Olahraga Ringan 30 Menit, Ternyata Bikin Otak Makin Kreatif

Banyak orang yang saat ini masih tidak memperdulikan olahraga meski tahu bahwa olahraga sebenarnya merupakan kebutuhan dasar tubuh. Tubuh tidak hanya akan lebih segar dan Anda bisa menurunkan berat badan. Olahraga ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan otak.

Salah satunya adalah meningkatkan kreativitas. Tak percaya kan? Latihan fisik mungkin tidak terlihat punya hubungan langsung mengembangkan kinerja otak, namun ternyata sistem di dalam tubuh menunjukkan hal lain.

Keith Sawyer, PhD, professor Department of Education di Washington University mengatakan bahwa aktivitas fisik sebenarnya memberikan pengalaman baik secara mental dan pikiran. Jika Anda istirahat sejenak dengan melakukan aktivitas individu seperti misalnya melakukan jalan kaki, bersepeda, dan berlari, pikiranmu akan terbebaskan dari stres yang Anda alami sebelumnya.

Itu karena olahraga bisa mengubah otak untuk lebih kreatif. Saat olahraga, secara alami tubuh akan membersihkan diri dari hormon kortisol, hormon stres yang menghalangi otak untuk berpikir kreatif dan menyelesaikan masalah, jelas Pierce J. Howard, PhD, managing director penelitian di Center for Applied Cognitive Studies in Charlotte, North Carolina.

Dan karena otak mulai melepaskan hormon endorfin ke tubuh, Anda jadi lebih bersemangat dan mood jadi lebih baik. Saat olahraga, tubuh juga meningkatkan asupan oksigen dalam darah, yang membantu meningkatkan energi mental. Otak akan lebih baik dalam menghubungkan ide-ide dalam keadaan santai dan tenang, otak akan dengan sendirinya mengembangkan diri.

Tidak perlu harus melakukan olahraga dengan waktu lama dan aktivitas yang berat. Asal Anda menikmati aktivitas fisik yang Anda lakukan, Anda sudah bisa mendapatkan manfaatnya. Jadi, siap olahraga sejenak untuk melepas stres dan mengembangkan pikiran Anda lebih kreatif ? Yuk mulai olahraga dari sekarang.

Regard’s

Your Personal Trainer & Nutritionist

Alvin Hartanto

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s