Diet Detox

DIET DETOX

THEFAMOUSFITNESS – Diet detox adalah jenis paling umum yang dilakukan untuk mengurangi racun di dalam tubuh. Salah satu jenis diet detox yang cukup populer adalah Cleanse Clean (dipopulerkan oleh Gwyneth Paltrow) dengan pedoman yang sama. Ketika racun masuk ke dalam tubuh maka ia harus dikeluarkan melalui feses, urine atau keringat. Hal ini agar racun-racuntersebut tidak diserap atau diresirkulasi dalam sistem tubuh yang bisa mempengaruhi kesehatan.

Beberapa ahli mengungkapkan diet detox yang dilakukan dengan benar bisa memberikan berbagai manfaat bagi tubuh seperti meningkatkan sirkulasi darah, memperbaiki sistem pencernaan, serta membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih baik.

Langkah yang dilakukan dalam menerapkan diet detox

Dalam melakukan diet ini jumlah asupan makanan seseorang tidak dibatasi, namun diminta untuk menghindari atau mengurangi gula, gorengan, makanan olahan, makanan yang mengandung gluten dan juga susu. Sementara itu disarankan untuk mengonsumsi banyak sayuran segar dan juga buah-buahan, serta makanan lain yang mengandung antioksidan dan juga senyawa anti peradangan (anti-inflamasi).

Diet detox yang dirancang untuk pemula biasanya berlangsung selama 3-7 hari, namun jika ingin melakukan pembersihan lebih lama lagi, diet detox bisa dilakukan hingga 21 hari. Biasanya diet detox 3-7 hari dilakukan oleh orang-orang yang tidak mampu melakukan diet ketat karena terkendala waktu atau memerlukan lebih banyak protein dalam asupan makanannya.

Ada banyak jenis diet detox, mulai dari konsumsi jus beberapa kali dalam sehari, minum lebih banyak cairan, konsumsi lebih banyak sayuran atau menghindari gandum. Kunci untuk memilih diet yang cocok adalah berdasar kondisi kesehatan, tingkat energi dan juga gaya hidupnya. Ada juga yang terkenal saat ini diindonesia cuma minum jus saja selama beberapa hari

Apa pendapat saya ?

Ada pro dan kontra, Memang betul ditubuh manusia kita bisa melakukan detoksifikasi atau pembuangan racun. Namun pada saat kita malas berolahraga, istirahat tidak teratur dan tidak menjaga pola makan. Sistem detoksifikasi kitapun menjadi rusak. Banyak orang – orang berumur mengalaman kerusakan sistem detox. Sebagai contoh :

1 .Orang yang gemuk cenderung memiliki masalah kulit karena sistem hati sudah sulit menyaring darah kotor akibat pola makan yang tidak benar sehingga menimbulkan darah kotor, jerawat atau kulit lebih kusam.

2. Ada ibu – ibu atau bapak – bapak mengalami sembelit karena sistem detox usus besarnya tidak benar akibat penumpukan racun. Logikanya mereka hidup lebih dari yang muda tentu penumpukan racun pun lebih banyak. Tubuh kita sama seperti wastafel bila terjadi mampet , racun pun akan terus menumpuk dan semakin parah.

3. Orang yang rajin olahraga raga cenderung lebih awet muda. Racun didalam tubuh dapat membuat sistem organ ditubuh kita bekerja lebih keras. Ibarat seperti mobil yang satu diisi bensin mahal dan sering ganti oli. Sisi satunya jarang ganti oli dan bensin pinggir jalan. Pasti yang turun mesin atau rusak duluan kamu tau yang mana ?

Apakah betul diet detox selama 3 – 21 hari bisa membuang racun ?

Untuk mengembalikan sistem pembuangan racun kita ketitik optimal harus dimulai dari pola hidup sehat. Pola diet dengan juice tentu bisa membantu hal ini karena tubuh kita akan dibanjiri nutrisi yang baik selama beberapa hari. Namun hal ini percuma bila kamu kembali kepola makan awal.

Apakah Pembuangan racun hanya bisa dengan detox juice saja ?

Tidak ! kamu hidup dalam jangka panjang tentu pembuangan racun selama beberapa hari itu percuma jika pola hidup sehat yang benar tidak bisa diterapkan dalam jangka panjang. Banyak client saya gagal mempertahankan diet detox yang jus seperti itu karena terlalu sengsara hanya juice saja selama beberapa hari. Namun bila kamu membutuhkannya di saat yang penting tidak ada salahnya kamu mencoba juga.

Regard’s

Your Personal Trainer & Nutritionist

Alvin Hartanto

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s