Sadari Perbedaan Komposisi Tubuh Wanita vs Pria Saat Mengejar Fitness Goal

Sadari Perbedaan Komposisi Tubuh Wanita vs Pria Saat Mengejar Fitness Goal
Kamu hobi fitness atau gym? Ingin membentuk massa otot dan memiliki perut sixpack? Ternyata ada beberapa hal penting yang berpengaruh dalam pembentukan massa otot yang perlu kamu ketahui.

Salah satunya adalah jenis kelamin. Jenis kelamin ternyata memengaruhi komposisi tubuh. Komposisi tubuh berpengaruh pada jumlah lemak total dan di bagian tubuh mana lemak paling banyak disimpan. Berikut adalah perbedaan komposisi tubuh pria dan wanita yang dapat berpengaruh dalam mencapai fitness goal kalian:
Perbedaan Lemak

Pada wanita dan pria terdapat perbedaan lemak tubuh. Pada wanita, persentase lemak tubuh lebih tinggi daripada pria. Jika pada wanita persentase lemak tubuh mencapai hampir 25%, pada pria total lemak tubuh hanya berkisar 15%. Perbedaan persentase lemak tubuh ini berkaitan erat dengan sistem hormonal. Sebagai contoh, pada wanita terdapat hormon estrogen yang dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan lemak, meskipun hormon ini juga berfungsi membantu mengolah lemak tubuh menjadi minyak. Cara terbaik untuk mengurangi lemak tubuh adalah dengan berolahraga.

Distribusi Lemak Tubuh
Pria tampak mudah gendut daripada wanita. Hal ini dikarenakan distribusi lemak yang berbeda antara pria dan wanita. Pada pria cenderung terjadi penumpukan lemak di bagian perut, sedangkan pada wanita penumpukan lemak terbanyak berada pada lengan dan paha.

Pengaruh Faktor Iklim
Komposisi tubuh pria dan wanita ternyata dipengaruhi oleh iklim. Individu yang tinggal di daerah hangat seperti Afrika cenderung mengalami penumpukan lemak di bagian pantat, sedangkan penduduk Mediterania cenderung mengalami penumpukan lemak di daerah pinggul, dan penduduk Asia sering mengalami penumpukan lemak di sekitar area pusar. Tubuh mendistribusikan lemak lebih merata pada suhu dingin, hal ini dikarenakan salah satu fungsi lemak adalah mempertahankan suhu tubuh tetap stabil.

Fungsi Lemak
Lemak tidak selamanya menjadi musuh dan harus dihilangkan dari tubuh. Lemak berfungsi untuk mengatur suhu tubuh, sebagai sumber energi, dan membantu proses persalinan pada wanita. Lemak hanya perlu dikurangi agar tidak terlalu banyak menumpuk di dalam tubuh. Menerapkan pola hidup sehat seperti mengatur pola makan dan rajin berolahraga merupakan cara terbaik untuk mencegah lemak terakumulasi terlalu banyak di dalam tubuh.

Kapasitas Massa Otot

Pria cenderung memiliki massa otot jauh lebih banyak dari pria karena memiliki hormon testoterone. Perbandingan hormon testoterone pria dan wanita adalah 10 : 1 . Hal ini di karenakan hormon utama wanita adalah estrogen. Karena itu wanita jangan takut untuk fitness karena kalian tidak akan bisa menjadi kekar seperti pria atau wanita wanita berotot dibayangan kalian. Mereka wanita yang bertotot atau kekar seperti pria pasti menggunakan sesuatu yang berbahaya.

Regard’s

Your Personal Trainer & Nutritionist

Alvin Hartanto

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s