dan 200 gram.

Tapi bagaimana bila hari ini lemak kamu berkurang cuma 30 gram ? angkanya pun tetap sama 55,2 Kg ! akan dibulatkan angkanya oleh timbangan itu !

Kurangnya lemak itu tidak bisa diprediksi , bisa sehari 10 gram , sehari 30 gram tapi ingat angkat ini nanti terus terakumulasi. Bila dalam 1 – 3 hari saja timbangan kamu tidak turun tidak apa jangan stress itu cuma permainan angka di timbangan saja ! Jangan bilang itu stuck !

Bila kamu sudah 2 minggu olahraga konsisten dan kamu percaya pola makan kamu sangat baik tapi tidak ada penurunan sama sekali ditimbangan itu baru namanya stuck !

Regards

Alvin Hartanto

Nutritionist & Pro-trainer

Apa pendapat kamu tentang penyebab dan solusi dari tangan dan paha yang besar ? Apakah ada pendapat lain ? LET ME KNOW IN THE COMMENT BELLOW.

fb-art

Share on Facebook

 

One thought on “Kenapa Paha dan Tangan Kamu besar? Pasti Karena Kamu Tidak Tahu 5 Solusi Ini (2600 words)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s