Bakteri di Alat Gym Lebih Banyak Ketimbang di Kursi Toilet

Peralatan di tempat gym tentu tidak bebas dari bakteri, sebuah laporan terbaru bahkan menyebut jika dumbbell serta alat gym lainnya lebih kotor dibandingkan kursi toilet. Untuk studi ini, peneliti mengambil sampel bakteri dari peralatan olahraga di beberapa tempat fitness. Hasilnya ditemukan bahwa rata-rata treadmill, sepeda olahraga, dan dumbbell masing-masing mengandung lebih dari satu juta bakteri per inci persegi.

Sementara toilet duduk yang lekat dengan kesan yang kotor dan jorok memiliki sel bakteri sebanyak 3.200 per inci persegi, demikian disampaikan peneliti dalam laporannya. Itu berarti dumbbell rata-rata mengandung 362 kali lebih banyak kuman ketimbang kursi toilet.

“Bahkan keadaannya lebih buruk pada treadmill dan sepeda olahraga yang mengandung bakteri 417 kali lebih banyak daripada kursi toiler. Tapi pantas diingat tidak semua jenis bakteri bisa membuat Anda sakit” tulis peneliti dalam laporannya. Hanya saja disebutkan lebih dari 70% bakteri yang ditemukan pada alat olahraga berpotensi menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Misalnya peningkatan risiko pneumonia serta infeksi kulit, telinga, dan saluran pernapasan.

Untuk meminimalisir paparan bakteri pada alat olahraga, pakar mikrobiologi menyarankan lap semua peralatan dengan disinfektan sebelum dan sesudah Anda menggunakannya.

Jerawat !

Banyak yang berkata jadi mulai berjerawat semejak ke Gym. salah satu alasannya adalah bakteri ini. Usahakan langsung mandi dan cuci muka setelah selesai berolahraga

Regard’s

Your Personal Trainer & Nutritionist

Alvin Hartanto

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s