Sarapan 1 Jam Setelah Bangun Tidur? Ini Yang Akan Terjadi

Kamu bisa saja terbangun karena merasa lapar di pagi hari, tapi umumnya orang terbangun dari tidur tidak akan langsung merasa lapar dan ingin makan. Tapi bagaimana jika kamu sarapan segera setelah bangun tidur? Ternyata punya banyak manfaat lho.

 

Sarapan menjadi salah satu waktu makan yang penting untuk semua orang, karena sarapan menjadi waktu “isi bensin” sebelum kamu melakukan aktivitas harian. Sarapan satu jam setelah kamu bangun tidur punya beberapa manfaat, ini manfaatnya.

 

Sarapan satu jam setelah bangun tidur akan membangun kadar gula tubuh dan insulin yang baik, membantu memulai metabolisme lebih baik. Karena metabolisme menurun saat tidur, sarapan menjadi starter untuk memulai metabolisme, dan akan lebih baik lagi jika makanan yang diolah dalam tubuh di pagi hari adalah sayur dan buah.

 

Ketika kamu tidak sarapan satu jam setelah bangun tidur, kemungkinan besar kamu akan makan makanan rendah nutrisi dan tinggi kalori menjelang siang karena perut merasa kelaparan. Kamu pasti pernah mengalaminya kan? Antara jam 8-11 siang adalah waktu rawan ngemil makanan tak sehat seperti keripik, roti, permen dan lain sebagainya. Karena tak sarapan dan perut sudah lapar, akhirnya kamu terjebak makan makanan tak bergizi. Ini yang membuatmu gemuk.

Penelitian menemukan bahwa makan satu jam setelah bangun tidur membantu meningkatkan suasana hati dan kinerja otak. Beberapa penelitian menganjurkan agar setiap orang sarapan karena sarapan ternyata punya pengaruh besar membuat mood-mu bahagia dan positif serta kinerja otak juga lebih baik dalam hal mengingat dan berkonsentrasi.

Kebanyakan orang melewatkan waktu sarapan, menggantinya dengan ngemil berbagai makanan tak sehat hingga datang waktu makan siang. Tapi jika kamu ingin tubuhmu sehat dan hidup lebih lama, biasakan sarapan dari sekarang ya, satu jam setelah bangun tidur.

Regard’s

Your Personal Trainer & Nutritionist

Alvin Hartanto

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s