5 Fakta Tentang Yoga Ini Jarang Dibahas dan Diketahui Banyak Orang

5 Fakta Tentang Yoga Ini Jarang Dibahas dan Diketahui Banyak Orang
Barangkali Anda kerap mendengar klaim yang mengatakan bahwa yoga adalah salah satu olahraga terbaik yang mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Dengan melakukan yoga secara rutin, lemak-lemak di dalam tubuh akan menjadi hilang. Lantas, benarkah yoga bisa melakukan hal hebat seperti itu? Coba simak fakta dari yoga di bawah ini.

1. Yoga Bukanlah Jenis Olahraga Kardio
Setelah melakukan yoga, Anda akan mendapatkan keringat yang berlimpah. Sayangnya, yoga bukanlah kardio. Yoga adalah seni mengolah tubuh dan mengatur penapasan yang dikembangkan masyarakat Hindu di India. Jadi, jangan mengandalkan yoga saja ketika ingin melancarkan program weight loss atau penurunan berat badan.

2. Yoga Mampu Menurunkan Berat Badan
Yoga bisa menurunkan berat badan namun tidak terlalu signifikan. Jika Anda ingin menurunkan berat badan lebih banyak, maka imbangi dengan angkat beban secara rutin. Angkat beban yang dilakukan seminggu 3-5 kali terbukti mampu meningkat metabolisme tubuh antara 24-48 jam.

3. Yoga Membuat Anda Lebih Fleksibel
Yoga akan membantu Anda menjadi lebih fleksibel. Latihan yang dilakukan akan melenturkan semua sendi pada tubuh hingga Anda merasa lebih nyaman dalam bergerak. Oh ya, fleksibilitas tubuh sangat berguna saat berlari, renang, hingga latihan beban di tempat fitness.

4. Yoga Mencegah Gangguan pada Jantung
Selain membuat tubuh jadi semakin fleksibel, yoga akan membuat Anda memiliki detak jantung yang lebih stabil. Gangguan seperti tekanan darah tinggi hingga gula darah tak akan pernah terjadi. Latihan yoga secara rutin akan menstimulasi kerja jantung menjadi lebih baik.

5. Yoga akan Mencegah Penuaan Dini
Melakukan yoga secara rutin akan membuat Anda terus berkeringat. Tubuh pun terpacu untuk terus melakukan regenerasi pada sel. Dampaknya, sel-sel mati yang menyebabkan kulit Anda jadi kusam akan hilang. Akhirnya, penuaan dini yang ditakuti banyak wanita pun akan hilang perlahan-lahan.

Demikianlah fakta tentang yoga yang jarang diketahui banyak orang. Dan dari lima poin di atas, Anda akan tahu bahwa yoga sangat bermanfaat.

Point Penting

Anda harus tahu bahwa kurang lebih jenis olahraga terbagi menjadi 3.

  1. Perbaikan postur tubuh dan flexibilitas seperti yoga dan pilates. Jenis olahraga ini melatih sedikit otot – otot ditubuh anda namun tetap harus diimbangi dengan angkat beban ( alat – alat di gym / sepasang dumbbell) seperti yang saya bilang di atas. Yoga dan pilates ini kurang efektif untuk membuang lemak karena fokusnya adalah flexibilitas dan perbaikan postur tubuh.
  2. Cardio seperti olahraga apapun yang ‘biasanya’ anda tahu seperti renang, basket, futsal, jogging dan lain lain. Fungsi cardio adalah untuk membakar lemak saat olahraga tersebut.
  3. Olahraga untuk meningkatkan massa otot tubuh seperti angkat beban dengan mesin gym atau bermain dumbbell. Fungsi olahraga ini adalah membentuk tubuh (shaping) dan meningkatkan metabolisme. Bila tidak ada otot gimana shaping-nya kan?

Bila focus anda di fat loss, kami sarankan untuk cardio dan focus diangkat beban seminggu 3-4 kali. Boleh diselingin dengan yoga seminggu 1-2x untuk streatching tubuh dan relaxsasi.

Regard’s

Your Personal Trainer & Nutritionist

Alvin Hartanto

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s