Amankah Menurunkan Berat Badan 5-10 Kilogram Setiap Minggu?

Amankah Menurunkan Berat Badan 5-10 Kilogram Setiap Minggu?
Perkara aman dan tidaknya menurunkan berat badan tidak dilihat dari berapa banyak angka di timbangan berubah. Namun, dari metode apa yang Anda lakukan untuk melakukan program weight loss.

Jika Anda mampu menurunkan berat badan hingga 5 kilogram setiap minggu dengan cara yang benar (misal sering fitness dan diet), maka penurunan berat badan ini tak berbahaya. Namun, metode yang Anda lakukan akan menjadi berbahaya ketika setiap hari cuma minum air tanpa makan dan olahraga, meski dalam seminggu hanya turun 2 kilogram saja. Berikut penjelasannya.

1. Berapa Banyak Berat Badan yang Harus Dihilangkan?
Sebelum mengatakan apakah metode yang Anda lakukan benar atau salah, coba hitung terlebih dahulu berat yang akan dihilangkan. Apabila saat ini Anda ingin mengurangi 5 kilogram dari berat total 125 kilogram masih dikategorikan wajar. Namun, ketika berat Anda hanya 70 kilogram dan ingin menguranginya 5 kilogram setiap minggu, ini yang dinamakan tidak wajar. Jangan selalu berpatokan pada angka yang besar saat melakukan penurunan berat badan.

2. Berapa Banyak Waktu yang Anda Butuhkan untuk Menurunkan Berat Badan?
Seorang karyawan kantoran yang sangat sibuk akan memiliki kesempatan kecil dalam penurunan berat badan. Berbeda dengan orang-orang yang memang mendedikasikan waktunya untuk program ini. Jika Anda memiliki waktu yang sangat banyak untuk usaha penurunan berat badan ini, maka olahraga bisa dilakukan dengan maksimal. Itulah mengapa ketika Anda memiliki waktu luang banyak, manfaatkan baik-baik untuk berolahraga.

3. Seberapa Baik Kemampuan Fitness Anda?
Seseorang yang memiliki level obesitas tinggi tidak mungkin diajak maraton dengan jarak 10 kilometer. Pun seseorang yang kekuatannya masih kecil, tidak mungkin disuruh mengangkat barbel yang penuh piringan besi.

Semua butuh proses perlahan-lahan. Intinya, proses penurunan berat badan harus dilakukan dengan penuh dedikasi. Masalah seberapa banyak berat badan yang hilang, bisa dipikirkan setelah kemampuan fitness meningkat. Biasanya indikator keberhasilan dari proses penurunan berat badan adalah cermin. Cobalah bercermin dan lihat perubahan yang terjadi.

Semoga penjelasan di atas bisa menjawab masalah klasik tentang penurunan berat badan. Oh ya, pada dasarnya berat badan akan turun ketika Anda juga memiliki pola hidup sehat.

Regard’s

Your Personal Trainer & Nutritionist

Alvin Hartanto

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s