Latihan Kardio Untuk Menurunkan Berat Badan

Latihan kardio untuk menurunkan berat badan.

Banyak sekali yang bercerita kepada saya saat konsultasi, “vin, dulu gua rajin cardio seperti aerobic, lari, renang dan sebagainya, tapi setelah gak rutin lagi kok berat badan gua malah bertambah lebih dari sebelumnya ya?”.

Yuk dibahas, secara rinci apa yang terjadi ke badan kamu saat kita berhenti cardio.

Apakah kamu ingat soal teori INPUT < OUTPUT = FAT LOSS?
Saat kamu ada aerobic OUTPUT kamu bertambah jadinya fat loss pasti terjadi, tapi saat kamu terlalu banyak cardio seperti treadmill, aerobic dan kelas kelas lainnya. Massa otot kamu pasti menurun jadi metabolisme melambat. Massa otot yang menurun dan melambatnya metabolisme inilah yang membuat kamu bertambah gemuk ketika kamu berhenti melakukan cardio.

Apa yang terjadi saat kamu berhenti cardio:

1. Input menurun karena berat badan kamu sudah menurun, pasti perlu kalori harian lebih rendah. Disini walaupun porsi makan kamu sama ada kemungkinan berat badan kamu bisa bertambah karena jumlah kalori harian yang dibutuhkan tubuh kamu menurun. Semakin kecil berat badan kamu, kamu akan memerlukan jumlah kalori semakin sedikit.
2. Metabolisme melambat karena pembakaran otot akibat cardio tidak diimbangi angkat beban. Untuk mengatasi hal ini olahraga kamu tidak boleh hanya cardio saja tapi harus diimbangi oleh angkat beban.
3. Output menurun karena sudah tidak ada olahraga. Kamu berhenti? Pasti naik langsung beratnya, sangat wajar itu terjadi karena ada pengeluaran energi tambahan. kalau dulu misalnya kamu ada pengeluaran energi extra 300 -400 kalori / hari karena melakukan cardio sekarang sudah tidak ada sama sekali.

Kesimpulan

Penurunan ouput, penurunan jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh / hari adalah alasan utama kenapa berat badan kamu bisa bertambah ketika kamu berhenti melakukan cardio.Saran saya kesehatan dan badan itu salah satu faktor penting di hidup kita tolong diusahakan untuk dijalankan seumur hidup setidaknya seminggu 2 – 3 kali. Badan kan seperti wajah yang harus dirawat, kalau wajah dicuci setiap hari, kalau badan olahraga yang rutin dan nutrisi yang cukup.

Regards

Your Personal Trainer & Nutritionist

Alvin Hartanto

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s