6 Manfaat Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Latihan Plank

Setiap gerak dalam olahraga dapat membawa dampak kesehatan pada tubuh kita, meski dengan gerakan yang terbilang relatif sederhana seperti halnya plank. Plank adalah jenis olahraga yang memanfaatkan berat tubuh kita. Olahraga ini bisa menjadi pilihan efektif bagi Anda, karena tidak menyita banyak waktu. Selain itu, juga dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun sebisa Anda. Ada banyak variasi dari gerakan plank beserta fungsinya masing-masing. Apa saja manfaat kesehatan dari Plank ini? Berikut enam diantaranya:

MENGENCANGKAN PERUT

Latihan plank dapat memperkuat otot perut Anda, sehingga bagi Anda yang memiliki perut buncit atau ingin membentuk perut, maka sebaiknya Anda melakukan gerakan ini. Namun bukan berarti otot perut akan seketika mengencang, Anda harus melakukan variasi plank yang khusus untuk otot perut.

MELURUSKAN TULANG BELAKANG
Selain membentuk otot perut, plank juga dapat membantu bagi Anda yang memilki masalah dengan tulang belakang atau sakit punggung. Plank membantu meluruskan tulang belakang dan memperkuat punggung bagian atas, juga mengurangi resiko cidera punggung. Namun Anda hanya akan mendapatkan manfaat ini jika melakukan plank dengan posisi yang benar.

FLEKSIBILITAS
Pada gerakan plank, otot bagian bawah tubuh akan terbentuk; pantat, paha belakang, lengkungan kaki bahkan jari-jari kaki. Selain itu otot-otot bahu, tulang belikat dan tulang selangka juga akan terbentuk. Hal ini akan membantu Anda menjadi lebih fleksibel.

MEMPERBAIKI POSTUR TUBUH DAN KESEIMBANGAN
Postur tubuh Anda akan terjaga dengan latihan ini, dan Anda bisa mempertahankan postur yang baik setiap saat karena otot perut yang terbentuk mempengaruhi posisi leher, bahu, dada dan punggung. Selain itu keseimbangan Anda juga akan bertambah baik dengan menguatnya otot perut. Hal ini juga memperkuat kinerja Anda pada setiap jenis kegiatan olahraga.

MENINGKATKAN MOOD
Plank seperti halnya latihan lain dapat membantu meningkatkan mood. Gerakan plank mampu meregangkan beberapa bagian otot yang sering mengalami kaku dan tegang yang juga mempengaruhi kerja syaraf, salah satunya karena duduk yang terlalu lama. Selain membantu melancarkan kerja syaraf, plank juga membantu mengatsi gelisah dan depresi jika dilakukan setiap hari.

MENINGKATKAN METABOLISME TUBUH
Selain mmbakar kalori dalm tubuh Anda, plank juga bermanfaat untuk memperlancar sistem metabolisme dalam tubuh, bahkan meningkatkannya. Dengan latihan rutin beberapa menit setiap hari setelah waktu kerja, akan membuat peningkatan metabolisme bahkan saat anda sedang tertidur.

Regard’s

Your Personal Trainer & Nutritionist

Alvin Hartanto

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s