Suplemen Creatine

THEFAMOUSFITNESSSUPLEMEN CREATINE, tidak banyak orang yang mengetahui apa itu creatine, apalagi kegunaan creatine. Namun pada kenyataannya creatine adalah salah satu bahan yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Creatine sendiri termasuk ke dalam jenis asam amino yang akan dihasilkan oleh pankreas, ginjal dan juga hati. Creatine sendiri hampir sebagian besar disimpan di dalam jaringan otot. Itu sebabnya creatine lebih dikenal sebagai sumber energi untuk otot dan dapat membantu proses pertumbuhan otot.

Creatine tidak hanya dapat diperoleh dari dalam tubuh, creatine juga dapat diperoleh ketika Anda megkonsumsi protein yang terdapat dalam hewani, seperti ikan dan daging sapi. Selain protein dari hewani ada juga sebuah suplemen yang mengandung bahan creatine ini dengan dosis tertentu. Ketika Anda mengkonsumsi creatine yang diperoleh dari hewani atau dari suplemen, maka creatine tersebut akan diubah menjadi creatine phospate, maka akan menghasilkan Adenosine Thriphosphate (ATP). ATP ini yang lebih dikenal sebagai sumber penyedia energi bagi otot.

Creatine memang dapat diproduksi oleh tubuh, namun ternyata tidak semua creatine yang didapat dari sumber hewani atau suplemen aman untuk dikonsumsi oleh sembarang orang. Ada beberapa bahan tertentu yang ternyata tidak terlalu aman untuk beberapa orang, terutama bagi mereka yag mempunyai penyakit ginjal, diabetes atau penyakit hati. Sedangkan untuk suplemen creatine ada baiknya untuk tidak dikonsumsi oleh mereka yang berusia di bawah 18 tahun, wanita yang sedang hamil, dan juga menyusui. Bagi Anda yang sedang mengkonsumsi obat-obatan untuk pengobatan penyakit tertentu ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter, apakah tidak masalah jika mengkonsumsi creatine atau tidak. Karena creatine ini ternyata dapat mempengaruhi kadar gula dalam darah.

Jika Anda ingin mengkonsumsi creatine maka ada baiknya jika mengkonsumsi 1 hingga 2 gram creatine setiap harinya. Jika Anda seorang atlet yang baru mengkonsumsi creatine maka sebaiknya mengkonsumsi 10 hingga 30 gram creatine setiap harinya, yang kemudian akan diturunkan menjadi 2 hingga 5 gram setiap hari. Jika Anda mengkonsumsi creatine terlalu berlebihan dapat mengakibatkan kelebihan berat badan, kecemasan, kesulitan dalam bernafas, demam, diare, masalah pada ginjal, mual, dan berbagai macam reaksi lainnya.

Creatine ini juga akan menyerap kandungan air yang ada dalam tubuh, dengan begitu dapat menyebabkan massa otot dapat bertambah. Itu sebabnya ketika Anda mengkonsumsi suplemen ini ada baiknya jika diimbangi dengan mengkonsumsi air minum secara teratur, agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Kegunaan creatine atau fungsi dari creatine sendiri terdiri dari beberapa macam, seperti Meningkatkan kinerja otot. Dimulai sejak tahun 1970-an para ilmuwan berhasil menemukan bahwa ketika seseorang mengkonsumsi creatine dalam bentuk suplemen dapat meningkatkan kinerja fisik tubuh. Itu sebabnya para tahun 1990-an para atlit mulai menggunakan creatine sebagai suplemen untuk olahraga.

Ketika seseorang mengkonsumsi creatine maka akan dapat menambah kekuatan,dapat meningkatkan massa otot dan juga dapat membantu memulihkan kondisi otot dengan cepat setelah melakukan olahraga. Pada dasarnya sistem metabolisme tubuh setiap orang berbeda-beda, maka dari itu tidak heran jika ada beberapa orang yang dapat merasakan creatine ini secara langsung dan ada beberapa orang yang tidak dapat merasakan efek creatine secara langsung.

Dapat mengobati beberapa penyakit. Para peneliti bahkan mulai mempelajari bahwa creatine dapat digunakan untuk pengobatan. Ada beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh bahan ini, seperti distrofi otot, penyakit parkinson, gagal jantung, penyakit Hutington dan juga penyakit Lou Gehrig.

Ketika seseorang yang mempunyai penyakit tertentu mereka dapat mengkonsumsi creatine tersebut kemudian diimbangi dengan latihan secara teratur. Cara seperti ini akan membantu membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik, dan beberapa massa otot akan semakin baik.

Dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Sebuah penelitian kecil yang dilakukan di Australia bahkan menyatakan bahwa ketika seseorang mengkonsumsi creatine ini secara teratur selama 6 minggu, maka kondisi kesehatannya akan jauh lebih baik daripada mereka yang tidak mengkonsumsi creatine ini sama sekali. Akan tetapi beberapa peneliti yang lain beranggapan bahwa kekuatan tersebut hanya akan berlaku selama jangka pendek.

Creatine dapat membantu menurunkan kolesterol. Jika Anda mempunyai kolesterol maka ini mungkin akan menjadi slah satu berita gembira. Suplemen yang satu ini ternyata dapat digunakan untuk mengatasi kolesterol dalam darah. Creatine ini ternyata dapat menurunkan jumlah kolesterol, dan juga LDL.

Ada banyak sekali orang yang bertanya-tanya kapan waktu terbaik untuk mengkonsumsi creatine, terutama suplemen creatine. Bagi mereka yang menyukai olahraga fitnes tentu akan menyukai suplemen dari creatine tersebut. Pada dasarnya tidak ada bedanya ketika seseorang mengkonsumsi suplemen creatine sesaat sebelum latihan atau sesudah latihan. Namun jika dilakukan secara terus menerus, maka akan ada sebuah perbedaan kecil ketika seseorang mengkonsumsi creatine ini pada saat setelah latihan.

Seseorang yang mengkonsumsi suplemen creatine pada saat setelah latihan, maka akan menunjukkan perkembangan yang sedikit signifikan, dimana massa otot akan meningkat sekitar 30% daripada mereka yang mengkonsumsi creatine sebelum latihan.

Regards

Your Personal Trainer & Nutritionist

Alvin Hartanto

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s