Suplemen BCAA

THEFAMOUSFITNESSSUPLEMEN BCAA, BCAA (Branched Chain Amino Acid) merupakan asam amino sebagai nutrisi yang dapat mencegah pemecahan otot. Manfaat penting dari BCAA yakni mengurangi kerusakan otot, meningkatkan cadangan glikogen otot, meningkatan kesehatan & kekebalan badan, juga meningkatkan daya tahan otot. Bagi anda yang berlatih keras &mau pulih lebih cepat setelah latihan, meningkatkan ukuran otot, mengurangi nyeri otot, & meningkatkan system kekebalan tubuh sehingga BCAA merupakan solusi yang sesuai.

KATABOLISME

catabolism.gif

 

Katabolisme adalah sebuah reaksi pemecahan molekul kompleks jadi lebih sederhana yang melibatkan pelepasan energi. Bagaimanakah dengan katabolisme otot? katabolik berarti digunakannya protein otot sebagai sumber energi.

Saat kita berlatih dengan cukup berat & dalam durasi yang cukup panjang, otot sangat sering mengalami proses katabolisme yang mengakibatkan menyusutnya otot Anda. Pasti anda semua tidak mau ini terjadi bukan? Dengan pengaturan nutrisi yang tepat, andadapat mencegah penyusutan otot sekaligus memaksimalkan pertumbuhan & perkembangan otot Anda.

Saat latihan fitnes yang intens, tubuh biasanya dalam kondisi katabolik. Dalam kondisi ini pusat penyimpanan glikogen dalam tubuh akan cepat habis dan hati harus bekerja untuk mensintesis glukosa untuk sumber energi. Suplemen BCAA mencegah tubuh mengambil protein dari otot sebagai bahan bakar untuk mencegah kerusakan otot. BCAA ‘mengorbankan’ dirinya sendiri untuk dijadikan bahan bakar.

Dengan mengurangi pemecahan protein dari otot selama latihan, maka kemungkinan anda meningkatkan massa otot menjadi semakin besar karena proses sintesis protein juga meningkat. Tubuh menghengtikan proses pemecahan protein dari otot setelah mendapat sinyal pelepasan BCAA, terutama saat stres.

Manfaat BCAA, Dalam BCAA terdapat 3 asam amino dari keseluruhan 9 asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh yaitu leucine, isoleucine, dan valine. BCAA dapat dioksidasi dalam otot rangka, sementara asam amino esensial yang lain dipecah terutama dalam hati. Latihan fitnes yang intens sangat meningkatkan pengeluaran energi dan meningkatkan oksidasi BCAA.

BCAA sangat dipercaya berkontribusi dalam pembakaran kalori selama latihan sebagai sumber energi. Saat latihan aerobik atau latihan fitnes yang berdurasi panjang, BCAA dapat dioksidasi dalam mitokondria di otot dan menghasilkan energi.

Karena saat latihan yang intensif tersebut, BCAA terus dibakar untuk meneningkatkan energi secara signifikan, maka sebagian besar BCAA akan dimetabolisme dan dapat mengakibatkan berkurangnya kadar BCAA dalam otot. Untuk itulah, suplemen BCAA dibutuhkan untuk memasok BCAA ke dalam tubuh, terutama otot.

Manfaat penggunaan suplemen BCAA sebelum dan sesudah latihan pada metabolisme protein otot dan kerusakan otot akibat latihan telah banyak diuji melalui berbagai penelitian.

Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa suplemen BCAA oral/pil (77 miligram/kilogram berat badan) sebelum latihan fitnes terbukti memberikan peningkatan kadar BCAA selama latihan dan dapat mengurangi pemecahan protein otot. Suplementasi asam amino dengan tambahan BCAA juga terbukti mengurangi nyeri otot setelah latihan.

Para ahli percaya jika stimulasi sintesis protein oleh leucine dapat mengurangi pemecahan protein otot setelah latihan fitnes, karena BCAA mempunyai sifat melindungi dari kerusakan dan nyeri pada otot setelah latihan.

Regards

Your Trainer & Nutritionist

Alvin Hartanto

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s