Cara Melatih dan Membentuk Otot Kaki

Memiliki otot kaki atau betis yang kuat merupakan kebanggaan bagi siapa saja terlebih untuk mereka yang menyukai fitness atau olahraga tentu memiliki otot kaki yang kuat sangat di inginkan karena selain memperindah bentuk otot kaki dapat memiliki otot kaki yang kuat juga dapat meningkatkan nilai atletis

Adapun beberapa tips cara melatih otot kaki agar lebih kuat yang bisa anda lakukan di tempat gym ataupun di rumah, antara lain yaitu :

  • Calf raise. Gerakan ini merupakan gerakan yang paling sederhana. Gerakan ini menargetkan latihan pada otot betis. Cara melakukan gerakan ini amat mudah, anda hanya perlu berdiri lalu jinjitkan kaki anda dan kembali lagi ke posisi semula. Untuk meningkatkan tingkat kesulitan latihan ini anda dapat membawa beban di kedua tangan anda atau anda dapat menggunakan pijakan ujung kaki setinggi tumit anda ketika melakukan gerakan ini.
  • Lunges. Lunges adalah latihan yang amat efektif untuk melatih otot paha dan betis. Gerakan ini juga cukup mudah untuk Anda lakukan sendiri. Lunges dilakukan dengan cara berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu kemudian tekuk salah satu lutut dan luruskan kembali. Lakukan gerakan ini bergantian dan ulangi sebanyak 15 kali dalam 4 set latihan.
  • Squat. Salah satu gerakan olahraga paling mudah sebagai cara memperkuat otot kaki adalah gerakan squat. Pertama, berdirilah dengan bahu tegap sambil membuka kaki selebar pundak. Ulurkan tangan ke depan atau letakkan pada pinggang kemudian tekuk lutut Anda. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik dan lakukan berulang kali hingga 8 hitungan. Lakukan gerakan ini dalam 4 set latihan untuk memperoleh hasil yang optimal. Selain dapat memperkuat otot kaki, bonusnya Anda juga akan mendapatkan bentuk kaki yang ramping dan indah. Latihan ini amat efektif untuk memperkuat otot paha dan betis sehingga banyak sekali orang yang melakukan latihan ini.
  • Step up. Step up adalah gerakan yang merepresentasikan gerakan ketika kita menaiki tangga. Gerakan ini amat baik untuk menguatkan otot betis ,paha serta pergelangan kaki. Cara melakukannya adalah dengan gerakan naik turun di pijakan kaki. Untuk pijakan kakinya kita dapat menggunakan anak tangga maupun kursi.
  • Plank jump in. Gerakan plank jump in ini terlihat mudah namun sebenarnya cukup melelahkan untuk dilakukan. Gerakan ini dimulai dengan memposisikan tubuh berjongkok dan telapak tangan menempel dilantai. Setelah itu lemparkan kaki kebelakang hingga tubuh menjadi lurus lalu Kembali ke posisi awal berjongkok.
  • High jump. Cara memperkuat otot kaki berikutnya adalah high jump. High jump adalah gerakan melompat setinggi-tingginya hingga lutut mendekati perut, ketika melakukan gerakan ini pastikan anda mendarat dengan sempurna untuk menghindari cidera.
  • Box jump. Box jump adalah gerakan melompat ke atas sebuah pijakan yang diletakkan di depan. Gerakan ini mirip dengan high jump namun gerakan box jump dilakukan dengan melakukan pendaratan di atas sebuah pijakan.
  • Skiping. Skiping adalah gerakan melompat-lompat dengan tali. Gerakan ini umum dilakukan karena juga berfungsi untuk membakar lemak secara efektif. Gerakan ini menargetkan perkembangan otot pergelangan kaki dan betis.
  • Sprint. Cara melatih otot kaki selanjutnya adalah dengan sprint. Sprint adalah gerakan berlari sekuat tenaga. Lakukan sprint dengan jarak dekat seperti 30 meter, 50 meter atau 100 meter. Lakukan gerakan ini berulang ulang agar hasil maksimal.
  • Side lunges. Side lunge adalah gerakan lunge ke arah samping. Cara melakukannya adalah berdiri lurus lalu geser salah satu kaki hingga posisi seperti berjongkok namun dengan kaki satunya tetap lurus.

Demikian beberapa tips cara melatih otot kaki agar lebih kuat di atas, semoga bermanfaat untuk anda.

Regard’s

Your Personal Trainer & Nutritionist

Alvin Hartanto

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s